News
Lates Post

Cari Tahu Alasan Mengapa Klub Olahraga Butuh Stadium WiFi

in

Pernahkah kamu kesulitan berkomunikasi saat nonton konser atau pertandingan sepak bola karena ketiadaan stadium WiFi? Padahal, stadium WiFi sangat dibutuhkan lho untuk mengakomodir kebutuhan traffic yang melonjak dan bandwidth terbatas saat ada pertandingan sepak bola atau event lain yang menggunakan stadion sebagai venue acara.

Jika kamu pernah mengalami hal tersebut, tentu pengalaman serupa tidak akan pernah terjadi saat menyaksikan pertandingan Manchester United. Kerja sama antara manajemen "Setan Merah" dengan Extreme Networks untuk menyediakan WiFi 6 memungkinkan kamu dapat terus terkoneksi tanpa kendala.

Lantas, seperti apa kerja sama antara Manchester United dan Extreme Network serta sejauh mana stadium WiFi benar-benar dibutuhkan oleh klub sepak bola? Cek penjelasan lengkapnya berikut ini.

 

Perkembangan Teknologi WiFi di Industri Olahraga

 

Ketersediaan teknologi WiFi sebagai salah satu fasilitas yang disediakan oleh klub olahraga sebenarnya bukan pertama kali terjadi. Jika menarik ke belakang, stadium WiFi telah "bersahabat" dengan industri olahraga dalam 10 tahun terakhir.

Instalasi stadium WiFi pertama kali dilakukan pada 2012 di markas klub sepakbola asal Amerika Serikat, NE Patriots. Extreme Network secara resmi untuk pertama kalinya menjadi penyedia WiFi analytics lewat kerja sama dengan kompetisi liga sepak bola AS, NFL pada 2013 dan menjadi official WiFi provider pada 2014. Di tahun yang sama, Extreme Networks juga menjadi official WiFi provider melalui kerja sama dengan Pro Football Hall of Fame (PFHOF). 

Tak melulu kerja sama dengan klub sepak bola, pada 2017 Extreme Networks melebarkan sayap deployment stadium WiFi lewat kerja sama perdana dengan klub baseball Chicago Cubs. Di tahun yang sama, kerja sama dengan SBLI berhasil memecahkan rekor stadium WiFi lewat kerja sama dengan SBLI.

Instalasi WiFi kembali diperluas untuk pertama kalinya di sektor olahraga otomotif lewat kerja sama dengan NASCAR (National Association for Stock Car Auto Racing). Ketersediaan WiFi 6 skala industri untuk pertama kalinya diperkenalkan pada 2019.

Pemecahan rekor stadium WiFi kembali dikantongi Extreme Network melalui kerja sama dengan SBLIV pada 2020. Setahun kemudian, Extreme Networks  dipercaya sebagai Official WiFi Solution provider oleh MLB, SBLV, Olympia Stadion, dan NASCAR. Melanjutkan kesuksesan keterseidaan jaringan stadium WiFi, Extreme Networks pada 2022 juga menandatangani kerja sama dengan Manchester United, SBLVI dan NHL sebagai penyedia WiFi analytics.

 

Kerja Sama Extreme Networks dan Manchester United dalam Instalasi WiFi 6 di Old Trafford

 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Extreme Networks melakukan kerja sama dengan Manchester United untuk instalasi WiFi 6 di Old Trafford di awal 2022. Sementara instalasi access point WiFi 6 oleh Extreme Network di Old Trafford dilakukan mulai akhir 2022.

Ketersediaan WiFi 6 di Old Trafford tak lain untuk mengubah pengalaman supporter saat berada di stadion melalui konektivitas yang cepat dan andal. Di sisi lain, klub juga dapat menghadirkan layanan digital berkecepatan tinggi, latensi rendah, dan aman bagi supporter, pemain, hingga official.

Kerja sama tersebut juga mencakup penyediaan analitik jaringan secara real-time yang mendorong manajemen  klub asuhan Erik ten Hag ini, untuk membuat keputusan yang lebih dipersonalisasi berdasarkan informasi pengalaman supporter dan operasional venue secara menyeluruh.

 

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Jaringan Bisnis Anda Butuh WiFi 6 dan 6E

 

Peran Extreme Analytics dalam Memberi Informasi untuk Manchester United

Tak melulu bisa menyediakan akses internet yang mumpuni bagi supporter selama menyaksikan laga Manchester United, Extreme Analytics juga akan memberikan insight berupa data bagi manajemen klub. Berikut peran Extreme Networks terkait kerja sama dengan klub yang bermarkas di kota Machester, Inggris tersebut.

Konektivitas Wireless Terbaik

Instalasi WiFi 6 oleh Extreme Networks di Old Trafford menawarkan akses yang lebih cepat dan latensi rendah sehingga dapat memberikan koneksi dengan kualitas tertinggi dan kinerja terbaik. Untuk memberikan keamanan, Extreme Networks juga menyediakan teknlogi fan-facing seperti tiket seluler dan penawaran digital lainnya.

Analitik Berbasis Cloud

Extreme juga melengkapi akses WiFi 6 dengan kemampuan analitik data dan insight seputar kinerja dan penggunaan, waktu tunggu, dan layanan berbasis lokasi secara real-time kepada support Manchester United. Dengan begitu, rival Manchester City ini dapat meninjau dan mengoptimalkan manajemen dengan mengidentifikasi kepadatan dan pola traffic di stadion sembali mendapatkan insight tentang aktivitas supporter untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dan menentukan peluang sponsor.

Tingkatkan Pengalaman di Luar Pitch 

Extreme menawarkan konektivitas WiFi berkecepatan tinggi yang khusus sesuai dengan lingkungan venue serta tingkat kepadatan, aplikasi, dan perangkat yang membutuhkan banyak bandwidth milik supporter dan official yang berada di stadion. Access Point Extreme Networks juga telah mendukung peningkatan efisiensi jaringan untuk memperkuat keamanan stadium WiFi.

Jaringan Terkelola secara Efisien

Administrator dapat memiliki akses terhadap kinerja, keamanan, dan kualitas jaringan secara real-time melalui UI ExtremeCloud IQ. Antarmuka ini dapat membantu manajemen stadiun memantau dan mengontrol kapasitas serta efisiensi WiFi, melakukan konfigurasi perangkat, pola traffic, dan analitik untuk merampingkan manajemen dan kinerja jaringan, sekaligus meningkatkan operasional IT.

 

Tanggapan Eksekutif Mengenai Implementasi Extreme Networks di Old Trafford

Sejak diinstal pada akhir 2022 lalu, kehadiran Access Point Extreme Networks mendapat sambutan positif dari manajemen klub. Chief Operating Officer Manchester United, Collette Roche mengakui jika kolaborasi antara kedua pihak merupakan sebuah langkah penting untuk Setan Merah.

"Kolaborasi kami dengan Extreme Networks adalah langkah penting dalam upaya meningkatkan dan memodernisasi pengalaman supporter di Old Trafford, sekaligus membuka peluang menarik bagi klub untuk memberikan layanan digital di hari pertandingan dan pengunjung klub sepanjang tahun," ujar Roche.

"Dengan pengalaman bekerja dengan tempat-tempat ikonik lain di seluruh dunia, Extreme akan membantu stadiun kami tetap up to date sambil mempertahankan karakter yang membuatnya unik. Ketersediaan WiFi yang cepat dan andal untuk fans yang didukung oleh analitik mutakhir dapat mengoptimalkan kinerja dan menjadi bagian penting dari proses tersebut,” lanjutnya.

Senada dengan Roche, President dan CEO Extreme Networks, Ed Meyercord juga mengungkapkan optimismenya melalui kerja sama instalasi WiFi 6 di stadion yang identik dengan julukan "Theater of Dream" tersebut.

"Kecepatan, presisi, dan performa sangat penting baik di dalam maupun di luar pitch, dan Manchester United telah berinnvesasi untuk menjadikan stadion menawarkan pengalaman menarik seperti halnya pertandingan itu sendiri. Kami antusias bekerja sama dengan salah satu klub sepak bola terbesar di dunia untuk menyediakan fasilitas teknis yang selamanya akan mengubah pengalaman supporter saat berada di Old Trafford sekaligus memberikan insight menarik bagi fans dan manajemen," imbuh Meyercord.

 

Dapatkan Solusi Stadium WiFi dari Extreme Networks di BPT

Tak sampai di Old Trafford, pengalaman ketersediaan stadium WiFi juga bisa menjadi titik balik yang memberi nilai tambah bagi supporter setia dan klub olahraga Anda. Tertarik melakukan instalasi WiFi 6 untuk stadion olahraga kesayangan Anda? 

Yuk, segera dapatkan solusi stadium WiFi dari Extreme Networks di Blue Power Technology (BPT) sebagai authorized partner. BPT didukung tim profesional dan berpengalaman akan membantu klub olahraga Anda mulai dari tahap konsultasi, deployment, management, hingga after sales-support untuk memastikan instalasi stadium WiFi berjalan baik tanpa kendala. Kunjungi laman berikut untuk info lebih lanjut.

Penulis: Ervina Anggraini

Content Writer CTI Group

//