News
Lates Post

Cloud WAF, Cara Jitu Mid-Sized Enterprise Tangkis Hacker

in

Cloud Web Application Firewall (WAF) menjadi solusi keamanan siber ideal untuk melindungi perusahaan dari aksi serangan siber yang masif menyasar aplikasi web dengan metode kian canggih. Seperti halnya WAF tradisional, Cloud WAF merupakan tool yang didesain untuk memfilter dan memblokir traffic yang berbahaya pada jaringan.

Mengutip Cybersecuritynews, umumnya WAF dapat menjadi solusi jitu untuk mencegah serangan DDoS, phishing, ransomware, dan OWASP Top 10. Tahun ini, ketiga jenis serangan mengalami peningkatan, dengan 203 persen serangan DDoS di awal 2022, 87 persen aksi phishing menyerang perusahaan, dan lebih dari 70 persen perusahaan terkena serangan ransomware.

Fakta ini menuntut perusahaan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi serangan siber yang kian canggih dan kompleks. Lantas, apakah Cloud WAF dapat menjadi solusi jitu untuk menghalau berbagai potensi serangan siber ke depannya? Simak penjelasan lengkap mengenai Cloud WAF berikut.

Apa itu Cloud Based Web Application Firewall?

 

apa itu cloud based web application firewall

Web Application Firewall menjadi solusi yang sudah familiar karena kemampuannya memberikan perlindungan dengan memfilter traffic yang berpotensi memiliki ancaman dan aktivitas berbahaya lainnya. WAF menjadi salah satu cara paling efektif untuk melindungi web dari serangan di layer aplikasi. 

Umumnya WAF digunakan sebagai aplikasi yang berada di data center perusahaan. Seiring dengan meningkatkan kompleksitas infrastruktur IT dan ancaman serangan siber, maka perusahaan mulai bertransisi dengan beralih ke Cloud WAF.

Berbeda dengan WAF on-premise, Cloud WAF mampu melindungi dari serangan siber yang berada jauh di dalam jaringan sekaligus mengurangi traffic berbahaya. Perbedaan signifikan Cloud WAF dengan WAF on-premise yakni pada penerapannya.

Jika WAF on-premise dikelola oleh staf teknis internal yang diakses melalui koneksi LAN dan VPN saat berada di luar jaringan area lokal. Maka Cloud WAF disediakan sebagai Software as a Service (SaaS) yang diakses melalui User Interface (UI) web atau aplikasi seluler.

Cloud WAF biasanya dikelola oleh penyedia SaaS dan dapat diskalakan dengan mudah. Selain itu, Cloud WAF juga memberikan kemudahan untuk diterapkan dan diintegrasikan dengan solusi keamanan yang sudah ada dan digunakan oleh perusahaan.

Untuk itu, Cloud WAF cocok untuk bisnis skala kecil dan menengah (SMB) yang memilki tim terbatas untuk kebutuhan Security Operations Center (SOC) tetapi tetap bisa memenuhi persyaratan keamanan proteksi data.

Baca Juga: Pentingnya Cloud Security untuk Keamanan Data Infrastruktur Cloud Anda

Benefit Menggunakan Cloud WAF

Cloud WAF memberikan sejumlah keuntungan berupa fleksibilitas, kecepatan, keterukuran, hingga opsi pay-as-you-go agar mid-sized enterprise dapat melindungi pemrosesan dan transmisi informasi penting melalui aplikasi web. Selain itu, Cloud WAF juga membantu mid-sized enterprise menyederhanakan pekerjaan yang rumit sembari mematuhi peraturan terkait keamanan proteksi data.

Bukan tanpa alasan, penggunaan Cloud WAF menjadi solusi di tengah gencarnya gempuran serangan siber dengan tingkat kerusakan yang semakin parah. Mengutip Indonesian Cloud, untuk melindungi situs web secara komprehensif, WAF disebar di cloud atau De-Militarized Zone (DMZ) perusahaan.

WAF dapat menghentikan SSL untuk melakukan pemeriksaan secara mendalam terhadap traffic aplikasi di lapisan 7. WAF juga dapat mencocokkan tanda tangan hingga menganalisa perilaku aplikasi.

Cloud WAF dalam IaaS bahkan dapat digunakan sebagai tool untuk software atau virtual machine. Cloud WAF juga dapat digunakan sebagai perpanjangan CDN yang sudah ada, menyediakan WAF-as-a-Service tanpa menggunakan tambahan hardware atau software. Solusi ini disiapkan dengan mengubah data DNS agar mengarah ke layanan Cloud WAF untuk mengembalikan proxy ke properti web yang sebenarnya.

Tak sampai di situ, Cloud WAF juga dapat melakukan deteksi tingkat lanjut untuk melindungi dari serangan siber skala masif, termasuk OWASP Top 10. Cloud WAF dapat melindungi dari serangan yang melewati firewall tradisional seperti serangan SQL yang memanipulasi input data dan serangan Cross-Site Scripting (XSS) yang menyuntikkan skrip berbahaya.

Imperva Menghadirkan Cloud WAF untuk Mid-Sized Enterprise

imperva cloud waf untuk mid-sized enterprise

Untuk memastikan perusahaan Anda memiliki kemampuan perlindungan dari berbagai aksi serangan siber, Imperva menghadirkan solusi Cloud WAF bagi pelaku mid-sized enterprise. Layanan Cloud WAF Imperva memastikan mid-sized enterprise dapat mencapai kepatuhan PCI secara efektif, meningkatkan kinerja situs web, sekaligus melindungi dari serangan aplikasi web.

Meningkatnya aksi serangan yang menyasar mid-sized enterprise mendorong ketersediaan perlindungan secara menyeluruh. Cloud WAF Imperva bekerja dengan melakukan pemantauan, penyetelan, pelaporan, dan respons terhadap insiden keamanan siber sepanjang waktu.

Mendapat pengakuan Gartner Magic Quadrant sebagai pemimpin WAF selama tujuh kali seacara beruntut, Imperva memastikan mid-sized enterprise mendapat perlindungan aktif dengan solusi yang mudah digunakan dan diskalakan.

Imperva memastikan mid-sized enterprise mendapatkan perlindungan berkelanjutan tanpa memengaruhi proses pengembangan web tanpa memberatkan biaya konsultasi. Dengan memanfaatkan teknologi uniknya, Imperva Cloud WAF akan melindungi dari ancaman yang muncul termasuk SQL Injection, Cross-site Scripting (XSS), akses ilegal ke resource bisnis, bot berbahaya, OWASP Top 10, dan ancaman lain.

Memanfaatkan model pengiriman SaaS, Imperva Cloud WAF menyediakan tingkat keamanan situs web tertinggi tanpa merogoh investasi resource yang besar. Imperva Cloud WAF tersedia berkat perubahan sederhana pada pengaturan DNS situs web sehingga pebisnis mid-sized enterprise tidak memerlukan hardware, software, atau perubahan pada situs web yang ada. Kemudahan ini memungkinkan mid-sized enterprise untuk mulai meningkatkan keamanan web hanya dalam hitungan menit sambil mempertahankan ketersediaan infrastruktur hosting yang sudah ada.

Imperva memastikan aset penting milik mid-sized enterprise selalu terlindungi dari berbagai upaya peretasan lapisan keamanan. Sebagai komponen utama Imperva Application Security, Cloud WAF akan mengurangi risiko serangan siber sekaligus memberikan pengalaman yang optimal agar mid-sized enterprise dapat meningkatkan efisiensi SOC.

Di sisi lain, Imperva juga dapat meningkatkan kinerja situs web dengan melakukan caching berbasis cloud yang dapat memangkas waktu loading web, beban kerja server, dan konsusmi bandwidth web. Imperva Cloud WAF tersedia untuk mid-sized enterprise mulai dari 20Mbps dan sudah termasuk layanan keamanan terkelola.

Dapatkan Solusi Pendukung Cloud Web Application Firewall di BPT

Pastikan keamanan aplikasi web bisnis mid-sized enterprise Anda dari berbagai ancaman serangan siber dengan solusi Imperva Cloud WAF. Blue Power Technology (BPT) sebagai authorized partner Imperva akan membantu mid-sized enterprise mendapatkan perlindungan optimal dari berbagai potensi cyber-attack.

Didukung tim IT yang berpengalaman, bersertifikat, dan profesional, BPT akan membantu mid-sized enterprise mulai dari proses sebelum hingga setelah solusi diterapkan. Pelajari lebih lanjut bagaimana Imperva mampu melindungi bisnis Anda dengan menghubungi kami melalui link berikut.

Penulis: Ervina Anggraini - Content Writer CTI Group
//