//
News
Lates Post

Imperva Diakui sebagai Leader untuk WAAP oleh Gartner Magic Quadrant

in

Gartner Magic Quadrant 2022 menempatkan Imperva sebagai Leader untuk kategori Web Application and API Protection (WAAP). Pengakuan ini sekaligus membuktikan komitmen dan kemampuan Imperva untuk memberikan perlindungan aplikasi secara komprehensif dalam satu solusi.

Seperti diketahui, aplikasi dan API dapat menjadi salah satu sumber yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan siber dan jaringan bot. Dalam risetnya, Gartner memprediksi pada 2026 sekitar 40 persen perusahaan makan memilih penyedia WAAP berdasarkan kemampuannya dalam memberikan perlindungan API dan fitur keamanan aplikasi web yang canggih.

Di tahun tersebut, Gartner juga memperkirakan bahwa perusahaan dengan aplikasi yang langsung berhadapan dengan konsumen yang semula hanya mengandalkan WAAP untuk mitigasi bot, akan mencari teknologi untuk mendeteksi anomali tambahan demi menghadapi ancaman yang  semakin maju dan berkembang. Cek selengkapnya bagaimana solusi WAAP Imperva memberikan perlindungan aplikasi hingga berhasil mengantongi pengakuan dari Gartner Magic Quadrant.

Apa itu Gartner Magic Quadrant?

Gartner Magic Quadrant merupakan matriks atau kuadran yang menunjukkan tren pasar, khususnya di bidang IT. Kuadran ini menunjukkan kondisi dan perkembangan pasar IT yang kerap digunakan sebagai acuan untuk menentukan strategi dan perencanaan pengembangan produk.

Gartner Magic Quadrant menyajikan informasi yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam perencanaan strategi bisnis oleh perusahaan teknologi, investor, hingga pemerintah sebagai pembuat kebijakan. Berbekal informasi yang disajikan oleh Gartner Magic Quadrant, pelaku bisnis di seluruh dunia dapat memetakan hingga memperediksi tren dan kondisi teknologi ke depannya.

Data yang disajikan dalam Gartner Magic Quadrant diperoleh dari hasil riset terhadap perusahaan di bidang IT di seluruh dunia. Data-data kualitatif yang terkumpul kemudian diolah dan dihasilkan dalam bentuk laporan. Gartner Magic Quadrant memberikan penilaian vendor melalui empat rating untuk mengelompokkan status mereka.

Kuadran pertama yakni Niche Player yang merupakan tingkatan terendah dalam hasil analisis Gartner Magic Quadrant. Vendor yang berada di kuadran ini umumnya hanya penyedia layanan untuk segmen tertentu secara terbatas dan masih dalam tahap menyesuaikan produk mereka dengan kebutuhan pasar.

Di tingkat kedua ada kuadran Visionaries yang berisi vendor yang sudah bisa memberikan inovasi produk untuk digunakan oleh perusahaan tingkat dunia. Umumnya, vendor yang berada di kuadran ini merupakan perusahaan perorangan yang belum terbukti mumpuni dalam memenuhi kebutuhan pasar secara berkelanjutan.

Kemudian di kuadran Challengers, berisi vendor yang siap menantang para vendor di kuadran Leaders yang mengatongi rating teratas. Vendor di kuadran ini memiliki produk berkualitas dan merupakan perusahaan yang mumpuni untuk terus tumbuh secara bisnis. Selain bisa menunjukkan kualitas bisnis di pasar, vendor di kuadran ini juga bisa menjadi ancaman bagi vendor di kuadran Leaders.

Terakhir, kuadran Leaders sebagai tingkat tertinggi dalam Gartner Magic Quadrant. Vendor di kuadran ini menawarkan produk dengan inovasi dan infrastruktur yang dapat diandalkan dan dibutuhkan konsumen. Dibandingkan vendor di kuadran Challengers, vendor dalam kuadran Leaders memiliki skala perusahaan lebih besar dan cukup berpengaruh.

Baca Juga: Pentingnya Cloud Security untuk Keamanan Data Infrastruktur Cloud Anda

Imperva Berhasil Menjadi Leader pada Gartner Magic Quadrant untuk Web Application and API Protection

Gartner Magic Quadrant Imperva Leader

Sumber: Gartner

Imperva memiliki sejarah panjang dalam keamanan aplikasi dan terkenal lewat kemampuannya menyediakan fitur canggih dalam bentuk WAAP. Kemampuan inilah yang mendorong Imperva diakui sebagai Leader oleh Gartner Magic Quadrant untuk Web Application and API Protection (WAAP).

Imperva WAF adalah vendor layanan WAAP yang merupakan bagian dari portofolio Imperva Anywhere yang mencakup gateway WAAP (Web Application Firewall Gateway), keamanan database (Imperva Data Security), dan layanan keamanan lainnya, termasuk keamanan DNS dan Runtime Application Self-Protection (RASP). Tahun lalu, Imperva menghadirkan serangkaian perubahan terkait peningkatan fitur CDN dan caching Imperva yang merupakan dukungan untuk HSM eksternal dan berbagai peningkatan pada layanan perlindungan bot tingkat lanjut.

Solusi WAAP dari Imperva mampu memberikan stabilitas dan peningkatan bertahap dari UI dan kontrol keamanan ekstra hingga hasil feedback intelijen ancaman. Untuk memberikan analisis peristiwa secara komprehensif, Imperva menyertakan pendekatan Machine Learning sebagai upaya mitigasi bot dan agregasi peristiwa dalam bentuk rangkaian proses manajemen dan respons insiden.

Rangkaian solusi Imperva meliputi Web Application Firewall (WAF), DIstributed Denial-of-Sevice (DDoS), dan Protection Bot Management API. Imperva memastikan untuk memberikan mitigasi atas ancaman serangan melalui produk yang mumpuni, kemampuan analitik, deteksi untuk account takeover, dan portofilo aplikasi keamanan yang sesuai dengan kebutuhan consumer.

Modul perlindungan pengambilalihan akun Imperva mencakup sejumlah fitur, seperti deteksi kredensial untuk menentukan adanya penjahat yang gagal login. Strategi Imperva Anywhere memungkinkan tim keamanan mengelola WAAP secara terpusat dalam berbagai bentuk dan pendekatan keamanan aplikasi seperti RASP dan keamanan database.

Mengingat strategi produk yang konsisten, Gartner kemudian menempatkan Imperva sebagai Leader untuk WAAP. Penawaran WAAP Imperva dapat digunakan sebagai proxy di Envoy untuk mendukung keamanan atas kasus pelanggaran keamanan.

Selama beberapa tahun terakhir, kepemimpinan Imperva telah mengalami perbahan signifikan, khususnya di bidang distribusi dan sales. Kendati demikian, strategi produk yang konsisten tak mempengaruhi penilaian Gartner terkait kemampuan Imperva dalam mengeksekusi masalah yang dihadapi konsumen.

Dapatkan Solusi WAAP dari Imperva di BPT

Dapatkan solusi Web Application and API Protection Platform (WAAP) dari authorized advanced partner Imperva di Indonesia, yakni Blue Power Technology (BPT). Dengan didukung tim IT profesional, berpengalaman, dan bersertifikat, BPT akan membantu Anda melalui setiap tahapan implementasi, mulai dari tahap konsultasi, deployment, management, hingga dukungan after sales untuk memastikan Anda terhindar dari trial and error.

Mau tahu lebih jauh bagaimana performa solusi WAAP dari Imperva? Hubungi tim kami melalui marketing@bluepowertechnology.com untuk info lebih lanjut.

Penulis: Ervina Anggraini

Content Writer CTI Group

//