News

Lates Post

Cara Fresche Solutions Dorong Perbankan Modernisasi Aplikasi dengan X Analysis

in

Salah satu industri yang kini tengah mengalami transformasi digital besar-besaran adalah industri keuangan, khususnya sektor perbankan, mengingat sektor ini memegang instrumen penting untuk kehidupan masyarakat. Berbagai metode yang dinilai efisien untuk bertransformasi secara digital kini tengah dilakukan pelaku industri perbankan, dengan harapan ke depannya metode-metode tersebut bisa diadaptasi oleh industri secara keseluruhan.

Studi kasus transformasi digital di industri ini memperlihatkan salah satu perusahaan perbankan yang berbasis di Chili, Amerika Selatan, tengah berupaya untuk memodernisasi sistem TI mereka. Perusahaan menyediakan manajemen operasional kartu kredit dengan pangsa pasar terbesar di Chili. Tak cuma itu, mereka juga memiliki portofolio pelanggan kartu yang luas, serta mengantongi waralaba ritel department store, supermarket dan pusat perbaikan rumah yang besar. Dua tahun ke belakang, perusahaan justru mulai melakukan inisiatif transformasi digital dalam proyek bernama Minga Project untuk bisa memiliki infrastruktur server IBM i mereka sendiri.

Langkah tersebut melibatkan migrasi dari semua aplikasi IBM i perusahaan ke infrastruktur yang baru secara utuh, tetapi memerlukan proses pemisahan sistem dan dokumen yang dibagikan oleh perusahaan holding serta divisi-divisi lainnya.

Tak cuma itu, proses ini ternyata harus membutuhkan analisis yang mendalam untuk mengembangkan pemahaman yang detail bagi semua sistem IBM i, serta hubungan hirarki, ketergantungan, dan struktur mereka. Proses juga harus menyediakan latar belakang teknis yang dibutuhkan untuk menentukan ruang lingkup yang diperlukan, dampak, dan upaya untuk menyesuaikan program tersebut. Hasil dari analisis disimpan di sebuah platform dokumentasi kolaboratif yang mendukung manajemen pengetahuan perusahaan.

Lewat tahap analisis inilah, perusahaan berkolaborasi dengan Fresche lewat solusi X-Analysis untuk menghasilkan dokumentasi interaktif aplikasi-aplikasi IBM i. Peran X-Analysis di dalam proses ini dinilai penting dalam membantu memisahkan sistem dalam tahapan logis dan fisik. Proses juga dibantu oleh Clip Tecnologia, representatif Fresche di Chili, di mana mereka membantu memastikan segmentasi sistem secara layak, serta eksekusi aturan pemisahan logis yang menjamin konsistensi performa dari masing-masing aplikasi.

Secara keseluruhan, proses yang berjalan dengan X-Analysis berlangsung lancar dengan menghasilkan sistem berkualitas tinggi dan jumlah yang telah dikurangi. Dengan selesai lebih awal, inisiatif ini secara sukses telah mendemonstrasikan X-Analysis yang mampu mendorong proses modernisasi perusahaan perbankan di mana memiliki tantangan dalam lewat aplikasi IBM i, sehingga dapat menciptakan hasil yang berkualitas dan dapat berkontribusi untuk pencapaian yang sukses.

Di Indonesia, industri perbankan juga tengah menjalani proses transformasi digital yang masif. Meski begitu, masih banyak tantangan yang dialami pelaku industri dalam memodernisasi proses ini. Untuk menyelaraskan proses menjadi lebih lancar dan efisien, PT Blue Power Technology (BPT) berkolaborasi dengan Fresche Solutions menghadirkan solusi X-Analysis membantu sektor perbankan volusi dengan belajar dan menggabungkan teknologi baru ke dalam proses bisnis mereka.

Khusus bagi bisnis sektor perbankan di Indonesia yang ingin menikmati sederet keunggulan solusi X-Analysis dari Fresche Solutions, seperti perencanaan dan analisis, modernisasi aplikasi dan database, pengembangan dan penerapan, augmentasi staf, manajemen aplikasi yang lengkap dan layanan aplikasi yang sedang berjalan, Anda bisa mendapatkannya melalui Blue Power Technology selaku mitra resmi Fresche Solutions. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi marketing@bluepowertechnology.com