//
News
Lates Post

6 Tips Memilih Hybrid Storage untuk Menunjang Bisnis

in

Hybrid storage adalah salah satu solusi penyimpanan data yang tepat untuk mendukung operasional bisnis. Sebagai solusi yang menggabungkan performa RAM, SSD, dan hard drive, hybrid storage memiliki kelebihan dalam hal harga dan operasional input/output per detik (IOPS). Kelebihan hybrid storage lainnya yakni array hybrid dan array disk menawarkan harga terbaik per gigabyte dibandingkan RAM, SSD, hard drive, atau HDD secara terpisah. Lantas bagaimana cara kerja hybrid storage yang memiliki performa lebih baik dan hemat biaya?

Cara Kerja Hybrid Storage

Hybrid storage mampu menggabungkan kinerja gabungan RAM, SSD, dan hard drive dengan memanfaatkan teknik flash caching. Hybrid storage bekerja dengan menyimpan sebagian besar data di hard drive, sementara untuk kinerja yang lebih tinggi beberapa data tersimpan dalam SSD. Biasanya data yang tersimpan kurang dari beberapa ratus gigabyte. Dengan kata lain, sistem penyimpanan hybrid storage dapat mengawasi bit data yang paling aktif dan baru diakses lalu menyimpan bit tersebut secara instan untuk tersedia di SSD. Ketika ada penambahan permintaan masuk untuk data tersebut, maka RAM atau SSD akan memenuhinya. Pada tingkat kinerja yang jauh lebih tinggi dibandingkan data yang berasal dari disk konvensional. Sementara untuk data yang lebih jarang diakses akan tersimpan dalam disk yang berputar, sehingga mengurangi beban kerja SSD dan RAM. Beban kerja server dan aplikasi serta databse lebih condong ke sistem All-Flash. Sementara,beban kerja server basic dan backup untuk data berkapasitas besar dilakukan di array hybrid storage karena keuntungan harga per gigabyte.

6 Tips Memilih Hybrid Storage

Sebelum memutuskan untuk memilih hybrid storage sebagai solusi penyimpanan data dan aset penting bisnis Anda, ketahui enam tips berikut:

Memiliki Ketahanan yang Solid

Pastikan hybrid storage pilihan Anda memiliki ketahanan yang solid dari berbagai gangguan yang bisa saja membahayakan data yang tersimpan. Ketahanan menjadi salah satu prioritas utama untuk mengurangi risiko kerusakan hingga kehilangan data akibat kelalaian pengguna atau bencana alam.

Keandalan Perangkat

Pastikan hybrid storage pilihan Anda tidak terkendala koneksi internet ketika hendak mengakses data yang tersimpan. Perhatikan kecepatan proses transfer data hingga ketersdiaan informasi di server local yang bisa diakses kapan saja.

Keamanan Terjamin

Pastikan data yang tersimpan dalam hybrid storage tetap terjaga kerahasiaannya. Perhatikan tingkat keamanan dan privasi, salah satunya dengan teknologi enkripsi yang kuat untuk mencegah kebocoran dan pencurian data.

Pertimbangan Biaya

Penyimpanan hybrid storage biasanya lebih mahal dibandingkan dengan cloud storage. Kendati demikian, Anda hanya perlu membayar sekali di awal untuk menggunakan solusi hybrid storage. Perhatikan biaya langganan per bulan, biaya pemasangan, pemeliharaan, hingga perbaikan apabila terjadi kerusakan.

Terintegrasi dengan Aplikasi Pendukung

Pastikan aplikasi atau software yang digunakan untuk operasional bisnis Anda telah terintegrasi dengan solusi hybrid storage. Perlu diperhatikan juga seberapa mudah solusi yang dipilih dapat digunakan untuk mendukung operasional bisnis.

Manajemen Data Mudah

Patut diingat apakah solusi hybrid storage yang dipilih mendukung manajemen data yang mudah dipahami, baik secara koneksi internet maupun dengan bantuan sistem cloud.

Solusi Hybrid Storage IBM Flash System 5000

Untuk mengakomodir kebutuhan penyimpanan data bisnis Anda, IBM menghadirkan solusi Flash System 5000 yang didukung teknologi Advanced Cyber Resiliency. Teknologi ini memudahkan saat memilih perangkat dan ruang penyimpanan data (easy-to-own) sesuai kebutuhan bisnis. Tak hanya itu, IBM Flash System 5000 ini juga mudah untuk menyimpan dan mobilitas data (easy to use) dan untuk mengembangkan kapasittas dari ruang penyimpanan yang sesuai dengan anggaran dan skala bisnis. Kendati kontrol penyimpanan data secara on-premise, solusi ini juga dapat terhubung dengan cloud computing (easy-to-grow flexibility).

Dapatkan Solusi IBM dari BPT

Sebagai salah satu IT expert di Indonesia, Blue Power Technology (BPT) telah bekerja sama dengan IBM dalam memberikan solusi keamanan aplikasi dan IT yang optimal bagi bisnis di Indonesia. BPT memiliki tim profesional dan bersertifikasi yang siap membantu Anda melewati setiap proses, mulai dari konsultasi hingga dukungan after sales untuk menjamin keamanan aplikasi dan bisnis Anda. Dapatkan solusi IBM dari BPT sekarang dengan menghubungi kami lebih lanjut di marketing@bluepowertechnology.com.

//