News
Lates Post

Apa itu Cloud Continuum dan Sejauh Mana Potensinya untuk Pertumbuhan Bisnis?

in

Adopsi dan implementasi cloud computing oleh bisnis di Indonesia terus meningkat, seiring dengan fleksibilitas dan skalabilitas tinggi yang dihadirkan. Teknologi ini pula yang kemudian mendorong perusahaan dalam memanfaatkancloud continuum untuk mengurangi biaya, meningkatkan kecepatan pemasaran, dan pendapatan.

Pemanfaatan cloud continuum sejalan dengan melesatnya perkembangan layanan cloud di Indonesia. Data IDC mencatat pertumbuhan adopsi cloud pada 2023 di Indonesia mencapai US$933 juta atau sekitar Rp14,6 triliun.

Lantas, apa sebenarnya cloud continuum dan perannya untuk menghadirkan terobosan serta inovasi bagi bisnis? Simak artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang konsep Cloud Continuum yang akan dirilis oleh Extreme Networks.

 

Apa itu Cloud Continuum?

Dihimpun dari berbagai sumber, cloud continuum adalah integrasi dari berbagai jenis kemampuan dan layanan cloud, termasuk data center, private cloud, public cloud, hybrid cloud, dan multi-cloud. Kemampuan ini disatukan dan didukung oleh koneksi canggih seperti 5G dan SDN yang memungkinkan akses ke cloud dapat dilakukan dari mana saja secara virtual dan menghilangkan silo antar layanan dari public hingga edge.

 

Bagaimana Bisnis Bisa Memanfaatkan Cloud Continuum?

Survei terbaru Accenture yang melibatkan 4.000 pemimpin bisnis dan IT menemukan sekitar 12 hingga 15 persen responden merasakan manfaat dari adopsi cloud secara berkelanjutan. Cloud mendorong berbagai inovasi sehingga bisnis dapat menemukan cara baru dalam beroperasi di tengah ancaman krisis global.

Selain memanfaatkan cloud untuk tujuan distribusi yang terisolasi, continuum competitors (sebutan untuk perusahaan yang bekerja dalam cloud continuum) juga mendapat keuntungan di mana model operasi dapat berjalan lancar di tengah upaya menghadirkan berbagai inovasi. Keterlibatan cloud dapat mengubah cara bisnis berinteraksi dengan karyawan, pelanggan, dan mitra bisnis dalam mengembangkan dan menghadirkan berbagai produk dan layanan, termasuk mengoperasikan sistem IT. Secara singkat, cloud continuum telah menata ulang cara bisnis beroperasi.

Cloud continuum memungkinkan bisnis memilih jenis teknologi dan layanan cloud yang paling sesuai hingga memanfaatkan potensi penuh dari teknologi tersebut. Landasan ini dapat memperkuat perusahaan dalam menghadirkan berbagai inovasi berkelanjutan.

Secara umum, cloud continuum memiliki sejumlah manfaat penting sehingga bisnis memiliki lebih banyak keunggulan dibanding kompetitor. Berikut tiga manfaat utama perusahaan yang memanfaatkan cloud continuum:

  • Komitmen permanen untuk menemukan kembali arah bisnis hingga dapat mengurangi biaya sebesar 2-2,7 kali lebih besar dibandingkan migrasi cloud pada umumnya.
  • Meningkatkan inovasi dengan speed-to-market sebesar 2-3 kali besar untuk menghadirkan berbagai terbosan dan merekayasa ulang model operasional bisnis.
  • Adopsi cloud memungkinkan 3 kali lebih besar dalam mewujudkan tujuan keberlanjutan.

 

5 Praktik Terbaik untuk Maksimalkan Potensi Cloud Continuum

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mendapatkan potensi maksimal dari implementasi cloud continuum. Aspek fundamental pertama yang harus dipahami dari sifat cloud continuum yakni terkait kecepatan perubahan USP.

Sangat penting untuk dapat memanfaatkan kemampuan kerja cloud yang agile. Berikut lima praktik terbaik untuk memaksimalkan potensi cloud continuum bagi bisnis Anda.

Memiliki Visi Nyata

Pastikan perusahaan Anda memiliki visi dan arah yang jelas untuk dicapai. Memulai perjalanan adopsi cloud continuum berarti bisnis Anda siap untuk terus berkembang dengan menetapkan skala prioritas yang jelas untuk mengetahui arah pergerakan perusahaan. Di samping memiliki visi yang jelas, perusahaan juga harus mengetahui letak kerentanan dan kekurangan, serta sejauh mana kemampuan perusahaan saat ini dan ke depannya ketika mengadopsi cloud continuum.

Upgrade Teknologi Pendukung

Migrasi ke cloud menandakan bahwa bisnis Anda baru memulai perjalanan berkelanjutan. Setelah melakukan migrasi, bisnis harus mulai menerapkan langkah lanjutan, seperti menggunakan edge untuk mengembangkan layanan di cloud, memanfaatkan layanan PaaS untuk meningkatkan kemampuan baru, hingga mengadopsi AI/ML untuk mendapatkan insight dari data yang terkumpul.

Utamakan Kultur dan SDM

Transformasi cloud tak sekadar terkait teknologi, implementasinya bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, produktivitas karyawan, agility bisnis, dan beragam inovasi baru. Untuk mencapainya, bisnis harus berinvestasi dan mampu mengimbangi eksekutif, pemegang saham, dan decision maker dalam menggabungkan nilai dan potensi dari adopsi cloud continuum.

Adopsi Sistem Hybrid

Cloud continuum menawarkan peluang tanpa batas dari serangkaian layanan cloud di berbagai platform yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Untuk mencapainya, pastikan Anda telah menerapkan model cloud yang sesuai dengan strategi terintegrasi dengan dukungan teknologi baru dan jaminan keamanan tinggi.

Manfaatkan Setiap Peluang Bisnis

Manfaatkan setiap peluang yang ada dengan adopsi cloud continuum, termasuk memanfaatkan cloud dan teknologi seperti AI/ML, 5G, dan PaaS untuk mencapai pertumbuhan bisnis di masa depan.

Untuk memastikan bisnis Anda dapat memaksimalkan potensi implementasi cloud continuum, Extreme Networks menghadirkan solusi ExtremeCloud Edge untuk cloud continuum yang dapat meningkatkan kontrol terhadap data sovereignty hingga optimalisasi operasional dan manajemen yang disederhanakan.

 

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Edge Computing: Tren Baru dalam Industri Bisnis

 

ExtremeCloud Edge untuk Cloud Continuum

Extreme Networks akan memperkenalkan ExtremeCloud Edge sebagai rangkaian jaringan cloud pertama yang memberikan lebih banyak opsi dan fleksibilitas dalam menjalankan aplikasi jaringan, termasuk kebutuhan manajemen, analitik, dan AI dari mana saja. ExtremeCloud Edge mencakup implementasi public cloud, private cloud, hingga edge computing untuk mengurangi kompleksitas dan biaya operasional terkait pengelolaan spektrum penggunaan cloud.

Dengan kata lain, ExtremeCloud Edge memberikan fleksibilitas sehingga pelanggan mendapatkan keunggulan jaringan yang dibutuhkan. Semakin banyak perusahaan yang menggunakan edge computing serta ketergantungan aplikasi yang membutuhkan banyak bandwidth dan sensitif terhadap latensi, tentu membutuhkan solusi agar operasional lancar dan hemat biaya.

ExtremeCloud Edge merupakan platform computing yang di-hosting di jaringan edge dengan menyatukan kemampuan manajemen aplikasi jaringan sehingga pelanggan dapat menerapkan aplikasi ExtremeCloud, seperti ExtremeCloud IQ, CoPilot, dan SD-WAN di seluruh spektrum cloud - mulai dari private cloud hingga edge.

Solusi ini juga menghilangkan masalah terkait data sovereignty (termasuk data residency, privacy, dan control) sekaligus meningkatkan kinerja jaringan dengan mendekatkan kekuatan computing kepada pengguna untuk memudahkan pengelolaan serta deployment cloud dari satu aplikasi. Kemudahan ini dapat membantu memenuhi tuntutan keamanan, termasuk data sovereignty, meningkatkan pengalaman pengguna dengan kinerja bandwidth tinggi dan latensi rendah, sekaligus mengurangi biaya terkait deployment cloud yang kompleks.

Kemampuan ExtremeCloud Edge menjawab kebutuhan bisnis dalam memulai perjalanan cloud mereka. Berikut keunggulan yang ditawarkan oleh ExtremeCloud Edge:
 - Data sovereignty: data residency, privacy, dan control.

- Performa dengan latensi rendah dari computing dan data management di edge.

- Hemat biaya dengan model operasional yang konsisten dan familiar untuk pelanggan dari berbagai sektor bisnis.

 

Dapatkan Solusi Lengkap Extreme Networks Hanya di BPT

Saatnya implementasikan solusi lengkap dari Extreme Networks hanya di Blue Power Technology (BPT) sebagai value-added distributor resmi Extreme Networks di Indonesia.

BPT akan membantu Anda melalui setiap tahap proses cloud deployment, mulai dari tahap konsultasi hingga dukungan after sales untuk mendapatkan akses cloud yang aman, latensi rendah, dan hemat biaya sehingga Anda terhindar dari proses trial and error. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di laman berikut.

Penulis: Ervina Anggraini - Content Writer CTI Group

//