//
News
Lates Post

Forrester Tunjuk Alibaba Cloud Sebagai Pemimpin Platform Function as a Service

in

Alibaba Cloud resmi dinobatkan sebagai pemimpin di platform Function-as-a-Service (FaaS) pada kuartal pertama 2021 oleh Forrester Wave. Pada laporannya yang bertajuk Forrester Wave: Function-as-a-Service Platforms, Q1 2021, Forrester mengklaim platform FaaS milik Alibaba Cloud mampu memberikan kalangan developer cara mudah untuk membangun layanan mikro cloud-native dengan memisahkan kerumitan mengelola dan mengukur cluster kontainer atau virtual machine.

Laporan lebih lanjut mengungkap, Alibaba Cloud dipilih di antara sembilan perusahaan teknologi berkelas global yang telah dinilai Forrester. Dari tiga kategori Current Offering, Strategy, dan Market Presence, produk Function Compute Alibaba Cloud mendapatkan skor tertinggi, yakni 4,56 dari 5 pada kategori Current Offering serta 4,5 dari 5 pada kategori Strategy. Produk tersebut menyediakan platform untuk pelanggan di mana mereka dapat melakukan coding aplikasi tanpa harus mengelola infrastruktur dasar.

Function Compute juga mengantongi skor tertinggi di 29 kriteria yang ada, termasuk programming model, support for specialised workloads, FaaS vision, execution roadmap, practitioner engagement strategy, pricing strategy, dan geographic distribution and customers. Produk ini juga mencetak skor teratas dalam kriteria security features dan runtime execution.

Baca Juga: 5 Tren Cloud Computing yang Bakal Melejit di 2021

Keunggulan Alibaba Cloud Function Compute

Secara garis beras, Alibaba Cloud Function Compute adalah layanan komputasi yang memungkinkan penggunanya menulis dan meng-upload code tanpa harus repot mengelola infrastruktur seperti server. Function Compute menyediakan compute resource agar mereka bisa menjalankan code dengan mudah dan fleksibel.

Keunggulan tersebut membuat Forrester memandang Function Compute sebagai pemimpin di pasar FaaS, khususnya bagi klien yang ingin mencari platform untuk memproses video-heavy workload atau memanfaatkan fungsi konkurensi yang didukung model container-centric.

Feedback pengguna Function Compute juga menjadi salah satu pertimbangan Forrester, yang mana mengungkap bahwa mereka sangat puas dengan performanya karena mampu mengukur hingga puluhan ribu instances hanya dalam hitungan menit.

Baca Juga: Konektivitas Terjamin saat e-Learning dengan Alibaba Cloud

Komitmen Alibaba Cloud dalam Mengembangkan FaaS

President Alibaba Cloud Intelligence Jeff Zhang mengatakan bahwa pihaknya percaya, lewat Function Compute, ditunjuknya Alibaba Cloud sebagai pemimpin di FaaS menandakan komitmen mereka untuk terus mengembangkan layanan FaaS dan memberdayakan pelanggan.
 
“Selama beberapa tahun terakhir, Alibaba Cloud telah mengekspansi platform-nya untuk mendukung standar dan fungsi open-source sebagaimana pada workload content-centric, khususnya yang mengandalkan pada performa video,” ujar Jeff.

“Upaya ini akhirnya mendapatkan pengakuan dari pelanggan kami, termasuk lembaga consulting berkelas global seperti Forrester, yang mana mendorong kami untuk terus berinovasi,” lanjutnya.

Alibaba Cloud Function Compute pertama kali dirilis pada 2017. Sejak saat itu, Function Compute telah diintegrasikan ke 30 layanan cloud yang membantu developer membangun aplikasi online dan mini program secara stabil, cepat, dan mendukung berbagai bahasa coding. Kini, Function Compute tersedia di 10 wilayah dengan 21 availability zones.

Untuk informasi lebih lengkap terkait laporan Forrester Wave: Function-as-a-Service Platforms, Q1 2021, silakan kunjungi tautan berikut ini.

Dapatkan Alibaba Cloud dari BPT

Sudah bukan rahasia jika cloud computing akan menjadi tren yang terus berkembang di masa mendatang. Untuk bisa mengadopsinya secara optimal, dapatkan solusi Alibaba Cloud langsung dari Blue Power Technology (BPT). Sebagai Alibaba Cloud Official Local Partner, BPT berkomitmen untuk membantu pelanggan menanggapi tantangan dari risiko keamanan infrastruktur IT, perubahan regulasi, permintaan pelanggan yang dinamis untuk inovasi produk dan layanan, serta menjadi mitra berkompeten dalam membantu proses transformasi digital bisnis dengan biaya yang efektif.

BPT akan senantiasa membantu bisnis dalam mendapatkan solusi IT dengan skalabilitas, keandalan, dan keamanan data yang terbaik. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di cloudxtream@bluepowertechnology.com

//