News
Lates Post

Apa Itu Browser Security dan Mengapa Anda Perlu Menggunakannya?

in

Sekitar 22,1 persen pengguna komputer di Indonesia menjadi korban serangan siber melalui web browser selama periode Q3 2023. Hal ini menempatkan Indonesia pada peringkat ke-93 di dunia dalam hal bahaya yang  terkait dengan web browser. Laporan ini menunjukkan pentingnya bagi perusahaan menerapkan solusi browser security agar terhindar dari serangan siber berbasis web.

Meningkatkanya jumlah serangan siber dengan teknik yang semakin canggih mengharuskan pengguna untuk meningkatkan kewaspadaan. Salah satu trik yang banyak digunakan oleh penjahat siber untuk mengklik link phishing yakni dengan membuat pesan khusus dengan bisnis Anda hingga menggunakan akun yang dibajak.

Implementasi browser security dapat menjadi salah satu solusi untuk mencegah serangan siber melalui web browser. Lantas, sejauh mana pentingnya browser security dan bagaimana cara kerjanya untuk menghalau aksi serangan siber melalui web browser? Simak penjelasan detailnya dalam artikel berikut.

 

Apa itu Browser Security?

 

Browser security adalah solusi yang mencakup teknologi, tool, platform, dan praktik yang memastikan browser sebagai lingkungan yang aman. Solusi ini memungkinkan akses web ke aplikasi dan website sekaligus melindungi sistem dan data bisnis.

Browser security memungkinkan perusahaan untuk mendeteksi dan memblokir ancaman dan risiko yang ditularkan melalui website yang berupaya menyerang browser itu sendiri atau mengeksploitasinya melalui vektor serangan. Jenis serangan tersebut dapat berupa infeksi malware, pencurian data, social engineering, eksfiltrasi data, dan teknik serangan siber lainnya. Browser dan aplikasi browser dapat diserang melalui website, aplikasi SaaS, dan aplikasi ilegal.

Platform browser security memberikan perlindungan komprehensif dengan mengamankan data masuk dan data keluar, serta tidak dapat digantikan oleh solusi network dan endpoint security. Hal itu lantaran browser security lebih fokus pada aktivitas sesi web secara langsung, termasuk halaman web yang tidak terenkripsi yang di-render dan ditampilkan oleh browser. Browser security menerapkan web surfing dan penggunaan browser yang aman tanpa berdampak negatif pada produktivitas dan pengalaman pengguna.

Solusi ini dikembangkan sebagai respons terhadap kebutuhan keamanan bisnis cloud-first dan hybrid yang mengandalkan browser sebagai UI kerja inti mereka. Secara umum ada tiga jenis web security yakni browser extension, enterprise browser, dan local browser isolation untuk memenuhi persyaratan keamanan, pengalaman pengguna, privasi, vendor lock-in, dan deployment.

 

Bagaimana Cara Kerja Browser Security?

Untuk memastikan keamanan browser, solusi browser security bekerja dengan cara mengidentifikasi dan memblokir ancaman dan risiko berbasis web. Solusi browser security terdiri dari tiga komponen inti, yakni sensor untuk memantau semua aktivitas dan peristiwa web session, mesin risiko untuk menganalisis dan mengungkap potensi risiko, hingga mekanisme penegakan kebijakan untuk memblokir aktivitas mencurigakan. Berikut tiga kemampuan utama browser security dalam mengamankan browser dari ancaman siber.

Monitoring dan Visibilitas

Memberikan visibilitas ke seluruh aktivitas browsing yang dilakukan pengguna di seluruh web tujuan, web session, dan pertukaran data, sekaligus melakukan monitoring resolusi tinggi terhadap aktivitas tersebut.

Deteksi Risiko

Deteksi dan analisis berkelanjutan terhadap setiap aktivitas pengguna dan sesi web. Temuan anomali yang mengindikasikan risiko dalam sesi browser dapat segera ditandai.

Penegakan Kebijakan dan Akses

Penegakan kebijakan otomatis untuk mencegah aktivitas pengguna berisiko di browser yang dapat berimbas pada penyusupan aplikasi, perangkat, dan kehilangan data. Sejumlah peristiwa tertentu telah ditentukan sebelumnya akan diberikan peringatan secara real-time.

Berkat ketiga kemampuan ini, solusi browser security dapat mengamankan konfigurasi browser, mengurangi permukaan serangan, menerapkan konsep zero trust pada browser, memastikan keamanan SaaS dan web, melindungi dari phishing dan website berbahaya, sekaligus melindungi perangkat.

 

Mengapa Perusahaan Butuh Solusi Browser Security?

 

Memberikan jaminan keamanan komprehensif terhadap perangkat yang tidak dikelola dan dikelola, serta aplikasi perusahaan merupakan salah satu alasan pentingnya perusahaan menggunakan solusi browser security. Seperti diketahui bahwa browser kini telah menjadi ruang kerja utama bagi banyak perusahaan. Di saat bersamaan, browser juga menjadi titik persimpangan antara semua ruang kerja perusahaan, seperti website, aplikasi SaaS, aplikasi tidak berizin di luar kendali tim IT, managed devices, dan unmanaged devices.

Browser juga menjadi salah satu penggerak utama aktivitas bisnis di mana seluruh ruang kerja inti dan jalur akses ke berbagai aktivitas di website. Implementasi browser security dapat memastikan perusahaan untuk memitigasi berbagai risiko ancaman dan serangan siber, meningkatkan postur keamanan browser, hingga memberikan ROI yang tinggi terkait ancaman dan pengurangan risiko.

 

Bagaimana Memilih Solusi Browser Security yang Tepat?

Sebelum memilih salah satu solusi browser security, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan. Salah satunya yakni pastikan bahwa solusi tersebut dapat memenuhi kebutuhan keamanan, privasi, dan karyawan. Berikut beberapa parameter yang dapat dipertimbangkan untuk memilih solusi browser security yang tepat.

Menjawab Kasus Penggunaan Bisnis

Pastikan solusi browser security dapat menjawab kebutuhan pertumbuhan bisnis dan kemudahan memperluas keamanan ke banyak pengguna baru. Jika perusahaan Anda bergerak di industri dengan regulasi ketat, pastikan privasi pengguna juga menjadi prioritas utama. Jika tim Anda tersebar di berbagai lokasi di dunia, pastikan persyaratan utama menghilangkan overhead IT dan tata kelola keamanan.

Pengalaman Pengguna

PIlih solusi browser security yang sebisa mungkin meminimalkan dampak terhadap pengalaman pengguna, termasuk kontrol keamanan.

Proteksi Menyeluruh

Pastikan solusi yang dipilih memberikan perlindungan komprehensif berupa cakupan keamanan atas semua ancaman dan risikon yang relevan, sekaligus memberikan kemampuan identifikasi dan mitigasi. Pastikan juga vendordapat memberikan perlindungan dari ancaman dan risiko keamanan siber.

Privasi Pengguna

Kesadaran akan pentingnya privasi yang mengalami peningkatkan telah memicu serangkaian pertanyaan terkait kemampuan perusahaan melindungi pengguna. Tunjukkan komitmen bahwa perusahaan peduli terhadap privasi karyawan dengan memilih solusi yang dapat melindungi mereka dan privasi terkait pekerjaan.

Menlo Security merupakan salah satu solusi browser security yang sesuai dengan parameter di atas dan dapat memenuhi persyaratan keamanan perusahaan. Dilengkapi fitur browser isolation yang efektif, Menlo Security akan mencegah sekaligus melindungi perusahaan dari ancaman siber melalui web browser.

 

Solusi Browser Security dari Menlo Security

Menlo Security menghadirkan solusi browser security untuk membantu bisnis mengurangi risiko serangan web dan insiden keamanan yang dapat mempengaruhi produktivitas dan berdampak pada biaya recovery. Teknologi web isolation Menlo Security memastikan pengguna dapat browsing dengan bebas tanpa khawatir tentang serangan siber, sekaligus membebaskan tim IT dari tugas mengelola keamanan yang rumit.

Solusi browser isolation Menlo Security menggunakan pendekatan Isolation as a Service (IaaS) yang memberikan perlindungan efektif terhadap ancaman malware dan serangan siber lainnya, sekaligus menjaga data sensitif dan mengurangi risiko serangan. Browser isolation bekerja dengan memisahkan browser pengguna dari potensi ancaman online dengan menjalankan konten web di lingkungan terpisah.

Empat fitur unggulan browser isolation Menlo Security untuk memastikan bisnis Anda mengurangi risiko serangan web dan insiden keamanan.

Keamanan Tanpa Kompromi

Dapatkan kemampuan isolasi penuh tanpa kompromi kinerja dengan membawa browsing security to the next level. Isolasi penuh Menlo Security memastikan bisnis tidak mengorbankan kinerja, memiliki kecepatan dan respons optimal, sekaligus risiko terisolasi sepenuhnya. Menlo Security juga dapat melawan ancaman phishing yang semakin kompleks untuk melindungi dan mengurangi risiko potensi pengguna dari link atau attachment file berbahaya.

Menghalau Ancaman Malware

Kurangi risiko ancaman malware dengan memisahkan eksekusi kode berbahaya secara signifikan. Browser isolation akan menjaga integritas data dan sistem sehingga membebaskan perangkat dari ancaman yang dapat merugikan bisnis.

Kepatuhan dan Kontrol

Admin jaringan mendapatkan visibilitas dan kontrol penuh untuk memantau dan mengevaluasi aktivitas browsing untuk manajemen compliance yang efisien. Web security tak lagi sekadar perlindungan, tetapi juga kepatuhan terhadap regulasi dan manajemen risiko yang lebih baik.

Pengalaman Optimal Pengguna

Browser isolation Menlo Security mengoptimalkan pengalaman pengguna tanpa batas, sehingga aktivitas browser tanpa gangguan. Pengguna dapat browsing web dengan percaya diri, sementara teknologi Menlo Security akan berjaga-jaga di background.

 

Keunggulan Browser Security dari Menlo Security

Inovasi browser isolation Menlo Security terus berinovasi untuk mengatasi berbagai tantangan dan dinamika lanskap keamanan siber yang baru dan terus berubah. Solusi browser security dari menlo Security memiliki perlindungan efektif terhadap ancaman siber dan malware dengan keuntungan sebagai berikut.

Perlindungan Terhadap Malware

Lindungi pengguna dari ancaman malware dan serangan lain dengan menjalankan konten web dalam lingkungan terisolasi. Hal ini memungkinkan serangan tidak dapat mencapai perangkat atau jaringan internal pengguna, sehingga keamanan data terjamin.

Pencegahan Serangan Browser

Cegah serangan yang memanfaatkan kerentanan browser atau plugin dengan menjalakan browser dalam lingkungan terisolasi. Dengan cara ini, serangan yang menyasar browser tidak akan berhasil sehingga dapat memberikan perlindungan lebih kuat.

Kinerja Tinggi dan Responsif

Penggunaan teknologi browser isolation memastikan pengguna tetap dapat mengakses konten web dengan cepat dan lancar tanpa merasakan penundaan yang signifikan, sehingga kinerja tetap tinggi dan responsif.

Skalabilitas dan Fleksibilitas

Menlo Security menawarkan solusi yang scalable dan fleksibel untuk diimplementasikan di berbagai lingkungan bisnis, termasuk UKM hingga big enterprise, sesuai kebutuhan infrastruktur, perangkat remote, hingga cloud.

Menlo Security memastikan bisnis skala kecil hingga big enterprise memiliki perlindungi dan solusi pencegahan efektif dari serangan siber yang memanfaatkan web browser. Selain itu, solusi ini juga memungkinkan bisnis mengurangi risiko dan biaya dari dampak recovery pasca terjadi serangan siber.

 

Dapatkan Solusi Browser Security dari Menlo di BPT

Dapatkan perlindungan komprehensif dan inovatif dari serangan web berbahaya dengan solusi browser security dari Menlo Security yang dilengkapi teknologi browser isolation di Blue Power Technology (BPT). BPT sebagai authorized advanced partner Menlo Security akan membantu bisnis Anda mengimplementasikan browser security dan terhindar dari berbagai ancaman siber.

Tim IT BPT yang berpengalaman dan bersertifikat akan membantu Anda melalui setiap tahapan, mulai dari konsultasi, deployment, management, hingga after sales support. Tertarik dengan solusi browser security Menlo Security? Hubungi tim BPT di link berikut.

Penulis: Ervina Anggraini - Content Writer CTI Group

 

//