News
Lates Post

Bagaimana Imperva Bantu Amankan Website Java Jazz Festival 2022 dari Bot Attack?

in

Java Jazz Festival kembali menghadirkan sederet musisi dari dalam dan luar negeri yang diselenggarakan selama tiga hari yaitu pada 27-29 Mei 2022 di JiExpo Kemayoran, Jakarta.

Dengan semakin dilonggarkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), festival musik internasional yang menyajikan musik bergenre Jazz, Pop, dan Elektronik ini berhasil dihadiri oleh lebih dari 100.000 pengunjung.

Dengan membeludaknya jumlah pengunjung pada tahun ini, Java Jazz Festival untuk keempat kalinya mempercayakan Imperva untuk sistem keamanan yang disediakan oleh Blue Power Technology (BPT).

Sebagai technology partner Java Jazz Festival, BPT bertanggung jawab dalam memastikan kualitas dan keamanan jaringan di website maupun beberapa titik critical area yang membutuhkan akses internet yaitu area registrasi, ticket box, stan merchandise, dan akses khusus performer.

Lantas, bagaimana Imperva dapat membantu JJF 2022 menjamin sistem keamanan jaringan? Apa saja manfaat dari penerapan sistem kemanan Imperva di JJF 2022? Lengkapnya, simak artikel berikut.

Imperva Lindungi Website Java Jazz Festival  dengan SSL Certificate

imperva dan javajazzfestival.com
Main Page JavaJazzfestival.com Menggunakan Proteksi Imperva (Source: Imperva)

Imperva berhasil melindungi aplikasi dan website Java Jazz Festival 2022 dari serangan eksternal, seperti DDoS, injeksi SQL, pengikisan, dan perusakan konten dengan memfilter aktivitas berbahaya dan tidak diinginkan.

Solusi Imperva bekerja dengan cara enkripsi menggunakan Secure Socket Layer (SSL). SSL adalah teknologi standar keamanan untuk membuat tautan terenkripsi antara server web dan browser. Imperva SSL Certificate memastikan bahwa data yang dipertukarkan antara server web, pengguna tetap integral.

Imperva menyebarkan jaringan proxy terbalik pada Content Delivery Network (CDN). Proxy ini mengevaluasi lalu lintas web apa pun yang melewati jaringan untuk memeriksa, mengidentifikasi, dan bertindak atas aktivitas berbahaya atau tidak diinginkan, sehingga Imperva secara otomatis dapat mendeteksi lalu lintas SSL (HTTPS) saat pengunjung menjelajahi website JJF 2022.

Traffic JavaJazzFestival.com Semakin Membeludak

 

 

traffic javajazzfestival.com 27 May 2022

traffic javajazzfestival.com 28 May 2022

traffic javajazzfestival.com 29 Mei 2022
Traffic Website JavaJazzfestival.com pada 27-29 Mei 2022 (Source: Imperva)

Dengan semakin meningkatnya jumlah pengunjung pada tahun ini, Java Jazz Festival untuk keempat kalinya mempercayakan Imperva dan kembali berhasil membantu JJF 2022 mendapatkan kualitas jaringan terbaik meski dalam waktu ataupun kondisi yang tidak bisa kita prediksi.

Imperva sudah membuktikan kapabilitasnya menjadi solusi jaringan yang andal bagi festival besar seperti Java Jazz dengan service support terbaik.

Selain mampu menghindari jaringan pada beberapa critical area di Java Jazz Festival dari berbagai kendala, BPT turut menggandeng Imperva untuk mendukung keamanan jaringan dari serangan DDoS atau bot attack di website ticketing event.

Baca Juga: Perjalanan Adopsi Cloud Computing untuk Percepat Transformasi Digital di Indonesia

Seperti Apa Bot Attack yang Diatasi Imperva?

data serangan jaringan website javajazzfestival.com 
Data Serangan Jarigan Website JavaJazzfestival.com pada 27-29 Mei 2022 (Source: Imperva)

Dalam laporan pada 27–29 Mei 2022, Imperva mencatat taktik serangan DDoS yang dilancarkan semakin canggih. Salah satunya penyerang yang mulai membanjiri jaringan dengan menerapkan pola menggabungkan beberapa vektor serangan berbeda, termasuk UDP flood, SYN flood, large SYN, dan DNS amplification.

Salah satu taktik yang dijalankan yakni dengan meluncurkan serangan DNS amplification volumetric ke berbagai sumber, selain itu di saat bersamaan juga melancarkan serangan flood SYN pada port 80. Pada gelombang pertama serangan mencapai 192 Gbps dan 33 juta Mbps. Berselang beberapa menit, serangan mencapai puncaknya di 1,02 Tbps dan 155 Mbps yang terdiri dari gabungan beberapa teknik serangan.

Hanya dalam beberapa hari, Imperva kembali memitigasi serangan kedua yang tak kalah besar. Tercatat, puncak serangan DDoS kembali memakan bandwidth 858 Gbps dan 225 juta PPS. Durasi serangan kedua terhitung lebih lama, berlansung selama dua jam dan menyasar prefix jaringan secara spesifik (/24 C-Class) dengan serangan yang mencakup seluruh IP. Baik serangan pertama maupun kedua, kemungkinan besar berasal dari Tiongkok, Rusia dan USA.

Hal itu dilihat dari kombinasi vektor yang sama termasuk pada teknik serangan yang membanjiri jaringan dengan UDP-flood, SYN-flood, dan DNS amplification.

Imperva Terapkan Mitigasi Cepat dan Otomatis

 

statistik serangan jaringan javajazzfestival.com

Data Statistik Serangan Jarigan Website JavaJazzfestival.com pada 27-29 Mei 2022 (Source: Imperva)

Imperva menerapkan mitigasi cepat dan sepenuhnya otomatis sehingga hanya butuh waktu kurang dari satu detik untuk menghalau serangan DDoS. Tak hanya itu, Imperva juga menawarkan jaminan SLA 3 detik untuk apapun ukuran dan durasi serangan DDoS ke website JJF 2022.

Didukung kekuatan jaringan 47 Points of Presence (PoPs) data scrubbing di dengan kemampuan hardware dan software mumpuni, Imperva mampu memblokir trafik yang mencurigakan tanpa mengorbankan trafik legal.

Kemampuan scrubbing cerdas Imperva memungkinkan PoP bukan hanya mengetahui trafik mencurigakan, tetapi juga mengetahui skenario trafik di seluruh jaringan. Berbekal teknologi AI dan machine learning, proses mitigasi Imperva bekerja seperti halnya seorang ahli SOC yang mengotomatiskan pembuatan kebijakan keamanan untuk meningkatkan perlindungan DDoS.

Semua proses dilakukan secara otomatis dan real time, sehingga tidak perlu ada campur tangan manusia untuk pengoperasiannya. Tak hanya itu, SD-NOC Imperva juga secara otomatis membagi trafik serangan antara PoP dan saluran ISP, untuk mengoptimalkan resources sehingga bisa memberikan mitigasi terbaik sambil melindungi trafik legal pada website Java Jazz 2022.

Baca Juga: Waspada Ancaman Botnet, Cek Cara Ini untuk Proteksi Bisnis Anda

Dapatkan Perlindungan Bot Attack Dari Imperva di BPT

hasil akhir perlindungan imperva di javajazzfestival.com
Skor Perlindungan Website JavaJazzfestival.com pada 27-29 Mei 2022 (Source: Imperva)

Untuk melindungi bisnis Anda dari potensi serangan bot attack, Imperva menghadirkan solusi Advanced Bot Protection yang dilengkapi fitur keamanan lebih kuat. Berbeda dengan yang lain, berdasarkan hasil evaluasi Forrester Wave, Imperva memiliki kemampuan untuk mengikat manajemen bot ke arsitektur mereka sehingga dapat melindungi aplikasi atau web di mana pun digunakan.

Advanced Bot Protection menjadi solusi di tengah semakin kompleksnya serangan bot serta dampaknya di luar aspek keamanan dan keragaman arsitektur aplikasi. Solusi Imperva akan mempercepat deteksi bot dan respons serangan. Fitur deteksi reputasi, klasifikasi, dan lapisan ML yang dapat dianalisis secara independen atau bersama tim IT Anda akan memastikan bisnis terlindungi dari potensi serangan bot.

Dengan berhasil mengimplementasikan solusi Imperva pada sistem keamanan website dan critical area pada Java Jazz Festival 2022, BPT kembali membuktikan kemampuannya sebagai value-added distributor Imperva dan terus dipercaya oleh berbagai event besar di Indonesia.

Tertarik dengan solusi Imperva dari BPT? Segera hubungi marketing@bluepowertechnology.com.

 Writer: Ary Adianto - Content Writer CTI Group

 

//