News

Lates Post

LCR Group Raup Jutaan Dolar Berkat Solusi Cloud Data Management Veeam

in

LCR Group merupakan perusahaan jasa pertambangan yang menyediakan solusi penanganan material lift and shift di wilayah Australia dan Papua Nugini. Mereka menjalankan proyek logistik yang kompleks pada spektrum industri yang luas, dan mengandalkan ketersediaan data yang konsisten untuk menjaga proyeknya tetap berjalan tepat waktu. LCR Group juga menggunakan volume data yang besar untuk menciptakan efisiensi forecasting yang berdampak signifikan kepada keuntungan perusahaan.

Ashlen Naicker, ICT Executive LCR Group mengatakan, perusahaan turut menggunakan data untuk memeriksa sejumlah kepentingan, seperti pendapatan, pemanfaatan aset, daftar pelanggan terbaik mereka, potensi celah risiko di industri, dan bagaimana mereka bisa mengatasinya.

“Data-data tersebut dapat membantu kami melakukan forecast terkait mesin atau perangkat keras apa yang kami butuhkan di waktu mendatang. Forecast juga menolong kami menentukan sesuatu seperti kapan harus mengganti mesin perlengkapan. Pada akhirnya, data kami tak hanya penting untuk proyek-proyek kompleks yang dijalankan untuk klien, tetapi juga untuk penghematan finansial,” ujar Naicker.

Namun, LCR Group memiliki kendala serius di mana solusi ‘warisan’ recovery backup yang dimiliki mereka tak mampu menandingi inovasi dan keunggulan teknis perusahaan, apalagi tak dapat memberikan transparansi dan kemudahan penggunaan yang menjadi faktor keberhasilan dalam industri bisnis berbasis data yang ada saat ini.

“Mendapatkan data kami bahkan bisa menjadi masalah karena berlokasi dengan penyedia layanan yang sangat sulit untuk ditangani. Kami sebetulnya tidak tahu jika cadangan data bisa berfungsi, dan ketika saya memanggil mereka untuk mendapatkan verifikasi, saya tidak mendapatkan apa-apa,” tuturnya.

Dari sudut pandang teknologi, solusi tersebut tentu tidaklah andal dan bisa mengakibatkan potensi bencana bisnis pada LCR Group jika terjadi kesalahan.

Menurut Naicker, keandalan setup perusahaan tidaklah bagus, terlebih partner mereka saat itu enggan beralih ke teknologi yang lebih canggih dan malah menggunakan backup dengan apa yang disebut Naicker ‘cadangan kelas rumahan’.

“Menurut saya pribadi, hal tersebut tentu tidak bisa dilakukan, karena satu titik kegagalan bisa membawa kita ke situasi bencana yang serius dan tidak dapat diperkirakan. Karenanya, kami memutuskan untuk segera mengubah solusi ini,” tambahnya.

Solusi Veeam untuk LCR Group

Karena telah bekerja secara ekstensif dengan solusi-solusi Veeam sebelumnya, Naicker akhirnya bertemu dengan Robert Hruswicki, Director Techibel, untuk membantunya menentukan langkah terbaik bagi LCR Group seiring perusahaan mulai beralih ke teknologi Nutanix. Baik Naicker dan Hruswicki tentunya sangat ingin menghindari solusi hybrid yang kompleks.

Tak lama setelah keduanya bertemu, Veeam merilis solusi baru yang secara sempurna memenuhi kebutuhan mereka: Veeam Backup for Nutanix AHV, dengan Veeam Backup Essentials.

“Begitulah kira-kira hal yang terjadi, dan untungnya waktu berpihak pada kami. Kala itu, tidak ada solusi yang tersedia. Namun Veeam akhirnya hadir dengan jalan keluar yang diharapkan. Kami akhirnya melihat solusi nyata, yang bisa diuji saat itu juga, dan kami tak pernah menoleh ke belakang lagi,” kata Naicker.

“Kami menjadi salah satu dari klien pertama yang menggunakan solusi ini dan mengambil lisensinya segera saat tersedia. Mengingat solusi ini menyediakan teknologi mutakhir, kami berpikir pasti akan ada sejumlah isu kecil yang dihadapi. Namun tim Veeam mengurus semua proses berjalan lancar, karena mereka dapat membantu dalam segala hal. Dan setelahnya, proses berjalan menjadi bisnis seperti biasa,” timpal Hruswicki.

Berkat solusi Veeam, Naicker bisa tidur nyenyak di malam hari, karena mengetahui bahwa data penting bisnisnya dijaga dengan ketat. Kemudahan solusi terdepan dari Veeam memungkinkan Naicker untuk mengelola lingkungan IT LCR Group dengan praktis, sembari melatih tim internalnya.

“Saya sebenarnya tidak pernah membaca panduan Veeam, karena saya tahu semua solusi Veeam dirancang dengan kemudahan sehingga bisa digunakan siapa saja. Di perusahaan, saya memiliki banyak karyawan muda di tim dan saya jarang hadir di sekitar mereka. Namun, mereka tidak perlu memiliki pemahaman mendalam atau menghabiskan waktu belajar untuk bisa mengendalikan backup,” jelas Naicker.

Dia menambahkan, “Kami tidak pernah mengalami insiden dengan Veeam sama sekali dan berharap hal ini akan terus berlanjut. Namun setidaknya, saya percaya diri jika sesuatu yang buruk terjadi, Veeam pasti akan segera mengatasinya. Kemampuan Veeam untuk memulihkan masalah sangatlah luar biasa, sedangkan untuk kemudahan akses dan penggunaan, Veeam tak ada duanya.”

Nilai Keuntungan Jutaan Dolar

“Solusi Comprehensive Cloud Data Management ini melindungi seluruh data bisnis terpenting LCR Group. Jika kami bisa mengungkap berapa nilai nominal yang telah Veeam tambahkan ke perusahaan ini, tentu akan berjumlah jutaan dolar. Data center lama kami pasti juga sudah hangus terbakar, kami pun akan kehilangan semua data penting, dan kami tidak akan ada di mana pun hari ini. Jadi, jika memang ada sesuatu yang buruk terjadi pada perusahaan, Veeam pasti akan menjadi penyelamat kami,” tambah Naicker lagi.

Naicker juga berpendapat, solusi dari Veeam dan Nutanix memiliki availability yang cost-effective dan mudah digunakan, sehingga memulihkan rasa percaya diri bagi dirinya dan juga bisnis.

“Intinya adalah tak ada rintangan yang tak bisa diatasi, dan data kami pasti akan tersedia kapan pun kami membutuhkannya,” tutup Naicker.

Kolaborasi Veeam dan Nutanix

2020 telah menjadi tahun yang sibuk bagi Nutanix dan Veeam dalam menjalin kemitraan mereka, di mana salah satu fokus utamanya adalah menghadirkan banyak solusi untuk melindungi data bisnis dengan langkah yang simpel, fleksibel, dan tentunya diandalkan.

Sembilan bulan yang lalu, keduanya juga menghadirkan fitur baru pada Veeam Availability Suite v10, dengan dukungan untuk pelanggan yang beralih ke Nutanix AHV sebagai hypervisor pilihan mereka.

Ini bukan satu-satunya fokus utama saja, ada juga Nutanix Mine with Veeam, solusi yang menyediakan opsi simpel untuk menambahkan kapabilitas manajemen data ke segala jenis lingkungan. Nutanix Mine with Veeam adalah solusi terintegrasi yang menghadirkan infrastruktur hyperconverged yang gesit dan terukur pada platform Nutanix, bersama dengan ketersediaan data kelas enterprise yang hadir dengan software Veeam. Ini menjadi solusi siap pakai yang menyederhanakan perlindungan data Anda antara on-premises dan cloud.

Penutup

Bagi bisnis di Indonesia, semua keunggulan Veeam bisa Anda dapatkan melalui Blue Power Technology (BPT), selaku mitra resmi dari Veeam. Tim IT kami, akan senantiasa membantu Anda melakukan proses mulai dari instalasi dan konfigurasi hingga maintenance dan support. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi marketing@bluepowertechnology.com.