News
Lates Post

101 Scale Up Server untuk Optimalkan Kinerja Bisnis

in

Scale up server merupakan salah satu metode scalability sistem untuk menangani penambahan atau pertumbuhan workload, termasuk ketika terjadi peningkatan volume data, jumlah pengguna, hingga menjalankan concurrency. Scale up server dilakukan untuk memberikan dampak seminim mungkin pada kinerja sistem.

Scale up server menjadi metode yang cocok jika sistem yang saat ini digunakan oleh perusahaan masih dapat menangani berbagai macam workload. Di samping itu, ada berbagai pertimbangan yang dapat dilakukan oleh perusahaan sebelum melakukan scale up server. Cek penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut.

 

Apa itu Scale Up Server?

Scale up server atau vertical scaling merupakan salah satu jenis scalability yang tidak menambah jumlah host, tetapi yang ditambah adalah kemampuan dari host tersebut. Penambahan kemampuan ini dapat berupa penambahan CPU clock atau upgrade processor, menambah jumlah memori, hingga storage.

Selain melakukan penambahan pada hardware, scale up juga dapat melakukan tuning pada Logic database dan Logic aplikasi, termasuk melakukan optimasi business process dan membuka concurrency yang lebih banyak pada sistem.

Dalam konteks scale up hardware, hal ini bisa saja semudah menggunakan hard drive yang lebih besar untuk menambah atau meningkatkan kapasitas secara signifikan. Namun, patut diingat bahwa scale up tidak selalu memerlukan perubahan pada arsitektur sistem yang sudah ada.

 

Manfaat Melakukan Scale Up Server

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, scale up server dapat membantu perusahaan menangani pertumbuhan workload, peningkatan volume data dan jumlah pengguna. Secara detail, berikut beberapa manfaat melakukan scale up server.

 

Kurangi Biaya Operasional

Scale up menjadi solusi dengan biaya yang lebih murah dibandingkan scale out, karena biaya hardware jaringan dan perizinan jauh lebih terjangkau. Biaya operasional penggunaan cooling juga relatif lebih rendah dibandingkan dengan scaling arsitektur.

 

Konsumsi Energi Lebih Efisien

Penggunaan peralatan fisik relatif lebih sedikit dibandingkan dengan scale out, sehingga secara keseluruhan konsumsi energi berkurang signifikan.

 

Tingkatkan Performa

Scale up server cocok untuk workload tinggi karena didukung dengan dual prosesor, core lebih banyak, dan double memori untuk memberikan kapabilitas lebih baik dan lebih cepat saat mengakses data.

 

Tingkatkan Produktivitas Tim IT

Berkurangnya penggunaan prosesor dan server yang perlu di-manage, tentu berpengaruh pada tugas harian tim IT. Dengan begitu, mereka dapat lebih fokus pada tugas lain karena kebutuhan tersebut dapat diotomatisasi.

 

Kurangi Biaya Lisensi Software

Faktor utama melakukan konsolidasi ke dalam sistem scale up adalah mengurangi jumlah software pendukung, termasuk lisensi OS dan lisensi third party sehingga dapat mengurangi jumlah sistem dan biaya lisensi software tahunan.

 

Kapan Harus Melakukan Scale Up Server?

Setelah mengetahui manfaat melakukan scale up server, tentu akan muncul pertanyaan mengenai kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa kondisi yang mengharuskan perusahaan untuk melakukan scale up server.

 

Ketika Berdampak Terahadap Kinerja

Saat workload mulai mencapai batas maksimal kinerja, maka terjadi peningkatan latensi dan hambatan pada kinerja yang disebabkan oleh I/O dan kapasitas CPU.

 

Saat Pengoptimalan Penyimpanan Gagal

Kapan pun efektivitas solusi pengoptimalan kinerja dan kapasitas mulai berkurang, ini menjadi pertanda bagi perusahaan untuk melakukan scale up.

 

Aplikasi Kesulitan Tangani Kompleksitas Sistem

Saat aplikasi mulai kesulitan untuk mendistribusikan proses kerja ke beberapa server atau menangani kompleksitas sistem.

 

Keuntungan Penerapan Scale Up Server untuk Aplikasi

 

Scale up server merupakan salah satu cara untuk meningkatkan performa bisnis di tengah meningkatnya volume data. Lebih lanjut, berikut beberapa keuntungan penerapan scale up server untuk aplikasi:

  • Proses manajamen lebih sederhana
  • Biaya lebih rendah, terutama untuk lisensi dan peralatan tambahan seperti jaringan
  • Perusahaan tidak perlu mengubah arsitektur sistem
  • Scale up lebih mudah dilakukan ketika menggunakan cloud sebagai sistem penyimpanan
  • Strategi scale up daat meningkatkan kinerja sumber daya penyimpanan yang selama ini digunakan

Untuk memastikan perusahaan Anda mendapatkan keuntungan maksimal saat menerapkan scale up, Lenovo menghadirkan ThinkSystem SR850 dan SR950. Solusi ini akan membantu perusahaan dalam menurunkan cost, lisensi software, dan infrastruktur IT, sekaligus meningkatkan utilitasi resource dan performa aplikasi.

 

Solusi Scale Up Server dari Lenovo

Rangkaian solusi server Lenovo hadir dengan sistem 4-socket (4S) dan 8-socket (8S) untuk memangkas biaya dan memastikan operasional bisnis tetap optimal. Tak hanya itu, solusi scale up server dari Lenovo juga lebih hemat energi dan space, sehingga dapat memberikan fleksibilias, skalabilitas, dan agility untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda.

Perusahaan yang mengonsolidasikan workload dengan solusi scale up dari Lenovo akan mendapatkan serangkaian keuntungan, antara lain.

 

Performa Meningkat

Solusi ini paling cocok untuk perusahaan yang menuntut ketersediaan prosesor, total core lebih banyak, memori dua kali lipat, kemampuan IO yang lebih baik untuk menjalankan workload dan akses data lebih cepat.

 

Kurangi Biaya Operasional

Perusahaan tak perlu menghabiskan banyak biaya untuk kebutuhan manajemen server sehingga lebih hemat biaya operasional.

 

Tingkatkan Produktivitas Tim IT

Scale up server dapat mengurangi jumlah total proses dan server fisik yang harus dikelola, sehingga admin server dapat fokus pada tugas yang dapat memiliki nilai tambah lebih tinggi dan memperluas otomatisasi aplikasi tanpa menambah overhead. Fitur otomatisasi dan proses pengelolaan server dapat meringankan beban pekerjaan dan mengurangi tenagai admin terkait server.

 

Konsumsi Energi Berkurang

Konsumsi energi pada data center lebih sedikit, sehingga tagihan listrik dapat berkurang termasuk untuk penggunaan cooling.

 

Perpanjang Usia Pakai Data Center

Kurangi server fisik tentu dapat menekan penggunaan kapasitas data center, sehingga masa pakainya menjadi lebih lama.

 

Konsolidasi Workload

Gabungkan workload pada server yang ditingkatkan pada hardware khusus untuk pemanfaatan sumber daya  lebih optimal, pemanfaatan server lebih baik, hingga dapat menangani lonjakan workload dalam jumlah besar.

 

Keberlangsungan Bisnis

Bisnis dapat tumbuh lebih besar dengan biaya operasional yang menurun, sehingga dapat menjamin keberlangsungannya usaha.

 

Akselerasi Deployment Aplikasi

Client dapat mempercepat penerapan aplikasi baru, sehingga proyek yang sebelumnya membutuhkan waktu berminggu-minggu kini dapat siap hanya dalam hitungan jam. Proses konfigurasi lingkungan aplikasi juga lebih cepat dan penggunaan sumber daya menjadi lebih baik.

Lenovo ThinkSystem SR850 dan SR950 hadir untuk menjawab kebutuhan customer akan scale up server. Lenovo ThinkSystem SR850 menawarkan kecepatan, high realiability 2-to 4-prosesor system dengan kapasitas memori besar yang dapat menjalankan workload paling krusial dan demanding application. Sementara ThinkSystem SR950 merupakan solusi unik dengan sistem modular 4U/8P yang elastis, dengan sistem scalable, large memory, dan kapasitas storage untuk menjalankan workload dan aplikasi paling krusial.

 

Kedua solusi scale up server Lenovo ini hadir dengan sejumlah fitur unggulan berikut.

Large Database

Didukung dengan database berkapasitas besar, termasuk SAP HANA, Microsoft SQL Server, dan Oracle Database.

 

Aplikasi Enterprise

ThinkSystem SR850 dan SR950 mendukung aplikasi enterprise seperi SAP dan aplikasi lain yang selama ini digunakan oleh perusahaan.

 

Server 4S dan 8S

Kedua server ini telah mendukung sistem 4-socket (4S) dan 8-socket (8S) untuk memangkas biaya operasional dan memastikan operasional bisnis tetap optimal

 

In-memory Analitik

Dapatkan analitik mengenai performa server untuk mencegah terjadi downtime.

 

Rangkaian Solusi Komprehensif

Selain ThinkSystem SR850 dan SR950, Lenovo juga menghadirkan solusi hardware komprehensif meliputi ThinkSystem SR850P, SR860 V2, dan SR850 V2, SR860 V3, SR850 V3 dan SR950 V3.

 

Baca Juga: Manajemen Data Terintegrasi, Kunci Kesuksesan Bisnis di Era Digital

 

Dapatkan Lenovo ThinkSystem SR950 dan SR850 di BPT

Saatnya tingkatkan performa dan efisiensi operasional bisnis serta hemat biaya dengan solusi Lenovo ThinkSystem SR850 dan SR950. Dapatkan solusi server ThinkSystem SR850 dan SR950 hanya dari Blue Power Technology (BPT) sebagai advanced authorized partner Lenovo.

BPT akan membantu bisnis Anda dalam memanfaatkan solusi ThinkSystem SR850 dan SR950, mulai dari tahap konsultasi hingga dukungan after sales dengan dukungan tim IT profesional, berpengalaman, dan bersertifikat. Tertarik dengan solusi ThinkSystem SR850 dan SR950? Hubungi kami di sini.

 

Ervina Anggraini - Content Writer CTI Group

 

//