News

Lates Post

Amankan Cloud Secara Optimal dengan Solusi Ini

in

Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, dorongan untuk melakukan digitalisasi di semua industri semakin tak terhindari, termasuk di sektor pemerintahan. Dalam melakukan digitalisasi, cloud dan virtual machine (VM) menjadi fondasi yang penting. Keduanya digunakan untuk memastikan layanan elektronik maupun web selalu tersedia dan bisa diakses.

Namun, perlu diingat bahwa pemerintahan memiliki banyak divisi maupun sektor. Maka dari itu, diperlukan segmentasi jaringan serta VM untuk memastikan keamanan cloud. Tanpa adanya segmentasi, semua divisi yang ada akan menggunakan satu jaringan yang sama. Hal ini berarti apabila hacker berhasil meretas satu bagian, ia akan mendapatkan akses ke seluruh infrastruktur IT pemerintahan. Tentunya, hal ini menjadi momok yang menakutkan bagi bisnis, apalagi dengan banyaknya ancaman siber yang mengintai lingkungan cloud, seperti SQL injection dan metode serangan web lainnya.

 

CloudHive: Solusi Ideal dari Hillstone Networks

Permasalahan di atas telah dialami oleh salah satu pemerintahan provinsi yang mengandalkan private cloud untuk menjalankan 30 server dan 300 VM dari VmWare, sehingga layanan elektronik dan web hosting dapat digunakan oleh divisi berbeda di kalangan pemerintahan. Setelah serangan SQL injection terjadi, di mana semua server database dan aplikasi tidak terproteksi, mereka mulai mencari solusi segmentasi jaringan yang tepat.

Pilihan mereka jatuh kepada CloudHive, sebuah solusi segmentasi jaringan dari Hillstone Networks, salah satu perusahaan terdepan yang berfokus pada solusi keamanan jaringan dengan lini Next-Generation Firewall dan segmentasi. Memang benar, segmentasi user dan VM bisa dilakukan dengan VLAN melalui vCenter. Namun, konfigurasi VLAN sangatlah kompleks. Para administrator perlu mengkonfigurasi setiap firewall, switch, dan router yang akan memakan banyak waktu. Maka, VLAN bukanlah solusi yang ideal.

 

Para administrator dapat mendeploy CloudHive dengan mudah melalui vCenter, tanpa adanya interupsi ataupun konfigurasi di switches, firewall, dan VM yang ada. Layanan CloudHive dapat ditambahkan di setiap VM sesuai kebutuhan. Selain itu, CloudHive berhasil mendeteksi 80,000 ancaman yang belum pernah dideteksi sebelumnya. Tentunya, setiap ancaman yang berhasil dideteksi, para administrator akan mendapatkan alert agar memudahkan respons dan pemantauan. Terlebih lagi,  CloudHive juga memungkinkan tim IT untuk mengatur keamanan yang bersifat advanced dan memprioritaskan level keamanan berdasarkan kebutuhan bisnis.

Semua kapabilitas yang telah dijabarkan di atas, memberikan tim IT visibilitas maksimal perihal semua yang terjadi di infrastruktur IT bisnis, termasuk  jaringan, traffic, aplikasi maupun ancaman siber yang mengintai. Dengan demikian, ancaman siber bisa dideteksi dan dicegah dengan efisien dan cepat.

 

Baru-baru ini, keunggulan CloudHive telah diakui oleh Gartner dengan masuknya solusi ini ke daftar market guide untuk sektor solusi keamanan workload di cloud. Bagi bisnis di Indonesia solusi CloudHive dari Hillstone Networks bisa didapatkan di Blue Power Technology (BPT). Selaku mitra resmi Hillstone Networks di Indonesia, kami siap membantu bisnis Anda memanfaatkan segala keunggulan dari CloudHive. Tim IT kami yang berpengalaman siap membantu Anda dengan memberikan layanan lengkap, mulai dari konsultasi hingga after sales support. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi marketing@bluepowertechnology.com