News

Lates Post

Teknologi Di Balik Kesuksesan Alibaba Singles Day 2019

in

Alibaba kembali memecahkan rekor penjualan pada acara belanja terbesar atau yang dikenal sebagai Singles Day. Jika Anda mengira Alibaba telah menuai kesuksesan besar karena telah mencapai penjualan lebih dari 1 miliar dolar AS dalam dua menit pertama pada Singles Day 2018, Anda akan semakin terkesan ketika mengetahui hasil penjualan Singles Day tahun ini.

 

Sejak pertama kali berpartisipasi dalam Singles Day 2009, Alibaba terus mencetak rekor di festival belanja terbesar di dunia yang berlangsung setiap 11 November ini. Bahkan, pada 2016, Alibaba secara resmi diakui sebagai #1 Largest Retail Commerce Company Worldwide karena keberhasilannya dalam memecahkan rekor penjualan pada Singles Day 2015. Tahun lalu, Alibaba berhasil menghasilkan pendapatan hingga 30,8 miliar AS dolar dalam waktu 24 jam, di mana mereka mengalahkan perusahaan e-commerce besar lainnya seperti JD.com dan Pinduoduo.

 

Tak sampai di situ, di Singles Day 2019 Alibaba kembali mencetak angka fantastis yang menunjukkan bahwa bisnis belanja online ini terus berkembang dengan luar biasa. Hanya dalam 68 detik setelah dimulai, penjualan Alibaba telah mencapai 1 miliar AS dolar pertama mereka dan 10 miliar AS dolar dalam waktu satu jam setengah. Pada akhirnya, total pendapatan yang diraih Alibaba pada penjualan di hari itu melampaui 38,4 miliar AS dolar, yang artinya meningkat 25,7?ri tahun lalu. Total jumlah pengiriman pesanan juga mencapai rekor baru, yakni meningkat 24% menjadi 1.292 miliar dibandingkan tahun lalu.

 

Hasil penjualan Alibaba yang begitu besar dikarenakan adanya kontribusi dari penjual dan pembeli yang bukan hanya berasal dari China, tetapi dari seluruh dunia. Alibaba mencatat bahwa lebih dari 22.000 brand internasional dari 78 negara berpartisipasi pada Singles Day tahun ini. Besarnya koneksi internasional semakin memperkuat Alibaba sebagai pilihan belanja online lintas negara.

 

Selama Singles Day 2019, lebih dari 544.000 transaksi terjadi, namun Alibaba tetap dapat mencapai penjualan yang kuat tanpa adanya rintangan. Dengan prestasi yang luar biasa, apakah Anda bertanya-tanya teknologi seperti apa yang digunakan Alibaba untuk mendukung bisnisnya?

 

Saat kita berbicara tentang teknologi yang digunakan selama Singles Day, berarti kita berbicara mengenai sistem pembayaran dengan kualitas terbaik, aktivitas belanja interaktif melalui banyak permainan, dan live streaming sebagai elemen inti dalam mencapai pengalaman dan kepuasan pelanggan. Untuk memenuhi kebutuhannya, pelanggan pasti mencari efisiensi, keandalan, dan kecepatan saat berbelanja online. Oleh karena itu, pada bonanza belanja online dalam satu hari seperti Singles Day ini, pelanggan berharap mendapatkan produk pilihan mereka secepat mungkin yang juga mengakibatkan lonjakan traffic e-commerce Alibaba menjadi sangat tinggi pada menit pertama.

 

Untuk mengatasi situasi ini, Alibaba telah menjalankan 100% sistem inti mereka ke cloud publik milik Alibaba sendiri yang secara menakjubkan telah meningkatkan kinerja, keandalan, dan ketangkasan aplikasi mesti saat lalu lintas jaringan tertinggi sehingga memungkinkan Alibaba Group untuk berbagi pengalaman dan kepuasan kepada semua pelanggan dan membawa bisnis mereka ke level yang lebih tinggi.

 

Beberapa teknologi utama yang memegang peranan besar atas keberhasilan acara belanja terbesar di dunia diantaranya adalah X-Dragon pada cloud, di mana server logamnya yang elastis sehingga dapat meningkatkan efisiensi biaya sebesar 20%, pemrosesan data dan analitik yang canggih membantu Alibaba memroses sekitar 970PB data untuk mendukung kinerja server dalam memenuhi 544.000 pesanan per detik, beberapa fitur menggunakan AI untuk meningkatkan penjualan di mana pelanggan dapat mencoba pakaian atau perhiasan secara virtual, meningkatkan keterlibatan pelanggan melalui konten yang interaktif agar memberikan pengalaman Omni channel terbaik, dan teknologi lainnya.

 

Dengan kesiapan Alibaba Cloud menangani setiap misi-kritis bisnis berskala global menggunakan teknologi-teknologi terbarunya, Alibaba tidak hanya menawarkan produk yang lebih murah kepada pelanggan melalui diskon dan promosi yang fantastis, tetapi juga pengalaman mendalam ketika pelanggan membeli produk.

[removed][removed]