News
Lates Post

4 Manfaat Load Balancer, Rahasia Optimalkan Performa Aplikasi

in

Load balancer menjadi kunci penting bagi bisnis dalam menghadirkan aplikasi dan web yang cepat, stabil, dan mulus. Pengalaman mengakses situs yang tiba-tiba down tentu pernah dialami oleh pelanggan atau pengguna layanan bisnis. Hal ini disebabkan aplikasi dan situs web bekerja tidak optimal saat alami lonjakan traffic tinggi. Di sinilah peran load balancer dibutuhkan perusahaan.

Load balancer adalah sebuah teknologi untuk menyeimbangkan workloads antara beberapa server atau jaringan sehingga kapasitas sistem dapat ditingkatkan dan mengurangi waktu respons. Artikel ini akan membahas lebih mendalam manfaat load balancer dan provider load balancing yang tepat untuk bisnis Anda di sini.

 

4 Manfaat Load Balancer bagi Bisnis 

Perusahaan biasanya memanfaatkan sebuah server untuk menangani banyak klien atau pengguna. Ketika jumlah pengguna semakin banyak, jumlah server pun ditambah dan load balancer digunakan untuk mencegah overload dan percepat response time aplikasi. Berikut empat manfaat lainnya dari load balancer.

 

1. Membagi Rata Beban Server

Load balancer memiliki algoritma tertentu untuk membagi kerja antar server. Misalnya, jika ada permintaan layanan tetapi server A sedang sibuk, maka dialihkan ke server B atau C agar tidak ada server yang memiliki workload terlalu besar.

 

2. Waktu Respons Cepat

Dengan terbaginya workloads, maka setiap server dapat memberikan respons dalam waktu yang relatif singkat tanpa perlu mengalami loading.

 

3. Mencegah Server Downtime

Pastikan bisnis tetap berjalan meski ada server yang sedang down dan tidak memberikan respons, load balancer akan mengalihkannya pada server lain.

 

4. Tingkatkan Produktivitas Bisnis

Tingkatkan produktivitas bisnis dengan kerja jaringan yang lancar dan cepat, sekaligus hindari bisnis dari masalah gangguan teknis.

 

Loud Balancer Kemp, Solusi Load Balancing Terpercaya di Berbagai Sektor 

Kemp LoadMaster adalah solusi load balancing dari Progress Kemp, sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di industri pengontrol application delivery. Perusahaan yang berbasis di Burlington, Massachusetts, AS ini membangun solusi load balancing untuk menyeimbangkan traffic pengguna antara beberapa server aplikasi di tiga lingkungan jaringan yakni; fisik, virtual, dan cloud.

Kemp LoadMaster menawarkan solusi mumpuni untuk load balancing, pemantauan kinerja jaringan, deteksi dan respons jaringan untuk memastikan aplikasi selalu aktif sekaligus atasi permasalahan jaringan. Kemp LoadMaster memiliki perbedaan yang cukup menarik dibandingkan solusi serupa, sebagai berikut.

  • Mudah digunakan
  • Opsi lisensi dan harga fleksibel yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis
  • Hemat biaya dengan kinerja throughput empat kali lipat lebih cepat
  • Didukung teknisi dan ahli berpengalaman yang kompeten

Kemp LoadMaster dapat menjadi solusi load balancing yang paling dicari untuk menangani berbagai jenis aplikasi dan lingkungan infrastruktur bisnis. Beberapa perusahan besar seperti Amazon, NASA, Audi, Burger King, UPS, PEMEX, dan Fujitsu menggunakan solusi ini untuk tingkatkan kinerja dan skalabilitas aplikasi web mereka.

 

Baca Juga: Ini 7 Alasan Load Balancer Kemp Ungguli F5

 

4 Keunggulan Load Balancer Kemp

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Kemp LoadMaster menjadi solusi yang sering digunakan bisnis untuk mencegah terjadinya anomali dan down pada situs mereka. Berikut empat alasan Kemp LoadMaster menjadi solusi load balancing yang paling banyak dicari.

 

1. L4-7 ADC

Hadirkan load balancer dan Reverse Proxy berkinerja tinggi dengan L4-7 load balancing untuk monitoring server dan application health, akselerasi SSL, Caching/Compression, hingga otomatisasi API. Dengan demikian, performa aplikasi dan situs dapat ditingkatkan secara signifikan.

 

2. Layanan DNS dan Traffic Management

Pengguna dapat diarahkan ke data center terdekat ketika data center utama tidak aktif. Hal ini menjaga konektivitas dan memastikan pengalaman pengguna tetap optimal.

 

3. Fitur WAF Lengkap

Memungkinkan deployment aplikasi web yang aman untuk perlindungan optimal terhadap berbagai serangan pada aplikasi dan web.

 

4. SSO & Secure Application Access

Dilengkapi fitur keamanan aplikasi tingkat tinggi dan lengkap dengan pre-authentication, Single Sign-on (SSO), dan multi-factor authentication (MFA) untuk memastikan hanya pengguna yang berwenang yang dapat mengakses aplikasi.

 

Dapatkan Solusi Load Balancer dari Progress Kemp di BPT

Saatnya kelola traffic aplikasi dan web bisnis Anda dengan solusi load balancer dari Progress Kemp di Blue Power Technology (BPT). BPT sebagai value-added distributor resmi Progress Kemp akan membantu bisnis Anda menerapkan solusi Kemp LoadMaster.

Didukung tim IT profesional, berpengalaman, dan bersertifikat, BPT akan membantu Anda melalui setiap tahapan implementasi, mulai dari tahap konsultasi, deployment, management, hingga dukungan after sales untuk memastikan Anda terhindar dari trial and error. Dapatkan solusi Kemp LoadMaster di BPT sekarang dengan menghubungi kami lebih lanjut di sini.

 

Penulis: Wilsa Azmalia Putri

Content Writer CTI Group

//