News

Lates Post

Konektivitas Terjamin saat eLearning dengan Alibaba Cloud

in

Ditetapkannya peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak 10 April lalu yang menutup semua fasilitas yang dianggap tidak esensial, tentunya mengubah cara operasional semua sektor, tak terkecuali sektor pendidikan. Semua pihak yang terlibat harus beradaptasi terhadap proses pembelajaran jarak jauh atau e-learning supaya proses belajar para siswa dapat terus berjalan di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

 

Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum bertransisi ke pembelajaran e-learning. Institusi pendidikan wajib memiliki Learning Management System (LMS) yang komprehensif dan user-friendly agar semua hal yang berhubungan dengan proses belajar mengajar, seperti absensi, penyampaian materi melalui live streaming ataupun video on-demand (VOD), pengumpulan tugas, dan pemberian nilai dapat dilakukan di satu sistem yang sama. Dengan demikian, proses belajar mengajar menjadi mudah dan efisien.

 

Tak hanya LMS yang lengkap, institusi pendidikan juga membutuhkan konektivitas yang optimal serta jumlah server yang cukup agar overload serta eror tidak terjadi di saat banyak orang mengakses LMS secara bersamaan. Maka dari itu, memiliki infrastruktur IT yang memiliki kinerja dan reliabilitas tinggi bukan lagi sesuatu yang opsional. Hal ini bisa dicapai dengan mengandalkan Alibaba Cloud, sebuah penyedia cloud yang dapat menjamin ketersediaan (availability) hingga 99,995?n memiliki lebih dari 2,800 CDN nodes di seluruh dunia. Dengan demikian, Alibaba Cloud mampu menjamin konektivitas yang maksimal bagi institusi pendidikan di Indonesia.

 

Dengan meletakkan LMS di Alibaba Cloud, Anda bisa menikmati berbagai keunggulan yang dimiliki Alibaba Cloud, seperti low latency dan penyimpanan data pembelajaran di storage yang terjangkau, Tentunya, keunggulan ini timbul karena tiga layanan yang Alibaba Cloud miliki, yaitu Cloud Elastic Compute Services (ECS), Object Storage Service (OSS) dan Content Delivery Network (CDN). Terlebih lagi, semua layanan tersebut bisa ditambahkan sesuai kebutuhan, sehingga workload pada server tetap terjaga.

 

Memiliki LMS yang user-friendly dan konektivitas yang stabil merupakan dua poin penting yang wajib dimiliki tiap institusi edukasi yang ingin mengimplementasikan e-learning di tengah wabah COVID-19. Menyadari hal tersebut, Blue Power Technology (BPT) sebagai salah satu IT expert di Indonesia, telah bekerjasama dengan Alibaba Cloud untuk memberikan infrastruktur e-learning yang memadai, lancar, dan aman. Sebagai distributor resmi dari Alibaba Cloud, BPT memiliki kompetensi dan sertifikasi yang mumpuni, serta berpengalaman dalam implementasi LMS pada institusi-institusi edukasi.