News
Lates Post

Ini 3 Manfaat Cloud Computing untuk Perusahaan Anda

in

Cloud computing sangat penting untuk keberlangsungan bisnis di era digital, di mana ancaman cyberattacksmengintai bisnis hingga dapat menyebabkan hilangnya data sensitif. Manfaat cloud computing bagi perusahaan salah satunya untuk mempermudah operasional perusahaan agar lebih agile, future-proof, dan berpotensi menghemat budget. 

Menurut Cloud Computing Indonesia pada 2021, sekitar 50 persen UMKM mengalami kenaikan pendapatan sebesar 20 persen setelah implementasi cloud. Hal ini diprediksikan dapat meningkatkan PBD Indonesia sekitar US$10,7 miliar dalam 5 tahun mendatang. 

Oleh karena itu, setiap perusahaan dapat menggunakan cloud computing sebagai tools untuk mencegah skenario terburuk. Lantas, apa itu cloud computing? Apa saja manfaat cloud computing sehingga penting bagi kelangsungan bisnis di era digital? Lengkapnya, simak artikel berikut.  

 

Bagaimana Cloud Computing Membantu Perkembangan Bisnis?

 

Cloud computing membuat operasional bisnis Anda lebih efektif karena tidak perlu membangun server fisik. Semuanya sudah diatur oleh sistem aplikasi, sehingga hal ini mengurangi pengeluaran awal perusahaan Anda. Selain itu, teknologi ini juga memudahkan tim IT perusahaan Anda untuk konfigurasi sistem perusahaan dengan adanya menu dan berbagai fitur. 

Akan tetapi, dengan banyaknya platform cloud computing yang ada, Anda dituntut untuk selektif memilih layanan dengan pengalaman tim IT yang profesional dan andal, sehingga tepat dan bisa dipercaya. 

Oleh sebab itu, DigitalOcean dapat menjadi solusi cloud computing tepat dan populer dalam beberapa tahun terakhir. DigitalOcean menghadirkan berbagai fitur dan manfaat sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. 

 

3 Manfaat Cloud Computing dari DigitalOcean

 

DigitalOcean merupakan platform cloud computing yang memberi Anda server virtual, database, dan network resources untuk membangun dan meng-hosting aplikasi web. DigitalOcean sebagai penyedia layanan cloud hosting menawarkan berbagai fitur dan manfaat yang menjadikannya pilihan menarik untuk bisnis Anda. Berikut tiga manfaatnya:

1. Hemat biaya dan waktu 

Dikenal dengan layanan cloud computing yang cost-effective pricing, DigitalOcean dapat menghemat pengeluaran Anda untuk pembelian dan perawatan infrastruktur seperti hard disk, server dan lain sebagainya. 
 

2. Bebas risiko

Sebagai salah satu host web yang aman digunakan, keamanan data menjadi prioritas DigitalOcean. Data perusahaan Anda dapat terlindungi secara end-to-end dengan host ini karena diperkuat dengan berbagai fitur keamanan. 
 

3. Mudah Digunakan

User Interface memudahkan Anda untuk mengelola infrastruktur. Anda tidak perlu melakukan upgrade pada server cloud karena hal itu akan dikelola dan dilakukan oleh penyedia layanan.

 

Bagaimana DigitalOcean Membantu Bisnis? 

Perusahaan riset IT Forrester, mengungkapkan bahwa organisasi yang menggunakan DigitalOcean dapat mengantongi keuntungan sebesar US$2,37 juta selama tiga tahun. Selain itu, perusahaan yang menggunakan DigitalOcean tersebut menghasilkan ROI dalam waktu kurang dari enam bulan.

DigitalOcean juga memungkinkan karyawan Anda menghemat ruang penyimpanan, baik di laptop maupun komputer. Dilengkapi dengan UI yang intuitif dan akses open-source yang memudahkan developer untuk mengembangkan sistem aplikasi perusahaan Anda. Selain itu, tidak adanya multi-year contract juga memudahkan Anda untuk memanfaatkan platform ini. 

Adapun empat 4 produk solusi yang ditawarkan oleh DigitalOcean diantaranya:

 

1. Uptime yang dapat dimaksimalkan

Hal utama yang harus dicari dari penyedia hosting web adalah uptime karena berpengaruh terhadap Search Engine Optimization (SEO) perusahaan Anda. DigitalOcean menjamin Service Level Agreement (SLA) uptimesebesar 99,99 persen.

Pada 2022, dua kompetitor DigitalOcean yaitu DreamHost memiliki uptime rata-rata 99,86 persen dan GoDaddy sebesar 99,96 persen. Jika terdapat angka penurunan uptime saat menggunakan DigitalOcean di aplikasi, Anda akan mendapatkan refund berupa kredit di akun Anda. 

 

 2. Skalabilitas tinggi

DigitalOcean sangat ideal untuk perusahaan Anda dengan permintaan bandwidth yang selalu meningkat sesuai dengan kebutuhan Anda. Developer dapat dengan mudah meningkatkan kapasitas aplikasi secara vertikal atau horizontal dengan memanfaatkan layanan tambahan seperti Managed Databases dan Kubernetes untuk fleksibilitas lebih tinggi.

 

3. Distribusi secara global

DigitalOcean didistribusikan secara global. Hal ini memudahkan developer dan pengguna saat mengakses serta mengembangkan aplikasi cloud computing. Selain itu, DigitalOcean menawarkan dukungan customer service yang responsif dan knowledgeable dengan berbagai saluran bagi pengguna untuk mencari bantuan, termasuk sistem tiket, forum komunitas, dan media sosial.

 

 4. Mendukung mission critical workload

DigitalOcean Managed Databases kini mendukung Droplet dengan 100 persen vCPU khusus untuk  mission critical workloads. Ini merupakan istilah dari kumpulan sumber daya aplikasi dengan beberapa layanan, seperti API dan penyimpanan data untuk memberikan fungsionalitas end-to-end.

Anda juga dapat menjalankan PostgreSQL, MySQL, dan Redis hanya dengan beberapa klik. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir tentang administrasi database karena DigitalOcean akan menangani hal tersebut dan tetap menjaga hal penting, seperti configuration, security, dan updates.

 

Baca Juga: Perjalanan Adopsi Cloud Computing untuk Percepat Transformasi Digital di Indonesia 

 

 

Dapatkan Solusi Cloud dari DigitalOcean di BPT

Saatnya kembangkan bisnis Anda dengan solusi DigitalOcean dari BPT. Solusi kami dapat membantu Anda dalam menyediakan virtual server dan mengelola database sesuai kebutuhan bisnis Anda. 

BPT sebagai authorized partner DigitalOcean akan membantu Anda mulai dari tahap konsultasi, deployment, maintenance, hingga dukungan after sales. Didukung tim profesional IT berpengalaman dan tersertifikasi, BPT akan membantu Anda melewati semua proses adopsi solusi cloud untuk memastikan data dan infrastruktur IT perusahaan bebas gangguan. 

Tertarik dengan solusi cloud dari DigitalOcean di BPT? Segera hubungi kami di sini

 

Penulis: Abdul Aziz

Content Writer CTI Group