News
Lates Post

Ini Peran Penting Database NoSQL untuk Industri Healthcare

in

Database merupakan solusi yang krusial dalam mengelola data besar dan kompleks di industri healthcare. Dengan jumlah data yang terus berkembang dari rekam medis pasien, data penerimaan rumah sakit, hingga hasil diagnosis, penyimpanan manual tidak lagi memadai. Lantas, apa saja tantangan manajemen data di industri kesehatan dan bagaimana solusi potensialnya?  Temukan jawabannya dalam pembahasan berikut.

 

Tantangan Management Data di Industri Healthcare

Industri kesehatan mengumpulkan berbagai informasi operasional ke dalam database, termasuk data pasien seperti obat-obatan, resep, prosedur, operasi, dan pendaftaran. Volume data yang terakumulasi setiap harinya sangat besar.

Namun, beberapa tantangan menghambat potensi optimal dari database kesehatan. Kurangnya detail klinis, keterlambatan waktu, dan miskomunikasi terkait pengkodean dan bahasa bisa menyebabkan ketidaksesuaian data yang berpotensi merusak integritas database.

Oleh karena itu, pengelola sistem database kesehatan perlu memastikan pelaporan yang mendalam dan akurat serta konsistensi dalam penggunaan bahasa. Langkah ini akan meningkatkan kredibilitas dan kejelasan data administrasi kesehatan, sehingga mendukung efisiensi layanan kesehatan yang lebih baik.

 

Database NoSQL, Solusi Manajemen Data di Industri Healthcare

Untuk mengatasi beragam tantangan tersebut, database NoSQL muncul sebagai solusi manajemen data yang potensial. Berbeda dengan database relasional yang menggunakan Structured Query Language (SQL), NoSQL menawarkan pendekatan yang lebih fleksibel.

Keunggulan utama NoSQL terletak pada kemampuannya untuk menangani jenis data yang tidak terstruktur atau bervariasi dengan baik, seperti catatan medis pasien yang kompleks dan beragam informasi. Selain itu, NoSQL dapat dengan mudah ditingkatkan kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan penyimpanan data kesehatan yang terus berkembang. Berikut keunggulan database NoSQL.

Fleksibilitas Tinggi

Database NoSQL menawarkan fleksibilitas yang lebih tinggi daripada database relasional. Pengguna dapat dengan mudah mengubah struktur data tanpa khawatir berdampak pada sistem. Ini membuat NoSQL ideal untuk industri healthcare yang terus berkembang dan membutuhkan penyesuaian model data secara berkala.

Skalabilitas Horizontal dan Hemat Biaya

NoSQL menggunakan "horizontal scaling" untuk mengatasi kebutuhan data yang terus meningkat di industri kesehatan. Dengan data disimpan dalam bentuk objek mandiri, NoSQL memungkinkan distribusi data ke banyak server. Pengguna dapat menambah kapasitas penyimpanan dengan mudah dan hemat biaya hanya dengan menambah server baru, sehingga sangat cocok untuk industri kesehatan yang membutuhkan skalabilitas tinggi.

Waktu Query Lebih Cepat

Database NoSQL menyimpan data dalam format yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi tertentu, sehingga proses query menjadi lebih cepat. Ini memungkinkan dokter dan tenaga medis lainnya dapat mengakses informasi pasien secara efisien, meningkatkan produktivitas dan kualitas pelayanan kesehatan.

 

Couchbase NoSQL untuk Healthcare Database

Couchbase, sebagai database NoSQL, menawarkan solusi inovatif untuk industri healthcare yang membutuhkan manajemen data fleksibel dan skalabel dalam menghadapi informasi pasien yang kompleks.

Keunggulan Couchbase dalam manajemen data industri healthcare

  • Platform Data Terpadu: Menyediakan informasi yang relevan dan mudah diakses bagi pasien dan dokter di berbagai perangkat dan titik interaksi.
  • Akses Mudah Bagi Pasien: Memungkinkan pasien mengakses informasi kesehatan mereka dengan lebih nyaman dan efisien.
  • Pelayanan Dokter yang Lebih Baik: Mendorong dokter untuk memberikan layanan lebih lengkap melalui analisis data pasien yang efisien, sekaligus berpotensi meningkatkan pendapatan.
  • Dukungan Perangkat IoT: Kelola data dari perangkat kesehatan yang terhubung di jaringan maupun cloud.
  • Keamanan dan Kepatuhan: Jamin keamanan data pasien sesuai standar HIPAA dan memungkinkan kontrol terpadu antar sistem klinis dan non-klinis.
  • Penghematan Biaya: Kurangi biaya operasional dan tingkatkan kepuasan pasien.
  • Skalabilitas Tinggi: Memungkinkan pengelolaan data kesehatan untuk ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan, ideal dengan industri yang terus berkembang.

Secara keseluruhan, Couchbase menawarkan solusi manajemen data kesehatan yang fleksibel, skalabel, dan aman. Ini dapat menjadi pilihan tepat untuk rumah sakit, klinik, dan organisasi kesehatan lainnya yang ingin meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan pelayanan terbaik kepada pasien.

 

Baca Juga: Keunggulan Database NoSQL untuk Tingkatkan Performa Aplikasi Telekomunikasi

 

Studi Kasus: Couchbase NoSQL untuk Solusi Healthcare Database

Berikut adalah beberapa contoh sukses implementasi Couchbase NoSQL untuk solusi healthcare database.

Broadjump

Broadjump, perusahaan analitik pengadaan di bidang kesehatan, membantu sektor layanan kesehatan mendapatkan kontrol dan visibilitas yang lebih baik terhadap manajemen pengeluaran. Dengan ini, mereka dapat menurunkan biaya, beroperasi lebih efisien, dan meningkatkan kualitas perawatan.

Broadjump menggunakan model penetapan harga yang canggih untuk membantu klien menghemat jutaan biaya dengan mencapai transparansi harga yang sebenarnya. Untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap, menurunkan biaya, mengintegrasikan analitik JSON, dan menggunakan query SQL yang familiar, BroadJump beralih dari database sebelumnya ke database multifungsi Couchbase di cloud Azure.

BackpackEMR

BackpackEMR didirikan pada 2014 untuk membawa perawatan kesehatan modern ke pasien di daerah terpencil. Perusahaan ini menyediakan klinik mobile dengan teknologi penting yang tidak dimiliki oleh kebanyakan solusi patient-tracking. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi, menghemat biaya, dan menyederhanakan operasional sekaligus meningkatkan perawatan pasien.

Sistem BackpackEMR mampu mengelola hingga 20 perangkat dan mentransfer hingga 60.000 dokumen dalam hitungan detik. Sampai saat ini, BackpackEMR telah membantu memberikan perawatan kesehatan kepada 50.000 pasien di 19 negara. Dengan menggunakan Couchbase, BackpackEMR mencapai efisiensi lebih tinggi, biaya lebih rendah, dan perawatan pasien yang lebih baik.

SyncThink

SyncThink mengembangkan teknologi inovatif untuk meningkatkan penilaian dan pemantauan cedera otak. Platform EYE-SYNC mereka menggunakan headset realitas virtual dan tablet untuk mengidentifikasi gangguan pelacakan mata di lokasi cedera.

Perusahaan ini membutuhkan platform data yang dapat bekerja meskipun saat konektivitas bermasalah, serta keamanan tingkat enterprise untuk memenuhi aturan privasi pasien yang ketat seperti HIPAA. Setelah mengevaluasi berbagai platform data lainnya, SyncThink memilih Couchbase karena platformnya yang mumpuni, tangguh, dan mobile-ready.

 

Dapatkan Couchbase NoSQL hanya di BPT

Blue Power Technology (BPT) sebagai value-added distributor Couchbase di Indonesia siap membantu Anda dalam mengimplementasikan manajemen data yang efisien, integrasi data real-time, serta kinerja dan skalabilitas tinggi untuk meningkatkan layanan di sektor healthcare.

Didukung tim IT yang profesional, berpengalaman, dan bersertifikat, BPT akan membantu Anda melalui setiap tahap implementasi, mulai dari konsultasi, deployment, dan management, hingga dukungan after-sales untuk memastikan Anda terhindar dari trial and error.

Tertarik menggunakan Couchbase? Segera hubungi kami dengan klik di sini.

Penulis: Wilsa Azmalia Putri - Content Writer CTI Group

//