//
News
Lates Post

3 Alasan Mengapa Jaringan Bisnis Anda Butuh WiFi 6 dan 6E

in

WiFi 6 atau 6E yang sebelumnya dikenal sebagai 802.11ax akan menjadi standar koneksi terbaru yang didukung teknologi dan kinerja lebih baik dibandingkan WiFi 4 dan WiFi 5. Organisasi nirkabel WiFi Alliance, menyederhanakan pelabelan 802.11ax menjadi WiFi 6 untuk memudahkan mengetahui generasi teknologi yang digunakan sekaligus menentukan kompatibilitas dengan perangkat yang mendukung versi tersebut.

Dibandingkan versi sebelumnya, WiFi 6 merupakan upgrade besar dari sisi peningkatan substansial dengan kecepatan koneksi yang lebih tinggi. Jika generasi WiFi 4 dan WiFi 5 hanya menggunakan frekuensi 2,4 GHz dan 5GHz, WiFi 6 menggunakan pita frekuensi 6 GHz dengan bandwidth 1.200 MHz yang ideal untuk mengirimkan sejumlah besar data dalam jangka pendek agar meringankan kemacetan dan gangguan trafik pada perangkat yang didukung.

Untuk skala enterprise, WiFi 6 atau 6E dapat menjadi solusi yang mampu mengombinasikan penggunakan aplikasi berbasis cloud demi mendukung produktivitas dan performa bisnis. Lantas mengapa jaringan Anda membutuhkan WiFi 6 untuk mendorong pertumbuhan bisnis?

Bagaimana WiFi 6 Dapat Mendukung Pertumbuhan Bisnis?

Meningkatnya tuntutan dan permintaan jaringan yang lebih cepat, terlebih di era pandemi COVID-19. Pola kerja remote  mendorong migrasi workload ke aplikasi berbasis cloud dengan bandwidth tinggi sehingga menambah beban pada sumber daya jaringan.

Meskipun menambah bandwidth bisa menjadi solusi sementara, tetapi masalah belum dapat teratasi seluruhnya. Terlalu banyak perangkat untuk saluran yang tersedia pada WiFi 4 dan WiFi 5 diketahui dapat memicu kemacetan trafik sehingga membuat jaringan lambat.

WiFi 6 dan WiFi 6E menjadi solusi yang dapat mengatasi kemacetan trafik yang kerap dialami pada WiFi 4 dan WiFi 5. Untuk pertama kalinya, WiFi 6 menggunakan pita frekuensi 6 GHz pada frekuensi 1.200 MHz. Kemampuan ini melebihi gabungan frekuensi WiFi 4 dan WiFi 5 pada rentang 2,4 GHz dan 5 GHz.

Selain itu, WiFi 6 juga menawarkan saluran yang meningkat tiga kali lipat. Lebih dari 60 negara di seluruh dunia saat ini sedang mempertimbangkan untuk menyediakan pita 6 GHz khusus untuk WiFi.

Selain dapat memudahkan trafik jaringan wireless dengan dstribusi yang lebih luas, hal ini berarti perusahaan juga perlu memindahkan operasi penting ke pita throughput tinggi. Dengan mengaktifkan jaringan mesh di mana node dapat terhubung satu sama lain secara dinamis agar aliran data tanpa gangguan, WiFi 6 dan WiFi 6E memastikan jaringan selalu beroperasi secara efisien.

Kelebihan WiFi 6

Selain mampu meningkatkan kecepatan jaringan, WiFi 6 dan WiFi 6E tentu menawarkan serangkaian kelebihan lain. Perusahaan juga dapat meningkatkan operasional bisnis dan mendorong efisiensi. Mengutip situs resmi Extreme Netrorks, berikut beberapa kelebihan WiFi 6.

Kompatibel dengan Perangkat Lama

Adopsi WiFi 6 dan WiFi 6E tentu akan mengarah pada pengenalan perangkat baru, kendati perangkat lama juga masih kompatibel dengan WiFi 6. Hanya saja, beberapa sektor seperti manufaktur dan industri kesehatan masih bergantung pada perangkat khusus yang beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz.

Perusahaan yang menggunakan jaringan WiFi 4 dan WiFi 5 juga dapat migrasi ke WiFi 6 dan 6E serta tetap memastikan investasi pada aplikasi atau perangkat mereka tetap andal. Perusahaan juga tetap memiliki akses ke data untuk mendorong strategi dan pengambilan keputusan berdasarkan data dengan mudah melalui data analitik secara real-time berkat solusi cloud management.

Teknologi AI dan ML

Teknologi AI dan ML pada WIFi 6 dapat membuat perusahaan, bahkan dengan tim kecil mampu meningkatkan keterlibatan pengguna, pengiriman aplikasi, kualitas pengalaman, dan penyelesaian masalah. Platform manajemen jaringan berbasis cloud WiFi 6 dan 6E memungkinkan tim IT mendapat insight baru dan mendorong performa bisnis.

Keamanan Jaringan Lebih Baik

Kekhawatiran terhadap isu keamanan jaringan tumbuh semakin kuat seiring dengan semakin banyak perangkat terhubung ke jaringan WiFi. Potensi risiko terhadap jaringan yang semakin besar mendorong WiFi 6 dan WiFi 6E memiliki dua fitur keamanan yakni WiFi Protected Access (WPA 3) dan WiFi Enhanced Open.

WPA 3 merupakan evolusi terbaru dari standar enkripsi dan autentikasi untuk memastikan bahwa tingkat data penting bisnis semakin tinggi yang memiliki enkripsi yang semakin kuat untuk dicocokkan. Sementara, sertifikasi keamanan WiFi Enhanced Open menawarkan jaringan terbuka untuk tamu atau pelanggan sebagai sebuah keharusan. Sertifikasi ini memastikan WiFi 6 dan 6E menawarkan keamanan saat pengguna tidak diharuskan melakukan autentikasi untuk bergabung dengan jaringan.

Seberapa Cepat WiFi 6?

Salah satu perubahan signifikan WiFi 6 yakni kecepatan koneksi yang berpotensi lebih cepat dibandingkan WiFi 4 dan WiFi 5. Namun, seberapa cepat sebenarnya WiFi 6?

Throughput Maksimal 9,6 Gbps di Berbagai Channel

Secara teoritis, WiFi 6 mampu menghadirkan throughput maksimal 9,6 Gbps, jauh melampaui WiFi 5 sebesar 3,5 Gbps. Kendati demikian, dalam prakteknya kemungkinan jaringan lokal tidak mencapai kecepatan terbaik ini karena harus dibagi dengan berbagai perangkat.

Kecepatan Melampaui WiFi 5

WiFi 6 dapat mencapai kecepatan transfer data lebih tinggi melalui berbagai teknik, mulai dari enkode data lebih efisien dan penggunaan spektrul wireless oleh prosesor yang lebih kuat sehingga mampu menawarkan kecepatan lebih baik dibandingkan WiFi 5.

Latensi 75% Lebih Rendah

Lantensi lebih rendah dicapai saat menanangi sejumah besar trafik jaringan secara lebih efisien. Bagi gamer, latensi rendah berarti download game menjadi lebih cepat dan upload lebih baik saat bermain game streaming serta multitasking media yang lebih dapat diandalkan.

Menjembatani Gap Koneksi Wire dan Wireless

WiFi 6 berpotensi membebaskan lebih banyak pengguna dari kendala terkoneksi ke model dengan wire. Banyak gamer atau pembuat konten yang masih terhubung ke router atau switch jaringan melalui kabel ethernet yang tidak memberikan fleksibilitas seperti halnya jaringan wireless. WiFi 6 dapat menjembatani gap konektivitas wire dan wireless.

Baca Juga: Mengapa Perusahaan Anda Perlu Ciptakan Jaringan Enterprise yang Aman?

Dari Open Road ke Enterprise Tanpa Batas

Infrastruktur unggulan yang dimiliki WiFi 6 dan 6E sangat penting untuk mendukung transformasi digital bisnis mulai dari skala kecil, menengah, hingga enterprise. Hal itu lantaran WiFi 6 dan 6E memungkinkan bisnis untuk memanfaatkan teknologi baru seperti IoT dan otomatisasi alur kerja untuk mendorong produktivitas dan meningkatkan efisiensi.

Untuk menghilangkan kesalahan manusia, sistem dan logistik dapat diotomatisasi sehingga bisa meningkatkan nilai tambah. Proses monitoring juga menjadi lebih mudah sehingga tim IT bisa mendeteksi dan memperbaiki malfungsi tool sebelum terjadi kerusakan yang bisa memengaruhi pengalaman pengguna.

Dengan cara ini, perusahaan dapat melakukan migrasi menjadi semakin canggih dengan digerakan oleh tekologi ke arah perusahaan tanpa batas yang terdistribusi yang fokus pada konsumen dan dapat diskalakan. WiFi 6 dan 6E menawarkan kecepatan, jangkauan, dan kemampuan bawaan bagi perusahaan untuk berkembang tanpa batas.

Solusi Jaringan WiFi 6 dan 6E dari Extreme Networks

Extreme Networks merupakan perusahaan yang fokus pada penyediaan solusi jaringan yang aman bagi perusahaan. Teknologi generasi terbaru WiFi 6 bukan hanya menghadirkan koneksi cepat dan rendah latensi, tetapi juga memberikan data real-time, serta telah didukung teknologi AI dan Machine Learning.

Sebagai standar WiFi generasi terbaru, WiFi 6 mampu memberikan kapasitas empat kali lebih besar dibandingkan WiFi 4 dan WiFi 5. Optimalisasi IoT pada jaringan WiFi 6 mendukung fleksibilitas channel size dan sumber daya yang memungkinkan operator memberikan dukungan  jaringan lebih efisien.

Extreme Networks memperkenalkan NEW AP410i/e sebagai perangkat WiFi 6 dengan kecepatan hingga 4,8Gbps dan teknologi tri-radio untuk kapasitas jaringan lebih baik. Perangkat access point WiFi 6 Extreme Networks meliputi AP510CX, AP410, dan 305C/CX yang mendukung frekuensi band 2,4 GHz, 5 GHz, dan 6 GHz.

Untuk memastikan kecepatan akses, access point WiFi 6 dari Extreme Networks dibekali dengan serangakaian teknologi. Mulai dari OFDMA (Orthogonal Frequency Division Multiple Access), OBSS (Overlapping Basic Service Sets) (BSS coloring), MU-MIMO UL/DL, Power saving with TWT (Target Wake Time), New Frame Format, dan teknik modulasi 1024-QAM.

Extreme Networks sebagai brand global menunjuk Blue Power Technology (BPT) sebagai value added distributor di Indonesia. Hingga saat ini solusi Extreme Networks telah banyak diimplementasikan oleh perusahaan di berbagai bidang, termasuk manufaktur dan layanan kesehatan.

Tingkatkan WiFi Anda Bersama Extreme Networks

Saatnya tingkatkan konektivitas jaringan WiFi Anda yang lebih cepat dengan latensi rendah serta jaminan keamanan tingkat lanjut bersama solusi WiFi 6 dari Extreme Networks. Dapatkan koneksi berkecepatan hingga 9,6 Gbps dengan solusi Extreme Networks di Blue Power Technology (BPT).

BPT sebagai value added distributor Extreme Networks di Indonesia akan membantu Anda melewati setiap proses mulai dari tahap konsultasi, deployment, management, hingga dukungan after sales untuk mendapatkan koneksi yang cepat, aman, dan latensi rendah. Didukung tim berpengalaman dan bersertifikat, BPT memastikan Anda terhindar dari proses trial and error saat menerapkan solusi. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi tim BPT melalui marketing@bluepowertecnology.com.

 Penulis: Ervina Anggraini - Content Writer CTI Group
//