//
News
Lates Post

4 Alasan Hybrid Storage sebagai Pilihan Terbaik Penyimpanan Data

in

Kebutuhan penyimpanan data terus bertransformasi seiring dengan meningkatnya kemampuan yang mendukung dan mumpuni. Untuk mengakomodir kebutuhan penyimpanan data yang efisien, saat ini hybrid storage menjadi solusi yang dianggap dapat memenuhi kebutuhan tanpa mengorbankan segi keamanan.

Dibandingkan solusi penyimpanan data lainnya, dari susunan penyimpanan dan pertimbangan biaya, hybrid storage memberikan kinerja lebih baik. Sejauh ini, solusi penyimpanan data untuk memenuhi kebutuhan yang kompleks dan banyak dikenal adalah Solid State Hybrid Drive (SSHD). Perangkat ini mengadopsi kemampuan penyimpanan HDD (Hard-disk Drives) dan SDD (Solid-state Drives). Lantas apa itu hybrid storage?

Mengenal Hybrid Storage

Hybrid storage merupakan salah satu solusi penyimpanan data yang menggabungkan Random Access Memory (RAM), SSD, dan hard drive untuk memberikan kinerja yang lebih baik sekaligus menekan biaya. Kendati demikian, jiika dilihat satu per satu, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

RAM yang merupakan hardware dalam perangkat komputasi menyimpan sistem operasi (OS), program aplikasi, dan data agar dapat dijangkau dengan cepat. Performa disk RAM lebih cepat dibandingkan HDD, dengan keterbatasan kapasitas penyimpanan yang lebih rendah dan dapat berubah-ubah.

Sementara SDD yang menjadi perangkat penyimpanan massal telah mendukung untuk membaca dan menulis data. SSD menggunakan chip memori flash sehingga lebih ringan dan senyap dengan kecepatan 5-50 kali lebih besar dibandingkan HDD. Di sisi lain, harganya cenderung lebih tinggi hingga 10 kali lipat per gigabyte.

Hanya saja, dari segi biaya SDD sangat mahal dan memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih kecil dibandingkan HDD. Sementara, hard drive merupakan perangkat penyimpanan dengan menggunakan magnetik untuk menyimpan dan mengambil data. Kendati HDD lebih murah dan berkapasitas lebih besar, waktu akses dan kecepatan daya yang lebih lambat menjadi nilai minusnya.

Di antara semua kelebihan dan kekurangan ketiganya, masih ada celah untuk hybrid storage dalam portofolio IT. Sistem hybrid storage memiliki keunggulan dalam hal harga dan operasional input/output per detik (IOPS), array hybrid dan array disk masih menawarkan harga terbaik per gigabyte.

Salah satu media penyimpanan hybrid storage untuk memenuhi kebutuhan yang kompleks dan banyak dikenal, yaitu Solid State Hybrid Drive (SSHD). Perangkat ini mengadopsi kemampuan penyimpanan HDD (Hard-disk Drives) dan SDD (Solid-state Drives) yang memungkinkan Anda menyimpan seluruh data secara internal dalam kapasitas besar, tanpa mengorbankan performa.

4 Alasan Memilih Hybrid Storage

Kapasitas Penyimpanan Besar

Hybrid storage mengadopsi sifat HDD yang memiliki kemampuan penyimpanan data berkapasitas besar. Kemampuan ini sangat menguntungkan sehingga Anda memiliki perangkat dengan ruang penyimpanan besar untuk menyimpan seluruh informasi dan file.

Efisiensi Waktu

Kemampuan menjalankan sistem dengan mengadopsi kecepatan SSD membuat bisnis dapat berjalan dengan lebih efisien. Kemampuan ini membuat Anda bisa melakukan mobilitas data dengan lebih cepat, kendati ada banyak aset yang disimpan dalam hybrid storage.

Hemat Biaya

Dibandingkan SSD yang dibanderol dengan harga cukup mahal, hybrid storage justru lebih terjangkau. Di sisi lain, performa hybrid storage justru sama dengan SSD.

Keamanan Data Terjamin

Keamanan kerap menjadi isu sensitif terkait data dan aset penting. Dibandingkan cloud computing yang rawan terjadi kebocoran data, hybrid storage lebih aman karena penyimpanan data secara on-premise. Dengan kata lain, semua data yang ada tersimpan secara lokal sehingga hanya dapat diakses secara internal dan mudah dikontrol.

Hybrid storage mengurangi kekhawatiran risiko kebocoran, pencurian data, dan peretasan yang berpotensi merugikan secara finansial dan mengancam reputasi. Kendati sudah terjamin keamanannya, tak menutup kemungkinan untuk menambahkan sistem keamanan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Solusi Hybrid Storage IBM Flash System 5000

Untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data bisnis Anda, IBM menghadirkan solusi Flash System 5000 yang didukung teknologi Advanced Cyber Resiliency. Teknologi ini memudahkan saat memilih perangkat dan ruang penyimpanan data (easy-to-own) sesuai kebutuhan bisnis. Tak hanya itu, IBM Flash System 5000 ini juga mudah untuk menyimpan dan mobilitas data (easy to use) dan untuk mengembangkan kapasitas dari ruang penyimpanan yang sesuai dengan anggaran dan skala bisnis. Kendati kontrol penyimpanan data secara on-premise, solusi ini juga dapat terhubung dengan cloud computing (easy-to-grow flexibility).

Dapatkan Solusi IBM dari BPT

Sebagai salah satu IT expert di Indonesia, Blue Power Technology (BPT) telah bekerja sama dengan IBM dalam memberikan solusi keamanan aplikasi dan IT yang optimal bagi bisnis di Indonesia. BPT memiliki tim profesional dan bersertifikasi yang siap membantu Anda melewati setiap proses, mulai dari konsultasi hingga dukungan after sales untuk menjamin keamanan aplikasi dan bisnis Anda. Dapatkan solusi IBM dari BPT sekarang dengan menghubungi kami lebih lanjut di marketing@bluepowertechnology.com.

//