News
Lates Post

Implementasi Zero Trust Network Access, Panduan Lengkap dari Perimeter ke Keamanan Akses

in

Zero Trust Network Access (ZTNA) adalah solusi keamanan IT yang memungkinkan akses jarak jauh yang aman ke aplikasi, data, dan layanan perusahaan berdasarkan kebijakan kontrol akses yang telah ditetapkan. Meski sekilas sama, ZTNA berbeda dengan Virtual Private Network (VPN).

Jika VPN memberikan akses ke seluruh jaringan, ZTNA memberikan akses hanya ke layanan atau aplikasi tertentu. Seiring dengan lonjakan pengguna yang mengakses sumber daya secara remote, solusi ZTNA menjadi krusial untuk mengatasi kesenjangan dalam teknologi dan metode akses yang aman.

Menurut Gartner lebih dari 90 persen perusahaan telah mengadopsi ZTNA sebagai  layanan. Namun, pertanyaannya, apakah ada solusi ZTNA yang sesuai untuk menjamin akses yang aman bagi perusahaan Anda? Untuk jawabannya, simak ulasan lengkap di bawah ini.

 

Perkenalkan ExtremeCloud Universal ZTNA

Extreme Networks memperkenalkan solusi Zero Trust Network Access (ZTNA) yakni ExtremeCloud Universal ZTNA berbasis cloud yang menawarkan kontrol akses terhadap jaringan, Access Point, dan keamanan switch tanpa hambatan dan kebijakan keamanan secara konsisten. ExtremeCloud Universal ZTNA merupakan layanan akses jaringan paling simple dan terlengkap di industri yang dapat mengintegrasikan keamanan jaringan, aplikasi, dan akses perangkat dalam satu solusi.

ExtremeCloud Universal ZTNA didukung dengan kemampuan untuk melakukan monitoring, visualisasi, dan pelaporan secara terpadu yang dapat memangkas kerumitan saat mengelola dan mengamankan akses pengguna di seluruh area kampus, kantor cabang, hingga di area terpencil. Solusi ExtremeCloud Universal ZTNA akan tersedia untuk publik pada awal 2024 nanti.

 

Dampak Universal Zero Trust Network Access dalam Industri

Penggunaan solusi Universal ZTNA memastikan perusahaan dapat lebih terdistribusi untuk mengatasi berbagai tantangan terkait ancaman siber yang semakin canggih. Solusi Universal ZTNA dari Extreme memastikan perusahaan memiliki lapisan akses keamanan yang mudah dikelola dan mencakup area di mana pun pengguna terhubung ke jaringan.

Kemampuan ini memungkinkan operasional jaringan yang aman, lebih hemat biaya, dan dukungan lebih baik untuk perangkat IoT, seperti perangkat medis di seluruh area rumah sakit, karyawan yang bekerja seara remote untuk mengakses aplikasi kerja, hinggga pengajar yang berinteraksi dalam kelas online.

Universal ZTNA menjadi titik eksekusi tambahan terhadap strategi One Network, One Cloud Extreme yang secara signifikan dapat mengurangi biaya dan kompleksitas jaringan perusahaan.

 

Keuntungan Menggunakan Universal ZTNA

Berikut beberapa keuntungan yang akan diperoleh oleh perusahaan saat menggunakan solusi ExtremeCloud Universal ZTNA.

Tingkatkan Keamanan di Seluruh Perusahaan

Bisnis dapat lebih mudah menetapkan dan menjaga kebijakan keamanan secara konsisten di seluruh jaringan dengan satu solusi untuk mengelola dan menerapkan kebijakan zero trust ke semua user. Tim IT dapat lebih mudah membuat kebijakan untuk menetapkan akses bagi pengguna, memperluas akses keamanan untuk tamu, serta menyiapkan dan mencabut akses untuk perangkat IoT tepercaya. Traffic remote dapat berjalan dengan aman ke cloud, tingkatkan kinerja bagi pengugna remote, dan kurangi ketergantungan pada solusi seperti VPN.

Kurangi Biaya dan Tingkatkan Efisiensi Operasional

Sebagai alternatif yang kompetitif terhadap skema berlangganan dari ExtremeCloud, Universal ZTNA menyajikan solusi yang memerlukan lisensi, mengurangi biaya, dan meningkatkan efisiensi operasional. Solusi ini disesuaikan dengan jumlah pengguna di seluruh jaringan dan dapat diadaptasi sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Keunggulan Universal ZTNA tidak hanya terletak pada fleksibilitas lisensi, tetapi juga pada kemampuannya mengurangi ketergantungan terhadap platform identitas. Dengan menyediakan Authentication Dial-In User Service (RADIUS)-as-a-Service, Universal ZTNA membawa efisiensi dalam otentikasi pengguna.

Melalui integrasi dengan layanan seperti Google Workspace, Azure AD, dan solusi MDM seperti MS Intune, Universal ZTNA memberikan cara otomatis bagi tim IT untuk mengonfigurasi dan mengamankan perangkat. Ini tidak hanya memfasilitasi autentikasi, tetapi juga memberikan informasi kesehatan perangkat secara rinci.

Kurangi Gesekan Terkait Solusi Pengelolaan

Universal ZTNA memungkinkan tim IT untuk mengelola jaringan pengguna dan akses aplikasi secara remote, termasuk akses tamu dan perangkat IoT hanya melalui satu solusi. Solusi berbasis cloud ini juga dapat di-deploy lebih cepat dalam waktu kurang dari satu hari. Konfigurasi dan orientasi otomatis untuk semua Universal Platform Extreme dapat mempercepat tim untuk menambahkan dan menyiapkan perangkat jaringan dan akses pengguna secara instan untuk memperkuat keamanan dalam penerapan zero trust ke semua perangkat di seluruh jaringan.

 

Baca Juga: Mau Nikmati Digital Entertainment Tanpa Kendala Koneksi? Cek di Sini

 

Aplikasi Universal ZTNA dalam Berbagai Lingkungan

Meningkatnya kerentanan dan pertumbuhan perangkat IoT tentu membutuhkan tingkat keamanan tinggi. Terlebih ketika bisnis, pengguna, dan perangkat yang terhubung ke jaringan perusahaan sangat bergantung pada aplikasi yang dapat di-hosting di mana saja.

Universal ZTNA menjadi solusi sederhana untuk mengendalikan akses jaringan yang menggunakan prinsip zero trust untuk memastikan kebutuhan keamanan jaringan perusahaan terpenuhi.

Selain itu, solusi tunggal Universal ZTNA yang terintegrasi dengan semua Platform Universal Extreme hadir sebagai layanan intuitif yang sangat hemat biaya. Hal ini menjadi landasan untuk aplikasi keamanan di lingkungan dan industri mana pun, demi memastikan pengguna dapat mengakses aplikasi apa pun dengan aman dari perangkat apa pun dan di lokasi mana pun.

 

BPT sebagai Value Added Distributor Extreme Networks di Indonesia

Pastikan keamanan akses ke aplikasi, data, dan layanan perusahaan saat diakses dari jarak jauh dengan solusi ExtremeCloud Universal ZTNA dari Extreme Networks. Dapatkan solusi Universal ZTNA di Blue Power Technology (BPT) sebagai authorized partner Extreme Networks.

BPT didukung tim profesional dan berpengalaman akan membantu bisnis digital dan industri dalam mengimplementasikan solusi canggih ExtremeCloud Universal ZTNA, mulai dari tahap konsultasi, deployment, hingga dukungan after sales. Konsultasikan kebutuhan Zero Trust Network Access (ZTNA) jaringan bisnis Anda dengan menghubungi kami di link ini.

Ervina Anggraini - Content Writer CTI Group

 

//