News

Lates Post

Bagaimana Dapatkan Koneksi Jaringan yang Stabil dan Optimal

in

Bagaimana Dapatkan Koneksi Jaringan yang Stabil dan Optimal?

Tak dapat dipungkiri bahwa Internet telah menjadi bagian vital di kehidupan masyarakat tiap harinya, khususnya di era digital saat ini. Kehadiran Internet mempermudah jalannya operasional bisnis di semua industri, tak terkecuali industri edukasi. Dengan Internet, para personil yang ada dapat mencari informasi yang diperlukan untuk mempermudah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

 

Namun, terkadang infrastruktur jaringan yang dimiliki tak mendukung koneksi Wi-Fi serta perangkat yang dibutuhkan, melainkan mengandalkan koneksi wired dan infrastruktur berbasis legacy. Tentunya, hal ini membuat infrastruktur jaringan yang ada tidak mampu mengakomodir traffic serta jumlah perangkat yang terus bertambah. Apabila pengguna berhasil terhubung, maka koneksi yang didapatkan tidak akan stabil.

 

Extreme Networks: Solusi Jaringan yang Ideal

Permasalahan di atas telah dialami oleh salah satu sekolah internasional di Hong Kong yang mempunyai 1,500 siswa dan 320 staf. Setiap orang diperkirakan memiliki dua sampai tiga perangkat yang terhubung ke jaringan sekolah. Ditambah dengan banyaknya tamu yang datang tiap harinya, tak heran kalau jaringan yang ada mendukung rata-rata 2,600 klien tiap harinya. Angka yang tinggi tersebut telah berdampak pada stabilitas dan reliabilitas jaringan yang dimiliki, mengingat infrastruktur yang ada hanya berbasis wired dan legacy.

 

Untuk itu, mereka mulai beralih ke solusi jaringan dari Extreme Networks, salah satu penyedia solusi infrastruktur jaringan terdepan dunia yang berasal dari Amerika Serikat. Mereka memanfaatkan access point yang mencakup Extreme AP230 dan AP250 untuk meningkatkan SLA dari 70% menjadi 99%. Proses instalasi juga dilakukan dengan efisien melalui ExtremeCloud IQ, sebuah platform berbasis cloud untuk mengelola jaringan. Platform tersebut memiliki fitur machine learning dan artificial intelligence, sehingga jaringan bisa dijamin berjalan optimal serta melakukan update otomatis secara berkala.

 

Dari segi keamanan, kehadiran Extreme Private Pre-Shared Key membantu untuk proses terhubungnya siswa dan staf ke jaringan yang ada. Hal ini dikarenakan administrator dapat mengatur jumlah perangkat yang bisa terhubung ke jaringan dari setiap pengguna. Dengan demikian, memastikan keamanan data serta kestabilan jaringan. Solusi ini juga akan digunakan untuk jaringan dan perangkat berbasis IoT.

 

Penutup

Memiliki koneksi Internet maupun jaringan yang stabil bukan lagi sebuah pilihan, melainkan sudah menjadi sebuah keharusan di tengah perkembangan zaman. Maka dari itu, infrastruktur berbasis wired dan legacy bukan lagi infrastruktur yang ideal. Menyadari hal tersebut, Extreme Networks menghadirkan solusi jaringan modern berbasis wireless untuk semua bisnis dari berbagai industri.

 

Keunggulan dan kapabilitas Extreme Networks telah dijabarkan di atas melalui satu studi kasus yang sukses memanfaatkan Extreme Networks. Bagi bisnis di Indonesia yang ingin merasakan hal yang sama, Extreme Networks bisa didapatkan melalui Blue Power Technology (BPT). Selaku mitra resmi Extreme Networks  di Indonesia, kami siap membantu bisnis Anda memanfaatkan segala keunggulan dari Extreme Networks. Tim IT kami yang berpengalaman siap membantu Anda dengan memberikan layanan lengkap, mulai dari konsultasi hingga after sales support. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi marketing@bluepowertechnology.com