//
News
Lates Post

Hyperconverged Infrastructure, Solusi Terdepan Transformasi Digital Infrastruktur IT

in

Hyperconverged Infrastructure (HCI) hadir sebagai solusi yang mengubah cara perusahaan membangun dan mengelola data center mereka di era digital. Sebagai sentralisasi IT resource and management, HCI dapat membantu perusahaan mengatasi kerumitan infrastruktur IT dengan satu platform mudah dan berbiaya rendah.

Penerapan teknologi HCI menjadi solusi ideal bagi perusahaan yang ingin mempermudah segala urusan infrastruktur IT, apalagi dengan besarnya potensinya. Selengkapnya, simak artikel berikut untuk memahami lebih dalam apa itu HCI dan temukan solusi HCI yang tepat untuk bisnis Anda.

 

Apa itu Hyperconverged Infrastructure?

Hyperconverged Infrastructure (HCI) adalah sebuah framework IT yang menggabungkan komputasi, storage, dan networking ke dalam platform tunggal dengan tujuan untuk lebih mudah dikelola. Konsep HCI bertujuan menyederhanakan dan mengoptimalkan implementasi infrastruktur IT dengan menggabungkan semua komponen ini menjadi satu entitas terintegrasi.

Dalam sistem HCI, seluruh komponen dikelola dan dikonfigurasikan lewat satu interface sehingga lebih mudah diatur. HCI sering diterapkan dalam lingkungan private cloud dan menjadi pilihan yang lebih terjangkau serta mudah ketimbang infrastruktur IT tradisional.

Melalui solusi integrasi yang kuat, tak ayal HCI menjadi pilihan populer bagi perusahaan yang ingin melakukan transformasi hybrid, multi-cloud, atau mengadopsi edge computing. HCI memungkinkan perusahaan mengoptimalkan kinerja, efisiensi, dan fleksibilitas infrastruktur IT mereka sambil menjaga kontrol di lingkungan cloud.

 

Manfaat Hyperconverged Infrastructure

HCI mentransformasikan model operasional IT tradisional ke dalam satu sistem sederhana dan terpadu dengan manfaat sebagai berikut.

 

1. Tingkatkan Efisiensi

Hilangkan proses manual dan kurangi kebutuhan terhadap jumlah personel untuk tim operasional. Dengan HCI, hanya butuh satu tim untuk memonitor dan mengelola infrastruktur IT.  Selain itu, tim IT juga dapat efektif mengatur storage yang dibutuhkan, termasuk kapasitas, serta pembagian workload untuk tingkatkan efisiensi.

 

2. Hemat Biaya

Kurangi pengeluaran biaya atau capital expenditure (CAPEX) terhadap infrastruktur jaringan yang mahal. HCI memungkinkan penggunaan arsitektur yang skalabilitasnya bisa disesuaikan dengan keperluan, sehingga pengeluaran infrastruktur IT akan berkurang.

 

3. Skalabilitas Mudah

HCI menambah node lebih banyak ke dalam storage, sehingga ketika upgrade dibutuhkan, HCI dapat melakukan scale up secara cepat. Dengan demikian, segala jenis perubahan dan upgrade akan lebih mudah dilakukan.

Melalui kemudahan skalabilitas ini, HCI menghadirkan infarastruktur terpadu yang mendukung aplikasi penting perusahaan dalam mengatasi tantangan dan kebutuhan beragam dari dunia bisnis yang terus berkembang.

 

Peran Hyperconverged Infrastructure dalam Modernisasi Data Center                                                                      

Infrastruktur IT dalam data center merupakan fondasi utama untuk menunjang aktivitas bisnis. Namun demikian, masih banyak perusahaan dengan infrastruktur data center yang silo, yang mana server, storagenetwork, dan virtualisasi berjalan sendiri-sendiri atau tidak terintegrasi.

Kompleksitas pun bertambah dan sulit untuk memenuhi tuntutan aplikasi perusahaan yang berkembang atau laju bisnis modern secara cepat. HCI membantu bisnis mengatasi kesulitan tersebut dengan menghilangkan kebutuhan akan infrastruktur terpisah dan mengurangi kompleksitas manajemen. Ini memungkinkan tim IT mengelola dan mengontrol seluruh infrastruktur dengan lebih efisien.

Dalam HCI, semua komponen terintegrasi secara langsung, mengurangi latensi dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan. HCI juga menggunakan teknologi seperti deduplikasi dan kompresi data untuk mengoptimalkan penggunaan storage dan mempercepat akses data.

Selain itu, di infrastruktur tradisional masih terdapat celah keamanan antara server, storage, dan networking yang terpisah. Akan tetapi di HCI, semua komponen terintegrasi dalam satu platform terpusat, sehingga meminimalkan risiko keamanan dan memudahkan implementasi kebijakan keamanan yang konsisten.

 

Hyperconverged Infrastructure Optimalkan Adopsi Edge Computing

Edge computing dan hyperconverged infrastructure merupakan dua konsep berbeda namun saling terkait dalam konteks infrastruktur IT. Edge computing adalah pendekatan dalam komputasi yang memproses dan menyimpan data secara terdistribusi di dekat sumber data, seperti perangkat IoT, sensor, atau mobile device.

Edge computing berfungsi untuk mengatasi tantangan dari banyaknya device terhubung dan volume data tinggi dengan memberikan kecepatan, keamanan, privasi, dan efisiensi. Untuk mengimplementasikan edge computing dengan maksimal, konsep ini dapat diintegrasikan dengan HCI. Dalam konteks ini, HCI dapat digunakan untuk menyediakan infrastruktur yang diperlukan untuk memproses dan menyimpan data di network edge.

 

Melalui integrasi keduanya, perusahaan dapat memanfaatkan kecepatan, keamanan, privasi, dan efisiensi yang ditawarkan oleh edge computing, sambil tetap memiliki infrastruktur yang terkelola. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan solusi HCI dari Lenovo dan VMWare yang akan membantu tingkatkan infrastruktur IT bisnis tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

 

Baca Juga: Bagaimana Solusi Hyperconverged Infrastructure Permudah Kelola Infrastruktur IT Anda?

 

Solusi Mudah Transformasi Digital dengan Hyperconverged Infrastructure Lenovo dan VMWare

Hypercornverged Infrastructure Lenovo dan VMWare adalah solusi yang menggabungkan hardware dan software untuk permudah pengelolaan dan operasional infrastruktur IT yang terintegrasi dan terpusat.

Dalam solusi ini, hardware Lenovo digunakan sebagai platform fisik untuk menjalankan software VMWare vSphere, yang merupakan platform virtualisasi kuat. Dengan menggunakan HCI Lenovo dan VMWare, perusahaan dapat mengonsolidasikan server fisik menjadi Virtual Machine yang berjalan di atas platform virtualisasi VMWare, sehingga penggunaan sumber daya bisa lebih efisien.

Solusi HCI Lenovo dan VMWare juga menyediakan fitur-fitur seperti manajemen sentral, replikasi data, dan disaster recovery yang terintegrasi. Ini memungkinkan perusahaan mengelola dan melindungi data mereka dengan lebih baik sekaligus memastikan ketersediaan aplikasi.

HCI Lenovo dan VMWare menawarkan beberapa keunggulan yang dapat membantu bisnis memperoleh efisiensi dan kelincahan dalam mengelola infrastruktur IT sebagai berikut.

 

Modernisasi Workload

Melalui modernisasi infrastruktur IT dengan Lenovo ThinkAgile VX HCI didukung VMware vSAN, hadirkan platform yang scalable untuk mendukung developing aplikasi modern. Perusahaan dapat mengoptimalkan investasi, mengurangi biaya, dan menghemat waktu operasional infrastruktur HCI mereka.

 

Sederhanakan Operasi IT dengan ThinkAgile VX

Terintegrasi dengan VMware vSAN untuk mudahkan proses deployment hingga akhir. Lenovo Services juga akan bantu Anda mengonfigurasi dan menjalankan solusi HCI menjadi lebih produktif setiap jamnya.

 

Platform Andal dan Berkinerja Tinggi

ThinkAgile VX tersedia dalam beberapa model yang telah dikonfigurasikan, diuji, dan dioptimalkan untuk menghadirkan lingkungan HCI VMware baru secara online. Jika sebelumnya Anda telah memiliki lingkungan VMware, maka ThinkAgile VX dapat diintegrasikan dengan mudah.

 

Penawaran Lengkap

Data aplikasi dari ThinkAgile VX dapat di-backup dengan Veeam Availability Suite. Veeam bekerja sama dengan Microsoft Windows dan Linux untuk hadirkan backup dan recovery komprehensif untuk semua workload, mulai dari virtual, fisik, dan cloud, dengan satu manajemen konsol.

 

Model IaaS

Semua sistem ThinkAgile VX Series tersedia dalam bentuk IaaS dengan Lenovo TruScale. Hal ini menawarkan kemudahan dan fleksibilitas cloud di lingkungan on premises. TruScale juga memudahkan pengadaan, deployment, dan pengelolaan infrastruktur IT modern, memberikan Anda fleksibilitas, keamanan, dan kontrol untuk tingkatkan kinerja serta mendorong pertumbuhan bisnis.

 

Dapatkan Solusi Hyperconverged Infrastructure dari Lenovo dan VMWare di BPT

Saatnya upgrade dan modernisasi infrastruktur IT bisnis Anda dengan solusi Lenovo ThinkAgile VX HCI didukung VMware vSAN dari Lenovo dan VMWare. BPT sebagai authorized partner Lenovo akan membantu Anda menghindari trial and error mulai dari tahap konsultasi, deployment, maintenance, hingga dukungan after sales.

Didukung tim profesional IT berpengalaman dan tersertifikasi, BPT akan membantu Anda melewati semua proses adopsi solusi HCI untuk memastikan infrastruktur IT Anda berjalan dengan baik. Tertarik dengan solusi Hyperconverged Infrastructure dari Lenovo dan VMWare? Hubungi kami dengan klik link berikut.

 

Penulis: Wilsa Azmalia Putri

Content Writer CTI Group

//