News

Lates Post

COVID19 Belum Lenyap SAS Manfaatkan Solusi Visualisasi Data dan Analitik untuk Mempermudah Contact Tracing

in

Contact tracing menjadi taktik penting dalam memutus rantai penyebaran virus COVID-19. Hal tersebut dilakukan dengan mengidentifikasi orang-orang yang terdampak virus (kontak) sehingga mereka bisa langsung mengambil tindakan untuk mengisolasi diri, atau memulai perawatan jika menunjukkan gejala penyakit.

Langkah ini sebetulnya telah digunakan selama beberapa dekade terakhir untuk mencegah penyebaran berbagai macam penyakit. Namun, contact tracing sebelumnya dilakukan secara manual serta membutuhkan resource dan upaya yang besar untuk mengidentifikasi titik penularan di masyarakat.

Untungnya, untuk menjembatani kesulitan ini, metode visualisasi data dan analitik bisa digunakan untuk mendukung industri kesehatan dalam mengungkap hasil contact tracing dan data yang tersedia untuk umum. Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan dengan teknologi tersebut adalah untuk memahami hubungan kontak yang tak terduga atau hilang, siapa orang yang harus dites, di mana lokasi penyebaran virus, serta golongan masyarakat mana yang paling berisiko.

Memang tak dapat dipungkiri, pandemi yang tengah berlangsung telah mengekspos kelemahan cara contact tracing tradisional. Penyebaran virus COVID-19 yang sangat cepat telah membuat infrastruktur kesehatan publik semakin waspada dan pada akhirnya ahli membutuhkan solusi inovatif untuk memodernisasi kemampuan contract tracing.

Apa Solusi yang Bisa Dilakukan?

Memperlambat penularan

COVID-19 menular sangat cepat dan tidak dapat diperkirakan sejauh mana penyebarannya berlangsung. Untuk memperlambat penularan, SAS membuktikan bahwa analitik berbasis link dan jaringan bisa digunakan untuk menginvestigasi hal ini.

Mobilisasi sumber daya kesehatan yang memadai

Jumlah kasus yang terkonfirmasi sejauh ini telah melewati jumlah kasus tipikal penyakit yang ditangani industri kesehatan di banyak negara. Karenanya, analitik dapat membantu investigator untuk bisa mengindentifikasi sumber infeksi dan area berisiko lebih cepat, dan memangkas review manual yang biasanya memakan waktu ribuan jam.

Meningkatkan kordinasi di antara berbagai lembaga

Tanpa adanya standar pengumpulan data contact tracing, hal ini akan sulit untuk dibagikan data ke sesama, khususnya lintas perbatasan. Untuk mengatasi hal tersebut, kemampuan manajemen data SAS dapat membantu untuk mengelola volume data kontak dalam skala besar dari beragam sumber.

3 Langkah SAS dalam Memudahkan Proses Contact Tracing

Adapun cara yang dilakukan SAS adalah memungkinkan beberapa kemampuan teknologinya menciptakan ‘link’ di antara pasien, kontak, dan lokasi, di mana menyediakan diagram yang membuat proses contact tracing mudah dan cepat. SAS menyediakan software dan layanannya untuk membantu industri kesehatan melakukan cara lebih mudah sebagai berikut.

Menciptakan database contact tracing

Anda dapat mengumpulkan data contact tracing di sebuah sistem yang teroptimasi untuk analisis, dan menggunakan metode identifikasi untuk mengkonsolidasikan sejumlah riwayat dari orang yang sama. Database ini memungkinkan Anda untuk menciptakan dan memvisualisasikan link di antara pasien, kontak, dan lokasi. SAS memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana hubungan mereka bisa terbentuk dari waktu ke waktu.

Memperkaya data contact tracing dengan sumber eksternal

Lebih cepat Anda menciptakan link yang lebih baik dan komprehensif, maka Anda akan lebih mudah mengidentifikasi kontak. Dalam hal ini, SAS mampu membantu Anda untuk memasukkan data dari manifes karyawan, daftar nama karyawan, data lokasi telepon, dan sumber lainnya.

Memberikan peringatan yang cerdas

Peringatan adalah salah satu jenis langkah bagaimana petugas kesehatan dapat berkomunikasi dengan kontak untuk pasien tertentu. SAS dapat membantu Anda menyampaikan peringatan risiko kesehatan dan bisa disesuaikan untuk setiap kontak, seperti mengarahkan mereka untuk menunggu fasilitas pengujian pada tanggal dan waktu tertentu, atau meminta mereka untuk melakukan karantina mandiri hingga tanggal tertentu. Peringatan ini bisa dikomunikasikan langsung oleh petugas kesehatan atau dikirim lewat channel otomatis, seperti SMS dan email.

Keunggulan SAS dalam Melakukan Contact Tracing

Analisis link menjadi fondasi dalam memodernisasi contact tracing. Karenanya, SAS menyediakan solusi komprehensif dengan menggabungkan analisis link yang kuat dan visualisasi dengan teks dan pencarian serta analisis geospasial, interactive network building, entity generation, dan analisis kontak. Kemampuan ini memungkinkan Anda secara proaktif mengidentifikasi risiko kontak dan superspreader, julukan bagi orang yang mudah menularkan virus ke kelompok yang lebih besar.

Tool manajemen data SAS juga dapat melakukan integrasi data dari beberapa sumber eksternal untuk men-deploy data yang cocok secara cepat ke dalam solusi investigasi dan manajemen insiden SAS berbasis cloud, di mana Anda dapat menciptakan dan mengelola metode dengan mudah untuk membuat proses contact tracing lebih lengkap.

Tool analytical modelling SAS juga dapat membantu Anda menjawab pertanyaan penting untuk mengimplementasikan kebijakan kesehatan masyarakat yang cerdas. Dengan kemampuan visualisasi SAS, Anda pun dapat melakukan investigasi mendalam terkait data dan kontak untuk mengungkap pola tersembunyi dan membagikannya ke lembaga kesehatan.

Seluruh teknologi di atas menjadi langkah SAS dalam membantu industri kesehatan dan investigator untuk bisa menangani proses contact tracing yang tadinya dilakukan secara kompleks menjadi lebih mudah, dan yang terpenting memahami penyebaran virus untuk mencegahnya kembali meluas.

Mengapa Dapatkan Solusi SAS dari BPT?

Bagi bisnis di industri kesehatan dan ingin membantu proses contact tracing lebih mudah agar mencegah penyebaran virus COVID-19 di Indonesia, solusi-solusi SAS bisa didapatkan di Blue Power Technology (BPT) selaku mitra resmi SAS.

Sebagai salah satu IT expert partner di Indonesia, BPT senantiasa menyediakan solusi IT yang tepat bagi bisnis, termasuk solusi analitik. Kami tak cuma akan membantu Anda memutuskan solusi apa yang tepat, tetapi juga membuat solusi customized untuk menjawab kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di marketing@bluepowertechnology.com sekarang.