News
Lates Post

Alibaba Cloud Dinobatkan sebagai Leader Public Cloud Container oleh Forrester

in

Alibaba Cloud kembali mendapat pengakuan global atas kemampuan komprehensif di ranah teknologi cloud-native. The Forrester Wave menobatkan Alibaba Cloud sebagai pemimpin untuk pasar platform public cloud container pada Q1, 2022.

Teknologi Alibaba Cloud dinilai sangat cocok untuk perusahaan global yang menyasar pasar Asia Pasifik dan China, atau perusahaan lokal yang mencari kemampuan cloud-native yang komprehensif untuk melakukan transformasi digital. Saat ini Alibaba Cloud telah menawarkan layanan public cloud container di enam benua.

Lantas, apa yang menjadikan Alibaba Cloud unggul atas kompetitor lain seperti Google Cloud, AWS, Microsoft, IBM, Huawei Cloud, hingga Oracle? Cek penilaian The Forrester Wave dalam artikel berikut.

Apa yang Menjadikan Alibaba Cloud sebagai Leader?

Alibaba Cloud Dinobatkan sebagai Leader Public Cloud Container oleh Forrester

 

Sumber: The Forrester Wave

Mengutip situs resminya, The Forrester menilai Alibaba Cloud menyediakan layanan cloud-native yang kaya dengan menjalankan 90% aplikasi-aplikasi bisnisnya pada layanan container untuk Kubernetes. Pengalaman inilah yang digunakan oleh Alibaba Cloud untuk menciptakan layanan cloud-native secara ekstensif yang memungkinkan pelanggan membangun bisnis berbasis digital.

Forrester juga menilai Alibaba Cloud dengan berbagai solusi yang dikemas sebelumnya untuk produk dan layanan pendukung, termasuk roadmap inovasi dengan teknologi luas dan cakupan vertikal.

Alibaba Cloud memiliki kemampuan kuat dalam mendukung mesh layanan, dukungan runtime container, dan virtual machine, dukungan image container, fitur dan kebijakan keamanan, dukungan hybrid cloud, manajemen biaya, dukungan edge computing, serta penyimpanan dan jaringan container.

Dari sisi pelanggan, kemampuan observabilitas Alibaba Cloud dianggap sangat baik dalam pencatatan dan pemantauan, operasional siklus cluster lebih efisien, dan integrasi tanpa batas dengan layanan lain.

Lihat juga: Extreme Networks Pimpin Enterprise Wired and Wireless LAN Infrastructure di Gartner Magic Quadrant 2021

[Link: https://www.bluepowertechnology.com/news-detail/extreme-networks-pimpin-enterprise-wired-and-wireless-lan-infrastructure-di-gartner-magic-quadrant-2021]

Apa saja Kriteria Inklusi Vendor yang Ditetapkan Forrester?

Selain Alibaba Cloud, dalam penilaian kali ini Forrester memasukkan delapan vendor termasuk AWS, Google Cloud, Huawei Cloud, IBM, Microsoft, Oracle, dan Tencent Cloud. Berikut kriteria yang disertakan Forrester terhadap ke-delapan vendor:

  • Layanan container komprehensif yang ditawarkan pada platform public cloud. Setiap platform yang dievaluasi oleh Forrester memiliki ketersediaan container sesuai permintaan untuk konsusmi public cloud berbasis langganan dan mencakup berbagai tools dan layanan untuk pengembangan aplikasi dan manajemen infrastruktur container di lingkungan public cloud milik vendor.
  • Adopsi pelanggan dan minta yang ditunjukkan dari client. Forrester hanya menyertakan vendor dan produk yang paling penting bagi client perusahaan yang secara aktif menggunakan produk container milik vendor sendiri.
  • Ketersediaan bisnis di Amerika Utara, Asia Pasifik, dan Eropa. Semua vendor yang dievaluasi oleh Forrester secara umum tersedia di lokasi tersebut mulai 1 Mei 2021 dan memasarkan produk di setidaknya dua dari tiga wilayah utama meliputi Amerika Utara, Eropa, dan Asia Pasifik. Dalam evaluasi ini Forrester tidak menyertakan fitur atau layanan versi alfa, beta, preview, limited edition, atau prerelease.
  • Vendor yang termasuk dalam evaluasi ini menawarkan layanan dengan pemasukan US$50 juta atau lebih dalam laporan pendapatan tahunan--yang secara khusus juga dikaitkan dengan penawaran container masing-masing.

Setiap platform yang dievaluasi tersedia sesuai permintaan public cloud berbasis langganan dan mencakup berbagai tool dan layanan untuk pengembangan aplikasi berbasis container dan manajemen infrastruktur container di lingkungan vendor public cloud.

Kriteria lain termasuk adopsi perusahaan dan minat yang mengharuskan vendor memberikan referensi produk perusahaan yang aktif menggunakan produk container mereka. Menurut penilaian Forrester, menjamin penyertaan atau pengecualian karena minat client atau kekurangannya, kehadiran pasar, atau perubahan tren teknologi.

Berikutnya, semua vendor juga harus memiliki business scope setidaknya dua dari tiga wilayah geografis utama yakni Amerika Utara, Eropa, dan Asia Pasifik. Vendor yang dievaluasi juga harus mencatatkan pendapatan layanan lebih dari US$50 juta dalam pendapatan tahunan yang khusus dikaitkan dengan produk container mereka.

Lihat juga: 5 Ancaman Cybersecurity yang Mungkin Anda Lewatkan di 2021

Dapatkan Solusi Alibaba Cloud dari BPT

Saatnya menyediakan layanan cloud-native untuk platform public-cloud bisnis Anda dengan solusi andal dari Alibaba Cloud. Blue Power Technology (BPT) sebagai salah satu IT expert partner di Indonesia telah bekerja sama dengan Alibaba Cloud dalam memberikan solusi cloud computing yang optimal bagi transformasi digital bisnis di Indonesia.

BPT memiliki tim profesional dan bersertifikasi yang siap membantu Anda melewati setiap proses, mulai dari konsultasi hingga dukungan after sales untuk menjamin keamanan aplikasi dan bisnis Anda. Dapatkan solusi Alibaba Cloud dari BPT sekarang dengan menghubungi kami di marketing@bluepowertechnology.com.

Penulis: Ervina Anggraini - Content Writer CTI Group

//