News

Lates Post

Saatnya Lindungi Data Anda dengan Veeam Backup for Microsoft Office 365

in

Banyak orang mengira konten dan data Microsoft Office 365 milik mereka ‘dilindungi’ sepenuhnya. Padahal, kenyataannya tidak demikian. Fokus utama Microsoft dalam melindungi Office 365 adalah mengendalikan infrastrukturnya dan memastikan uptime yang baik bagi pengguna. Alih-alih, Microsoft justru mengingatkan penggunalah yang harus bertanggung jawab atas data-data pribadi Office 365 mereka.

Office 365 pada dasarnya dibekali dengan fitur geo redundancy. Pengguna justru sering mengira fitur ini sebagai fitur backup. Sebenarnya, fitur geo redundancy adalah fitur untuk melindungi kegagalan hardware, seperti infrastruktur yang rusak atau pemadaman sistem.

Perjanjian Layanan Microsoft https://www.microsoft.com/id-id/servicesagreement/ juga menginformasikan kepada pengguna terkait ketersediaan layanan, di mana tertulis “Kami berusaha menjaga kelangsungan layanan, namun semua layanan online sesekali akan mengalami gangguan, dan Microsoft tidak bertanggung jawab atas setiap gangguan atau kerugian yang diakibatkannya. Jika terjadi gangguan, Anda mungkin tidak dapat mengambil konten Anda atau data yang disimpan. Kami menyarankan agar Anda secara teratur mencadangkan konten dan data Anda yang disimpan di layanan atau disimpan menggunakan aplikasi dan layanan pihak ketiga.”

Oleh sebab itu, Veeam menghadirkan solusi backup untuk membantu pengguna mengendalikan dan mengamankan konten dan data Office 365. Dengan solusi ini, data pengguna akan tetap terlindungi dan diakses. Anda pun akan mendapatkan kontrol sepenuhnya terhadap data Office 365, termasuk Exchange Online, SharePoint Online, OneDrive for Business, dan Microsoft Teams.

Simak lebih lengkap penjelasan mengapa Anda perlu melakukan backup konten dan data Office 365 dan bagaimana cara kerja solusi tersebut di artikel berikut ini.

Alasan Mengapa Backup Data Office 365 Penting

Melakukan backup data merupakan tindakan terpenting untuk menjaga semua dokumen sensitif Anda yang dikelola dari Office 365. Ada beberapa alasan mengapa backup data menjadi prioritas pengguna, yaitu:

  1. Penghapusan yang Tak Disengaja: Jika Anda menghapus user, entah itu disengaja atau tidak, proses penghapusan akan direplikasi di seluruh jaringan. Karenanya, backup dibutuhkan untuk memulihkan user tersebut, baik dalam Exchange secara on-premise atau Office 365.
  2. Celah Retention Policy: Retention policy Office 365 memang sulit untuk diikuti, apalagi untuk dikelola. Proses backup menyediakan retention yang lebih lama dan mudah diakses yang dilindungi dan disimpan di satu tempat untuk pemulihan yang lebih mudah. 
  3. Ancaman Keamanan Internal: Banyak bisnis sering mengalami ancaman keamanan internal. Memiliki solusi recovery terbaik mampu memitigasi risiko data sensitif saat hilang atau terhapus.
  4. Ancaman Keamanan Eksternal: Virus dan malware telah merusak sistem IT di banyak perusahaan selama setahun terakhir. Oleh sebab itu, backup dibutuhkan agar dapat memulihkan mailbox dengan mudah ke instance untuk menghindari ancaman siber eksternal.
  5. Persyaratan Legal and Compliance: Pastikan Anda menerima data mailbox selama proses legal berlangsung dan memenuhi segala jenis kebutuhan kepatuhan regulasi.
  6. Deployment Email Hybrid dan Migrasi ke Office 365: Baik Anda melakukan migrasi ke Office 365 atau memiliki gabungan on-premise pengguna Exchange dan Office 365, pertukaran data harus dikelola dan diproteksi dengan cara yang sama, sehingga membuat source lokasi tidak relevan.

Bagaimana Cara Kerja Veeam Backup for Microsoft Office 365?

Backup data Office 365 ke lokasi manapun: on-premise atau cloud

  • Anda dapat mengambil data Office 365 Exchange Online, SharePoint Online, OneDrive for Business dan Microsoft Teams dari instance cloud Office 365, dan melakukan backup data secara harian, mingguan, atau sesering mungkin dalam format native Microsoft — sebuah pengarsipan database berdasarkan dari Extensible Storage Engine (ESE) atau Jet Blue Database
  • Backup on-premise Exchange dan SharePoint, mengurangi dampak untuk data center Anda dan memungkinkan Anda mengatur frekuensi dan waktu backup
  • Menyimpan data backup ke lokasi yang Anda pilih — termasuk on-premise, public cloud (AWS atau Microsoft Azure), atau dengan penyedia layanan lokal (local service provider)
  • Melindungi data yang diunggah dan dibagikan lewat chat, file, sites di Microsoft Teams, seperti data Teams yang dijurnalkan ke Exchange Online dan SharePoint Online.

Melindungi Office365 dengan fleksibilitas recovery terdepan di industri

  • Pencarian cepat dan pemulihan secara granular untuk objek individu — termasuk data Microsoft Teams — yang berlokasi di salinan backup Office 365 Anda yang diproteksi
  • Memulihkan item Office 365 secara langsung lewat sejumlah cara yang memberikan Anda ultimate fleksibilitas recovery

eDiscovery Data Office 365

Dengan salinan data Anda yang bisa diakses secara mudah, pengambilan email untuk alasan pemenuhan peraturan bisa menghabiskan biaya besar, memakan waktu, dan membuat disrupsi yang masif untuk bisnis Anda.

Dengan Veeam, Anda bisa meningkatkan kemampuan pencarian dan pemulihan yang fleksibel, serta mengekspor opsi untuk melakukan eDiscovery data Office 365 — semudah dengan seperti yagn Anda lakukan dengan backup data on-premise tradisional.

Segera backup data Office 365 Anda dengan memanfaatkan solusi Veeam Backup for Microsoft Office 365. Solusi ini bisa dilangsung didapatkan dari Blue Power Technology (BPT) selaku mitra resmi Veeam. BPT memiliki tim IT yang siap membantu Anda dalam menjalankan proses instalasi dan konfigurasi, serta maintenance dan support secara maksimal. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi marketing@bluepowertechnology.com.

***