News
Lates Post

Apa Itu Cloud Infrastructure Processing Unit? Cek di Sini!

in

Alibaba Cloud memperkenalkan arsitektur cloud computing baru yaitu Cloud Infrastructure Processing Unit (CIPU). CIPU hadir untuk menyelesaikan masalah latensi jaringan, bandwidth, dan manajemen infrastruktur yang dihadapi data center saat ini. Menariknya, CIPU terhubung ke Alibaba Cloud Apsara Distributed Operating System untuk mengelola komputasi, storage, dan resources jaringan di cloud secara efisien. 

Sebagai hardware accelerator, CIPU memungkinkan infrastruktur Alibaba Cloud menyediakan jaringan, storage, security, dan computing performance yang lebih baik. Misalnya, CIPU dapat meningkatkan kinerja komputasi Big Data hingga 30 persen.

Ingin tahu lebih lanjut tentang Cloud Infrastructure Processing Unit? Simak penjelasannya di artikel berikut.

 

Pengertian Cloud Infrastructure Processing Unit (CIPU) 

 

 

CIPU merupakan processor dari teknologi cloud yang dimiliki Alibaba Cloud sebagai layanan khusus untuk menghadirkan komputasi, storage, dan infrastruktur jaringan IDC (Internet Data Center) ke cloud dan akselerasi hardware.

Setelah terhubung ke CIPU, ketiganya kemudian diubah menjadi cloud untuk virtual computing. Resources yang telah ada akan diatur oleh platform cloud untuk diberikan ke pengguna cluster yang memiliki daya komputasi cloud elastis dan hardware berkualitas tinggi.

 

Positioning dan Karakteristik CIPU

Berikut 10 positioning dan karakteristik CIPU untuk mempercepat infrastruktur jaringan dan meningkatkan performa aplikasi.

 

1. Hardware Device Virtualization I/O

Wujudkan hardware device virtualization I/O berperforma tinggi dengan VT-d. Model perangkat yang digunakan harus kompatibel dengan OS mainstream atau standar I/O seperti virtio-net, virtio-blk, dan NVMe. Penting juga untuk mengoptimalkan layers protokol PCIe untuk mendapatkan performa terbaik dari perangkat I/O.

2. Hardware Acceleration for VPC Overlay Networks

Jangkau lebih banyak customer dengan mengurangi latensi berkelanjutan dan dapatkan power performance area (PPA) yang lebih baik saat menggunakan chip IPU/DPU.

3. Hardware Acceleration for EBS Distributed Storage Access

Akses penyimpanan terdistribusi Alibaba Cloud Elastic Block Storage (EBS) dengan protokol penyimpanan komputasi yang dioptimalkan secara vertikal dan disesuikan dengan vendor cloud.

4. Hardware Acceleration for Local Storage Virtualization

Kemampuan virtualisasi local disk ke QoS dan O&M tanpa melemahkan kinerja bandwith, IOPS, dan latensi.

5. Elastic RDMA

Terapkan kemampuan Remote Direct Memory Access (RDMA) yang inklusif di public cloud yang juga berperan penting di HPC, AI, Big Data, database, storage, dan layanan data center.

6. Secure Hardware Acceleration

Tingkatkan keamanan cloud computing dengan lakukan enkripsi ke traffic VPC, EBC, dan data virtualisasi local disk, serta kembangkan teknologi enclave berbasis hardware.

7. Cloud O&M Support

Dilengkapi IaaS Elastic Computing O&M yaitu kemampuan hot upgrade semua komponen dan hot migration virtual machines tanpa alami kerugian.

8. Elastic Bare Metal Support

Layanan komputasi berkinerja tinggi yang elastis dan dapat diskalakan secara horizontal untuk memberikan kinerja komputasi yang sama dengan server tradisional termasuk physical isolation.

9. CIPU Pooling Capability

Lengkapi peningkatan kebutuhan bandwidth services pada AI computing dengan kemampuan sistem CIPU.

10. Computing Virtualization Support

Tingkatkan fitur computing dan memory virtualization.

 

Baca Juga: Perjalanan Adopsi Cloud Computing untuk Percepat Transformasi Digital di Indonesia.

 

 

Keunggulan Penggunaan CIPU

Berikut empat keunggulan penggunaan CIPU untuk meningkatkan penyediaan layanan cloud.

 

Tingkatkan Performa Jaringan

Tingkatkan performa jaringan Remote Direct Memory Access (RDMA) yang terdistribusi, berskala besar, dan high performance dengan akselerasi hardware pada jaringan fisik bandwidth hingga 5 mikrodetik.

Tingkatkan Kecepatan Penyimpanan Resources

Atasi masalah latensi dan bandwidth selama pengumpulan sumber daya penyimpanan dengan akselerasi hardware berbasis CIPU. Selain itu, IOPS cloud disk dapat tercapai hingga 3 juta per detik dan latensi longtail berkurang hingga 50 persen.

Efisiensi Daya Komputasi

Dapatkan akses cepat ke Alibaba Cloud ECS tanpa kehilangan daya komputasi serta kurangi overhead tambahan pada server saat menerapkan virtualisasi melalui kemampuan isolasi hardware berperforma tinggi.

Efisiensi Cloud Resources

Kelola server cloud dengan cepat melalui manajemen yang fleksibel, orchestration, dan scheduling yang terhubung dengan Apsara Distributed Operating System.

 

Dapatkan Cloud Infrastructure Processing Unit (CIPU) Alibaba Cloud Melalui BPT 

Saatnya menyediakan layanan Cloud Infrastructure Processing Unit (CIPU) dari Alibaba Cloud untuk bisnis Anda. Blue Power Technology (BPT) sebagai IT expert partner di Indonesia merupakan authorized advanced partner Alibaba Cloud dalam memberikan solusi cloud computing yang optimal bagi transformasi digital bisnis di Indonesia.

BPT memiliki tim profesional dan bersertifikasi yang siap membantu Anda melewati setiap proses, mulai dari konsultasi hingga dukungan after sales untuk memenuhi kebutuhan teknologi dari bisnis Anda. Dapatkan solusi CIPU Alibaba Cloud dari BPT sekarang dengan menghubungi kami di sini.

 

Penulis: Wilsa Azmalia Putri

Content Writer CTI Group

 

 

//