News
Lates Post

Bagaimana Peran Edgecore Networks untuk Pendidikan? Cek di Sini

in

Perkembangan internet yang sangat cepat telah mengubah rutinitas manusia ke arah digitalisasi, khususnya pada sistem pembelajaran. Solusi Edgecore Networks untuk pendidikan dapat memberikan stabilitas jaringan internet sehinggga mampu meningkatkan efisiensi sistem pembelajaran, termasuk saat menggunakan aplikasi atau website.

Rangkaian solusi Edgecore Networks untuk pendidikan seperti Open Networking Solutions (ONS), Software Defined Network (SDN), dan Enterprise Switch akan memudahkan para siswa dan pengajar untuk mengakses berbagai sumber daya digital yang tersedia. Edgecore Networks juga memberikan dukungan secara geografis dalam meningkatkan sistem jaringan dan membudayakan wilayah tersebut.

Nah, untuk lebih jelas dengan bagaimana solusi Edgecore Networks untuk pendidikan, yuk baca selengkapnya testimoni dari sejumlah lembaga pendidikan global yang telah mengadopsi solusi ini di artikel berikut.

 

Dukungan Edgecore Networks untuk Pendidikan di Alabama

Proyek yang dimulai pada tahun 2015, berlokasi di kota Hoover, Alabama, AS memiliki tujuan utama yaitu mengurangi biaya pemeliharaan, serta memastikan struktur networks yang digunakan dapat mengikuti perkembangan untuk generasi mendatang seperti Software Defined Network (SDN). Kota ini sebelumnya telah membayar lisensi yang memiliki fungsi jauh lebih banyak daripada yang dibutuhkan, jadi bukan hanya memiliki biaya yang besar tetapi terlalu rumit untuk dikelola.

Kota ini akhirnya memutuskan untuk mengimplementasikan jaringan baru dengan menggunakan solusi Edgcore Networks untuk pendidikan dan operasi kota. Tujuannya agar mahasiswa dapat lebih leluasa dalam menggunakan open networks, sekaligus untuk melakukan akses perpustakaan atau  sistem pembelajaran di sekolah secara lebih efisien. Kota Hoover juga bisa mendapatkan keuntungan seperti fleksibilitas dan kontrol.

Solusi Teknologi yang Diimplementasi

Selama berjalannya proyek ini, kota Hoover mengadopsi delapan Switch dan satu cloud data center cadangan di Balai Kota yang dihubungkan dengan kabel optic fiber. Switch yang digunakan bertujuan untuk mendukung semua sistem informasi operasi kota, termasuk jaringan telepon, sistem keselamatan publik, dan pusat operasi darurat.

Kota Hoover telah membawa manfaat open networks ke lebih banyak pengguna di sembilan gedung dan terus bertambah, termasuk Balai Kota, pos polisi, pusat rekreasi, pemadam kebakaran, perpustakaan, dan terutama sekolah. PicOS NOS dari Pica8, sebagai salah satu operating system yang bekerja sama dengan system open network dari Edgecore Networks, terpasang di berbagai lokasi dan mendukung dua koneksi 10GbE sampai 20GbE setiap kabelnya, dengan arsitektur two layers yang lebih datar. Sehingga manajer sistem operasional dapat memperoleh kontrol yang lebih besar, serta menurunkan latensi dan meningkatkan kinerja. 

Hasil yang Didapatkan Kota Hoover

Sekarang kota Hoover memiliki jaringan modern dengan bandwidth yang telah ditingkatkan secara drastis dengan sistem kelola yang lebih mudah dan biaya sekitar 35 hingga 40 persen lebih murah dari sebelumnya. Penghematan ini sebagian besar didapatkan dari pemeliharaan software dan hardware. 

Tidak hanya itu, setelah melakukan implementasi kota Hoover telah mendapatkan beberapa benefits dari Edgcore WiFi Solutions. Beberapa di antaranya adalah:

  • Peningkatan respons waktu di seluruh area network menjadi submilidetik.
  • Penyederhanaan manajemen dan konfigurasi jaringan.
  • Kompatibel sepenuhnya dengan jaringan infrastruktur lama yang masih dapat digunakan.
  • Stabilitas open network di seluruh area.

 

Dukungan Edgecore Networks untuk Pendidikan di Taiwan

Salah satu universitas ternama di Taiwan yang menjadi institusi yang mendemonstrasikan solusi teknologi Edgecore Networks untuk pendidikan. Melalui penerapan Open Network Operating System (ONOS) SDN-IP Networks, solusi Edgecore membuktikan peningkatan waktu konvergensi dan fleksibilitas dalam manajemen network routing yang efektif dengan memanfaatkan konsep SDN.

SDN telah mempercepat jaringan internet dan cloud, sekaligus mengurangi biaya pembangunan dan operasi secara signifikan. Sehingga mahasiswa dari universitas tersebut memiliki akses open networks yang lebih efisien tanpa adanya downtime untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih efektif dan efisien.

Aplikasi Teknologi yang Digunakan

Terdapat dua model teknologi yang digunakan sebagai lapisan manajemen antara Switch dan Open Flow data yang menjadi demonstrasi universitas. Pertama, AS4610-54T 1GbE data center Switch dengan 48 GE RJ-45 ports, 4x10G SFP+ ports, dan 2 QSFP ports, bertujuan untuk manajemen Switch sebagai penghubung dan kontrol dengan PicOS. Kedua, AS5712-54X 10GbE data center Switch dengan 48 10G SFP+ ports, dan 6 x 40G QSFP+ uplink ports, bertujuan sebagai OpenFlow data Switch sebagai penghubung dan manajemen data plane dengan PicOS.

Switch Edgecore 1G berfungsi sebagai switch manajemen L2, dan switch data center 10G dirancang sebagai switch data OpenFlow (OF1, OF2, OF3, OF4), yang menghubungkan jaringan BGP AS yang sudah ada.

 

Keuntungan yang Didapatkan

Selain peningkatan jaringan internet untuk menjamin keberlangsungan proses belajar, solusi teknologi Edgecore Network untuk pendidikan juga dapat meningkatkan peraturan keamanan dalam penerapan WiFi pendidikan, di mana WLAN dapat melacak semua aktivitas jaringan secara efektif.

Kontrol Gateway Edgecore dalam melacak aktivitas akan didukung oleh laporan mekanisme seperti Log Web HTTP untuk mencatat website history pengguna. Hal ini bertujuan agar sekolah dapat dengan mudah melacak alamat jaringan internal ke eksternal Ketika aktivitas ilegal atau mencurigakan. Terakhir adalah notifikasi email secara real-timesebagai informasi downtime jaringan. 

 

BPT sebagai Distributor Edgecore Networks di Indonesia

Saatnya tingkatkan layanan jaringan dalam sistem pembelajaran mahasiswa agar lebih efisien dan efektif untuk generasi ke depan. Dapatkan teknologi Edgecore Networks untuk pendidikan dari Blue Power Technology (BPT) sebagai distributor resmi di Indonesia.

Blue Power Technology (BPT) sebagai salah satu penyedia solusi IT terpercaya di Indonesia telah bekerja sama dengan Edgecore Networks untuk membantu institusi pendidikan di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi cloud computing, cyber security, AI, dan machine learning.

BPT memiliki tim profesional dan bersertifikasi internasional yang siap membantu Anda melewati setiap proses, mulai dari konsultasi hingga dukungan after-sales untuk menjamin keamanan aplikasi dan bisnis Anda. Dapatkan solusi Edgecore Networks untuk pendidikan dari BPT sekarang dengan menghubungi kami lebih lanjut di laman berikut ini.

 

Penulis: William Wong

Content Writer CTI Group

//