News
Lates Post

Apa itu Optimasi Jaringan dan Mengapa Penting?

in

Optimasi jaringan merupakan cara yang tepat bagi perusahaan dalam meningkatkan aksesibilitas dan kecepatan jaringan. Bukan rahasia umum, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, penggunaan jaringan internet di berbagai aktivitas bisnis juga semakin penting. Namun, kerap muncul masalah seperti lambatnya koneksi internet yang dapat mengganggu kinerja perusahaan.

Oleh karena itu, dengan melakukan optimasi jaringan, perusahaan dapat meningkatkan kecepatan akses internet, keamanan jaringan, dan mengurangi downtime. Selain itu,  perusahaan dapat menghemat biaya operasional saat ingin mengelola jaringan yang aman, tepat, dan, berperforma tinggi, sekaligus mencegah hilangnya data yang dapat berdampak buruk pada bisnis.

Nah, di artikel ini, akan dibahas mengenai pentingnya melakukan optimasi jaringan bagi  perusahaan dan bagaimana cara mengoptimalkannya dengan tepat. Simak penjelasannya di bawah ini.

 

Mengapa Optimasi Jaringan Penting?

Di era pemanfaatan teknologi yang makin masif, penting bagi perusahaan untuk mengoptimalkan jaringan agar dapat mengelola perangkat dan aplikasi yang kompleks. Dengan menerapkan optimasi jaringan, akses jarak jauh menjadi lebih mudah untuk berbagi data dari informasi digital di mana saja.

Manajemen jaringan yang efisien bertujuan untuk tingkatkan pengalaman dan produktivitas penggunanya, sehingga diperlukan optimasi jaringan untuk menghadirkan keandalan, keamanan, dan kecepatan di seluruh jaringan perusahaan.

 

4 Keuntungan Optimasi Jaringan

Optimasi jaringan dapat bantu perusahaan membangun jaringan internal dan eksternal yang lebih efisien dan efektif, serta memberikan beberapa keuntungan sebagai berikut.

 

1. Tingkatkan Throughput Jaringan

Kurangi latensi, percepat  waktu respons, hingga konektivitas lebih baik di seluruh ekosistem IT untuk tingkatkan throughput.

 

2. Tingkatkan Produktivitas Karyawan

Pastikan flow data berjalan lancar tanpa delay, sehingga memungkinkan karyawan mengakses informasi dengan cepat.

 

3. Tingkatkan Analytics dan Security

Pantau traffic jaringan untuk identifikasi ancaman  lebih cepat.

 

4. Tingkatkan User Experience

Hadirkan layanan customer yang cepat dan andal sekaligus ciptakan citra positif untuk perusahaan.

 

Baca Juga: Pentingnya Terapkan Monitoring Jaringan di Lingkungan IT yang Demanding

 

EPS120 Series, Solusi Jaringan Terbaik Tingkatkan Produktivitas Bisnis

Edgecore Networks adalah produsen jaringan terkemuka yang menghadirkan solusi jaringan kuat dan andal dengan seri EPS120. Seri ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan jaringan bisnis dengan konektivitas jaringan cepat, aman, dan andal.

Dengan performa switching 1G yang tangguh, solusi ini menjamin koneksi jaringan yang stabil dengan bandwidth transmisi data yang tinggi. Selain itu, dengan buffer paket yang besar, EPS120 Series dapat menyerap lonjakan traffic dengan efisien untuk menghindari gangguan dalam kinerja jaringan saat ada beban traffic yang tinggi.

Adapun EPS120 Series terdiri dari dua model switch yaitu EPS122 dan EPS121. EPS 122 menghadirkan jaringan akses nirkabel Power-over-Ethernet (PoE) yang mulus untuk aplikasi keamanan atau jaringan perusahaan. Model Ini memiliki konektivitas yang fleksibel dengan 48 x 1G downlink, 6 x 10G uplink, dan PoE sebesar 1850W, sehingga cocok untuk tingkatkan keamanan dan surveillance di lingkungan yang high-density.

Sementara itu, EPS121 dilengkapi 48 x 1G downlink dan 6 x 10G uplink serta menggunakan teknologi SONiC sebagai switch management yang memungkinkan koneksi tanpa batas ke switch port, server, dan perangkat penyimpanan. EPS121 secara sederhana akan membantu Anda melakukan pantauan dan kontrol infrastruktur jaringan.

Selain fitur di atas, berikut tujuh fitur lainnya dari EPS120 Series untuk optimalkan jaringan perusahaan Anda tanpa perlu mengeluarkan cost yang besar.

  • Menggunakan teknologi canggih untuk kinerja jaringan yang lebih baik.
  • Kapasitas RAM dan SSD lebih besar.
  • Arsitektur NOS berbasis container, seperti SONiC untuk jaringan 1 G yang terpadu dan dapat diskalakan. 
  • Didukung L2/L3 forwarding dan switching tingkat penuh, multi-homing, telemetri, dan bufferpaket besar.
  • Cocok untuk jaringan akses dan manajemen.
  • EPS122 menawarkan penyaluran daya yang fleksibel untuk jaringan nirkabel dan aplikasi keamanan.
  • EPS121 menyederhanakan manajemen jaringan di data center.

 

Dapatkan EPS120 Series dari Edgecore di BPT

Hadirkan jaringan yang efisien, andal, dan hemat biaya untuk memberikan keamanan dan kinerja yang optimal untuk memastikan bisnis Anda berjalan lancar. Blue Power Technology (BPT) sebagai authorized advanced partner Edgecore Networks akan membantu Anda menerapkan solusi EPS120 Series. Dengan didukung tim IT profesional, berpengalaman, dan bersertifikat BPT akan membantu Anda melalui setiap tahapan implementasi, mulai dari tahap konsultasi, deployment, management, hingga dukungan after sales untuk memastikan Anda terhindar dari trial and error. Dapatkan solusi Edgecore EPS120 Series di BPT sekarang dengan menghubungi kami lebih lanjut di sini.

 

Penulis: Wilsa Azmalia Putri

Content Writer CTI Group     

 

 

//