News

Lates Post

Pastikan Keberlangsungan Bisnis di Tengah Pandemi dengan Solusi Backup Veeam

in

Memasuki era new normal, di mana mayoritas karyawan masih bekerja dari rumah ataupun secara remote, bisnis dituntut untuk selalu memberikan karyawan akses ke data bisnis agar produktivitas karyawan tetap terjaga. Namun, ketersediaan data bisa saja terdisrupsi karena berbagai alasan, mulai dari sistem yang crash, bencana alam hingga serangan siber.

 

Pandemi yang masih berlangsung misalnya, bisa dimanfaatkan para hacker untuk mengirim email spam yang telah disisipi ransomware dengan mengatasnamakan COVID-19. Apabila ransomware tersebut berhasil masuk ke infrastruktur TI, bisnis pasti mengalami downtime yang mengakibatkan hilangnya kesempatan berbisnis dan turunnya reputasi bisnis di kalangan publik.

 

Untuk menghindari permasalahan di atas dan memastikan keberlangsungan bisnis di segala situasi, bisnis perlu untuk melakukan tiga hal berikut:

 

  1. Update solusi backup Anda selama work from home (WFH)

 

Solusi backup dan recovery tradisional tak lagi mampu memenuhi kebutuhan bisnis selama periode WFH. Bisnis membutuhkan solusi yang membuat data bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Maka dari itu, backup dan recovery di cloud bisa menjadi solusi. Tak hanya itu, mem-backup data perangkat juga penting untuk terhindar dari hilangnya data.

Dalam masa ini, metode backup manual akan membutuhkan usaha dan tenaga lebih karena adanya keterbatasan sumber daya. Metode backup “automatically” akan sangat membantu dalam hal ini.

 

  1. Implementasi solusi dan strategi yang mendukung kebutuhan (WFH)

 

Gunakan strategi backup 3-2-1 yang berarti Anda memiliki tiga salinan data yang tersimpan di dua media storage berbeda secara on-premise, sementara ada satu salinan data yang tersimpan secara off site maupun cloud. Tentunya, tempat backup ini harus bisa dikelola secara remote untuk memudahkan para administrator di tengah pandemi yang sedang berlangsung.

 

  1. Amankan seluruh endpoint Anda untuk memastikan keberlangsungan bisnis

 

Apabila data hilang ataupun tidak bisa diakses karena hal-hal yang sudah dijabarkan di atas, bisnis akan kehilangan kesempatan berbisnis. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk mengamankan endpoint bisnis Anda setiap saat. Salah satu solusi yang bisa dipilih ialah Veeam, solusi backup dan recovery komprehensif yang bisa mengamankan endpoint Anda dari ransomware.

 

Veeam versi terbaru, Veeam v10A, dapat mengakomodir semua workload, mulai dari on-premise, virtual, dan cloud serta melakukan recovery dengan cepat untuk memastikan recovery time objective (RTO) yang rendah. Versi ini dilengkapi dengan backup dan recovery native bagi Amazon EC2. Tak hanya itu, versi ini juga dapat mem-backup NAS dengan optimal serta melakukan recover banyak virtual machine secara instan dan bersamaan. Dengan demikian, memastikan ketersediaan data dan efisiensi bisnis.

 

Memiliki solusi backup dan recovery sangatlah krusial untuk memastikan ketersediaan data dan keberlangsungan bisnis. Maka dari itu, Blue Power Technology dan Veeam telah bekerja sama untuk membantu bisnis memastikan keberlangsungan bisnis di tengah pandemi yang belum tahu kapan akan berakhir.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi marketing@bluepowertechnology.com