News
Lates Post

Cek 6 Strategi Bisnis Ritel Paling Efektif di Tahun Politik 2024

in

Strategi bisnis ritel menjadi kunci utama dalam merespons tantangan yang dihadapi bisnis ritel menjelang tahun politik 2024. Di tengah ketidakpastian bisnis, memiliki strategi bisnis yang kokoh bukan hanya sebatas menjual produk, melainkan juga bagaimana bisnis dapat adaptif terhadap dinamika pasar yang berubah dan dampak politik yang mungkin memengaruhi kebijakan ekonomi.

Lalu, apa saja strategi bisnis ritel yang paling efektif untuk menghadapi ketidakpastian ekonomi yang seringkali muncul sebagai konsekuensi dari periode politik? Temukan jawabannya dalam pembahasan berikut. Selain itu, kita juga akan membahas bagaimana Extreme Networks dapat mendukung strategi bisnis ritel Anda.

 

Bagaimana Prediksi Perkembangan Bisnis Ritel di 2024? 

Menjelang tahun politik, hasil survei dari Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memberikan prediksi positif terkait pertumbuhan bisnis ritel di Indonesia, yang diperkirakan dapat mencapai 10-15 persen. Peningkatan ini disebabkan beberapa faktor seperti peningkatan konsumsi masyarakat, peningkatan jumlah pemilih yang mencapai 193,7 juta orang, serta kenaikan upah minimum sebesar 5 persen pada 2024. Tiga faktor ini secara signifikan juga turut berkontribusi pada peningkatan daya beli masyarakat.

Meskipun secara umum prospek bisnis ritel di tahun politik 2024 terlihat positif, pelaku usaha ritel perlu memperhatikan beberapa faktor lainnya. Kenaikan inflasi, kenaikan suku bunga, dan persaingan yang semakin ketat di industri menjadi faktor-faktor yang harus diantisipasi. Oleh karena itu, para pelaku usaha ritel dituntut untuk terus berinovasi guna tetap dapat bertahan dan bersaing di tengah dinamika pasar yang berubah-ubah.

 

Memahami In-Store Experience dalam Bisnis Ritel: Fakta dan Tantangan

Di tengah persaingan dengan kemajuan teknologi online, bisnis ritel dihadapkan pada tantangan untuk menjaga daya tariknya. Meskipun begitu, pengalaman berbelanja di toko fisik atau In-Store Experience tetap memiliki daya tariknya sendiri. Pengalaman ini melibatkan berbagai aspek, termasuk tampilan toko, layanan pelanggan, dan ketersediaan produk.

In-Store Experience yang berkualitas tentunya memiliki dampak besar pada keputusan pembelian konsumen. Pengalaman berbelanja yang positif cenderung meningkatkan loyalitas konsumen, membuat mereka kembali ke toko tersebut.

Secara umum, seperti yang telah disebutkan, faktor kunci yang memengaruhi In-Store Experience melibatkan aspek desain dan kebersihan toko, pelayanan pelanggan yang ramah, hingga ketersediaan produk yang dibutuhkan. Dalam dinamika bisnis ritel, memahami dan mengelola faktor-faktor ini menjadi kunci keberhasilan untuk mempertahankan daya tarik toko fisik di era digital.

 

6 Strategi Efektif Pengembangan In-Store Experience di Bisnis Ritel

Pengembangan In-Store Experience menjadi langkah strategis untuk meningkatkan daya tarik dan kepuasan pelanggan dalam bisnis ritel. Berikut adalah tips dan strategi yang dapat diterapkan oleh pelaku usaha ritel untuk meningkatkan pengalaman berbelanja di toko fisik.

1. Personalisasi Berbasis Data

Kumpulkan dan analisis data pelanggan untuk memahami preferensi dan perilaku mereka. Berikan penawaran dan diskon yang disesuaikan dengan riwayat pembelian pelanggan.

2. Pemanfaatan Teknologi

Implementasikan teknologi terkini untuk memberikan pengalaman interaktif kepada pelanggan. Gunakan aplikasi seluler yang memungkinkan pelanggan memindai produk, melihat ulasan, dan mendapatkan informasi tambahan saat berada di toko.

3. Desain Interior Menarik

Perhatikan desain interior toko untuk menciptakan atmosfer yang nyaman dan menarik. Sesuaikan pencahayaan, warna, tata letak, dan signage yang jelas untuk memandu pelanggan melalui toko.

4. Fokus pada Layanan Pelanggan

Berikan layanan pelanggan yang ramah dan responsif. Tanggapi feedback pelanggan dengan langkah perbaikan berdasarkan pengalaman mereka.

5. Inovasi dalam Pembayaran

Terapkan solusi pembayaran yang cepat dan efisien, seperti teknologi NFC atau sistem pembayaran seluler. Pertimbangkan juga penggunaan self-checkout untuk memberikan opsi pembayaran mandiri.

6. Integrasi Online dan Offline

Hubungkan pengalaman berbelanja online dengan toko fisik, misalnya melalui program click-and-collect untuk menciptakan pengalaman serba cepat dan terhubung.

Extreme Networks, sebagai perusahaan teknologi terkemuka, hadir untuk mendukung pelaku usaha ritel dalam meningkatkan In-Store Experience dan memberikan pengalaman berbelanja yang unggul bagi konsumen. Dengan fokus pada penyediaan peralatan dan layanan jaringan untuk berbagai segmen industri, termasuk ritel, solusi dari Extreme Networks membawa dampak positif pada kepuasan konsumen, loyalitas pelanggan, dan penjualan.

 

Peran Extreme Networks dalam Meningkatkan In-Store Experience

Extreme Networks menawarkan solusi jaringan yang dapat membantu meningkatkan In-Store Experience di bisnis ritel. Dengan fokus pada peningkatan konektivitas, analisis data, dan keamanan, melalui konsep "Let’s Build Smarter Store Together!" Extreme Networks menawarkan empat fitur unggulan untuk mencapai tujuan tersebut.

1. Cloud-Managed WiFi

Solusi ini memanfaatkan teknologi cloud untuk mengelola jaringan WiFi tanpa infrastruktur fisik kompleks di toko. Pengelolaan WiFi dari cloud memberikan fleksibilitas tinggi, memungkinkan konfigurasi dan pemantauan jaringan dari mana saja.

2. Analisis Data Akurat

Fitur ini memungkinkan pengumpulan dan analisis data yang akurat dari berbagai sumber, termasuk jaringan, perangkat, dan aplikasi. Data yang dianalisis membantu memahami perilaku pelanggan, personalisasi layanan, dan optimalisasi operasional toko.

3. Keamanan Data Selalu Up to Date

Menekankan pentingnya keamanan data yang terjamin dan selalu diperbarui di seluruh toko. Keamanan data canggih melindungi informasi sensitif dari ancaman siber dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan keamanan data yang berlaku.

4. Manajemen Otomatis dan Efisien

Automasi proses manajemen IT membantu mengurangi workload staf IT dan meningkatkan efisiensi operasional. Dilengkapi dengan tools monitoring canggih untuk pemantauan dan deteksi masalah secara real-time.

 

Baca Juga: Mau Nikmati Digital Entertainment Tanpa Kendala Koneksi? Cek di Sini

 

Tingkatkan Bisnis Ritel Anda bersama Extreme Networks

Perkuat eksistensi bisnis ritel anda bersama Extreme Networks dan Blue Power Technology (BPT) sebagai authorized partner. Dari infrastruktur jaringan hingga layanan inovatif, Extreme Networks menghadirkan solusi yang dapat mengoptimalkan operasional toko, menciptakan atmosfer yang nyaman, dan mendorong pertumbuhan bisnis ritel secara keseluruhan.

BPT didukung tim profesional dan berpengalaman akan membantu bisnis ritel dalam mengimplementasikan solusi canggih Extreme Networks, mulai dari tahap konsultasi, deployment, hingga after sales support. Konsultasikan kebutuhan konektivitas jaringan Anda dengan menghubungi kami di link berikut.

Penulis: Wilsa Azmalia Putri - Content Writer CTI Group

//