News

Lates Post

5 Faktor yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Provider Backup Software

in

Maraknya perusahaan yang melakukan transformasi digital, menjadikan data center menjadi komponen TI yang paling penting, karena di sanalah perusahaan menyimpan semua data-data penting mereka sehingga keamanannya harus selalu terjaga. Untuk itu, perusahaan wajib melakukan backup secara berkala untuk memastikan ketersediaan data jika insiden terjadi.

 

Dikarenakan proses backup bukan hal yang mudah, berisiko tinggi, dan membutuhkan teknisi TI berpengalaman, maka dari itu perusahaan membutuhkan alternatif dalam melakukan backup, yaitu dengan menggunakan software backup data center. Solusi ini menawarkan kemudahan bagi perusahaan dalam melakukan backup data-data pentingnya dengan biaya yang lebih rendah.

 

Untuk itu, dalam artikel ini kami membagikan 5 faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih provider backup software yang tepat agar proses backup berjalan dengan mudah dan menjamin perlindungan data Anda.

 

1. Ketahui kebutuhan perusahaan Anda

Kebutuhan perusahaan Anda menjadi faktor utama yang harus dipertimbangkan ketika memilih provider backup software. Anda harus bisa menjawab beberapa pertanyaan yang bisa membantu Anda mengetahui kebutuhan backup software, seperti:

- Data apa yang ingin di-backup dan berapa ukuran data tersebut?

- Tingkat dukungan apa yang Anda harapkan dari penyedia?

- Adakah peraturan industri yang perlu dipatuhi perusahaan Anda?

 

2. Fitur-fitur yang ditawarkan provider software backup

Faktor yang paling sulit dalam pemilihan provider software backup adalah pilihan fitur-fitur yang mendukung produk software backup tersebut. Software backup data mencakup hampir setiap sudut data center, sehingga Anda perlu mengetahui fitur software backup yang dapat memenuhi kebutuhan backup data center Anda dengan maksimal dan aman. Semakin lengkap fitur yang dimiliki, maka semakin mudah Anda memantau kinerja solusi backup Anda.

 

3. Reputasi layanan dari provider software backup

Anda perlu mencari tahu reputasi calon-calon provider backup software yang akan Anda pilih, karena reputasi menggambarkan bagaimana tingkat layanan yang dimiliki provider. Anda dapat menanyakan pada teman atau kolega yang telah menggunakan provider backup software tersebut dan mintalah rekomendasi.

 

Teliti juga latar belakang provider tersebut, seperti bagaimana sertifikasi mereka, siapa saja kliennya, dan rekam jejak provider tersebut yang bisa dijadikan faktor penentu ketika Anda memilih untuk bermitra dengannya.

 

4. Perhatikan Request for Proposal (RFP)

Saat membeli software backup data, tujuan utama provider adalah mengganti produk backup yang sudah ada dengan yang baru. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan secara spesifik RFP dan meminta trade-in yang kompetitif sebagai bagian dari RFP yang diberikan oleh provider. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan diskon tambahan.

 

5. Pertimbangkan biayanya

Software backup data bisa menjadi sangat mahal, karena keandalannya dalam melindungi data-data penting dan memastikan ketersediaan data 24/7. Maka dari itu, Anda harus menanyakan dan memastikan apabila terdapat biaya-biaya lain yang mungkin ada saat proses implementasi software backup data.

 

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan produk backup yang sudah ada sebelumnya apakah kinerjanya masih maksimal, karena menjalankan dua lingkungan backup membutuhkan biaya yang lebih besar.

 

Dengan 5 faktor di atas, kini Anda dapat mulai memilih provider backup software yang tepat untuk melindungi data penting perusahaan Anda. Veeam sebagai salah satu provider backup software memastikan perusahaan menjadi Always On-Enterprise atau memungkinkan perusahaan proses bisnisnya berjalan secara terus menerus atau 24/7 operations, dengan zero downtime, dan sanggup memanajerial data yang tiap tahun semakin berkembang. Kini Veeam telah menghadirkan Veeam versi 10 yang menawarkan kemampuan perlindungan data, meningkatkan ketersediaan data, portabilitas, dan eksensibilitas.

 

Demi memenuhi kebutuhan proses backup berbagai perusahaan di Indonesia, Blue Power Technology (BPT) sebagai value-added distributor siap menyediakan layanan Veeam yang lengkap dan membantu perusahaan melindungi aset terpenting mereka, yaitu data.