News

Lates Post

Geospasial Bantu Pemerintah Ketahui Penyebaran RS Rujukan untuk Pasien Corona

in

Hingga pertengahan bulan April 2020, jumlah kasus yang terkonfirmasi terinfeksi virus corona di seluruh Indonesia telah mencapai 5000 orang. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan jumlah kasus penyebaran virus corona di Indonesia terus meningkat dan tentu membuat masyarakat semakin cemas. Pemerintah sendiri, selain bertanggung jawab untuk melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran virus corona juga memiliki PRyang tak kalah penting, yaitu menyediakan informasi prosedur penanganan  dan juga fasilitas dan layanan kesehatan rujukan bagi pasien yang terinfeksi.

 

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terdapat 2.813 unit rumah sakit di seluruh Indonesia hingga akhir 2018. Dari jumlah tersebut, pemerintah harus bisa dengan cepat menentukan rumah sakit rujukan untuk pasien virus corona. Jika harus mendata satu persatu tentu akan memakan banyak waktu. Untuk itu Blue Power Technology (BPT) dapat membantu pemerintah untuk mendapatkan informasi yang diperlukan tersebut dengan cepat dan tepat dalam mengantisipasi penyebaran dan penanganan virus corona.

 

Bukan hanya memberikan informasi mengenai rumah sakit rujukan untuk pasien virus corona, dengan memanfaatkan geospasial, pemerintah juga dapat mengintegrasi data terkait informasi layanan dan fasilitas kesehatan penunjang lainnya seperti ketersediaan ambulans, kamar pasien, jumlah tenaga medis, jumlah pasien, stok obat-obatan, stok alat pelindung diri dan lain sebagainya dalam satu tampilan terpusat melalui command center dan aplikasi yang akan disediakan atau dimiliki guna mengetahui kondisi terbaru dari rumah sakit rujukan tersebut.

 

Seluruh data dan informasi ini akan didapatkan secara real time dan resmi diberikan oleh lembaga pemerintah seperti Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan yang juga telah terintegrasi pada setiap rumah sakit rujukan di seluruh Indonesia. Dengan informasi tersebut, pemerintah daerah dapat terus memantau area mana yang memiliki kasus virus corona terbanyak serta mengambil keputusan yang cepat dan tepat. Akhirnya, penanganan pasien dan pencegahan penyebaran virus dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

 

Dapatkan informasi mengenai rujukan rumah sakit dan layanan kesehatan lainnya secara real time demi memberi penanganan yang cepat dan tanggap untuk masyarakat dengan solusi geospasial. Bersama BPT, pemerintah di berbagai daerah di Indonesia dapat dengan mudah mengambil keputusan dan membuat kebijakan dalam melawan penyebaran dan menyembuhkan pasien virus corona dengan menyediakan teknologi-teknologi pintar seperti geospasial. Ketahui juga bagaimana solusi geospasial membantu pemerintah dalam mempersiapkan kegiatan lockdown.