News

Lates Post

Atasi Serangan DDoS dengan Layanan Anti DDoS dari Alibaba Cloud

in

Mencegah terjadinya serangan siber pada infrastruktur TI merupakan salah satu prioritas utama bagi semua bisnis. Namun, perlu diingat bahwa dengan adanya teknologi yang semakin mutakhir, serangan yang dijalankan semakin canggih dan terkoordinir pula. Salah satu serangan yang sering dilakukan oleh para hacker yang dapat menyebabkan kerugian pada bisnis adalah dengan metode serangan denial of service (DoS).

 

DoS adalah sebuah serangan siber yang dijalankan dengan mengirimkan banyak request dan traffic kepada satu server melebihi kapasitasnya. Dengan demikian, mengakibatkan sistem untuk mengalami crash ataupun downtime. Apabila sebuah serangan DoS berasal dari berbagai alamat IP secara bersamaan, serangan tersebut dikenal dengan sebutan Distributed Denial of Service (DDoS). Tak jarang, serangan tipe ini dijalankan dengan banyak botnet dalam waktu yang bersamaan dan bisa terjadi kapanpun.

 

Apabila sebuah serangan DDoS terjadi, dampaknya bisa menjadi sangat signifikan. Menurut satu survei dari perusahaan asuransi siber, biaya pemulihan dari satu serangan DDoS untuk UKM bisa mencapai $120,000, sedangkan untuk ritel online dapat merugi hingga $74,000/jam saat downtime. Tak hanya dari segi finansial, tetapi juga dari segi reputasi publik dan kepercayaan pelanggan yang akan menurun. Maka dari itu, bisnis membutuhkan solusi yang dapat mengamankan infrastruktur TI dari ancaman DDoS secara proaktif.

 

Salah satu penyedia solusi cloud yaitu Alibaba Cloud telah memiliki layanan built-in yang disebut Alibaba Cloud Anti DDoS Basic. Layanan tersebut dapat mengamankan server Anda di Alibaba Cloud dari serangan DDoS hingga 5 Gbits per detik secara gratis. Tak hanya itu, Alibaba Cloud juga menawarkan layanan berbayar seperti Anti-DDoS Premium yang bisa mengamankan server Anda baik yang ada di Alibaba Cloud maupun di premises pelanggan dari serangan hingga 300 Gbits per detik. Jikalau sebuah serangan DDoS terdeteksi, Alibaba Cloud akan mengalihkan traffic tersebut ke pusat scrubbing (scrubbing center) yang menyediakan proteksi dengan bandwidth lebih dari 10 Tbit per detik secara global untuk memfilter semua data yang berhubungan dengan serangan yang ada dan traffic yang 'bersih' akan dikirimkan kembali ke server.

 

Solusi pengamanan DDoS dari Alibaba Cloud ini membantu Anda memastikan bisnis terbebas dari serangan DDoS dengan biaya yang efisien dan implementasi yang mudah. Sebagai Value Added Distributor Alibaba Cloud di Indonesia, Blue Power Technology (BPT) siap membantu untuk memanfaatkan layanan pengamanan DDoS Alibaba Cloud bagi bisnis Anda.