News

Lates Post

Bagaimana Teknologi Geospasial Bantu Persiapan Dalam Mitigasi Kebencanaan

in

Hingga saat ini, jumlah kematian dan orang yang terinfeksi akibat virus corona COVID-19 kian meningkat. Pandemik ini tidak bisa dianggap remeh karena sudah mengancam kesehatan manusia, produktivitas, fungsi sosial, hubungan internasional, hingga perekonomian suatu negara.
 

Tidak hanya mengenai bencana wabah COVID-19 yang akhir-akhir ini melanda hampir diseluruh negara, bencana lain yang sering terjadi terutama di Indonesia menuntut kesiapan pemerintah daerah untuk menentukan skenario atau rencana mitigasi pada saat terjadi bencana atau kondisi darurat. Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh pemerintah:

  • Akses masyarakat terhadap fasilitas komersial, jumlah fasilitas komersial seperti pasar, swalayan, ATM, dan bank yang tersebar dalam suatu lokasi serta jarak tempuh rata-rata masyarakat terhadap fasilitas tersebut.
  • Fasilitas layanan kesehatan mana saja yang dapat menunjang masyarakat selama masa PSBB dan bagaimana akses masyarakat terhadap fasilitas tersebut.
  • Fasilitas sosial pada saat terjadi bencana atau kondisi darurat, bagaimana mitigasi kebencanaannya serta seberapa mudah masyarakat dapat mengakses fasilitas tersebut.
     

Bagaimanakah Kesiapan Pemerintah Daerah Dalam Menghadapi Isu Ini?
 

Teknologi geospasial memanfaatkan sistem navigasi satelit dan database komputer yang disebut Geographical Information System (GIS) untuk membuat, menangkap, menyimpan, dan mengambil informasi geografis dan spasial dari manapun. Kemampuan GIS untuk memetakan pola dan tren pada data dapat menjadikan GIS sebagai salah satu alat pendukung pengambilan keputusan yang efektif.
 

Adanya teknologi GIS memungkinkan pemerintah dengan mudah memperolah informasi mengenai endemic dalam suatu wilayah, zona aman dan zona bahaya, memetakan lokasi fasilitas umum dan ketersediaan bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari, informasi kondisi infrastruktur daerah seperti ketersediaan air bersih dan listrik, jumlah rumah sakit atau layanan kesehatan yang dapat dijadikan rujukan bagi masyarakat, mempublikasikan informasi, jurnal atau analisa dengan cepat dan akurat berdasarkan data yang diterima dari berbagai sumber data yang terintegrasi.
 

Telah berpengalaman membantu berbagai daerah mewujudkan kota pintar atau smart city, BPT siap membantu pemerintah daerah di Indonesia dalam menginisiasi pembangunan command center atau crisis center untuk menghadapi kondisi seperti saat ini. Ketahui juga bagaimana solusi kami dapat membantu pemerintah menangani bencana dengan Smart City Solution.