News
Lates Post

Jaringan Rentan Dibobol? Network IPS Jadi Solusi Ideal

in

Intrusion Prevention System atau IPS sekarang menjadi salah satu jenis layanan teknologi yang dipakai berbagai lini bisnis dalam mengamankan jaringan mereka. Tanpa layanan tersebut, perusahaan akan kesulitan mengelola jaringan secara aman dan efektif. Bayangkan saja, jika tak menggunakan IPS, mereka pasti akan menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga untuk melindungi jaringan dengan cara manual.

Tak cuma itu, tanpa IPS, keamanan jaringan bisnis akan semakin rentan dan berpeluang untuk diretas hacker dengan berbagai jenis serangan siber canggih. Beberapa dari serangan ini bahkan memanfaatkan malware jenis baru dan social engineering untuk mendapatkan kredensial pengguna yang memberikan akses ke jaringan dan data internal perusahaan. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi di dalam perusahaan, dan karenanya IPS sangat dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan ini.

Artikel kali ini akan mengulas lebih dalam terkait IPS, cara kerja dan jenisnya, serta bagaimana solusi Network IPS dari Hillstone Networks dapat membantu Anda memperkuat jaringan internal dan memitigasinya dari ancaman siber. Ingin tahu lebih lanjut? Simak selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Intrusion Prevention System?

Sesuai dengan namanya, IPS atau Intrusion Prevention System adalah jenis teknologi keamanan yang digunakan mendeteksi dan mencegah berbagai jenis ancaman siber yang berpotensi masuk ke dalam jaringan. Teknologi tersebut terus bekerja memantau jaringan untuk terus melihat adanya peluang insiden berbahaya dan memberikan informasi terkait insiden ini.

IPS dapat melaporkan potensi insiden ke pengguna atau system administrator sehingga mereka dapat mengambil langkah preventif, seperti menutup access points dan mengkonfigurasikan firewall untuk mencegah serangan di masa mendatang.

Sekarang, ancaman siber semakin canggih dan berkembang dalam menargetkan jaringan enterprise, bahkan mampu membobol pertahanan keamanan siber paling kuat sekalipun. Karenanya, penting bagi bisnis untuk memiliki IPS sebagai salah satu langkah untuk memonitor tanda-tanda pelanggaran keamanan yang berlangsung.

Cara Kerja Intrusion Prevention System

Seperti diketahui, cara kerja Intrusion Prevention System memanfaatkan metode scanning ke seluruh trafik jaringan. Berikut merupakan beberapa jenis ancaman yang dapat dicegah oleh IPS.

- Serangan Denial of Service (DoS)

- Serangan Distributed Denial of Service (DoS)

- Berbagai jenis eksploitasi

- Berbagai tipe worms

- Berbagai jenis virus

IPS dapat melakukan inspeksi real-time packet, yang mana inspeksi ini dilakukan secara mendalam ke setiap paket yang bergerak di seluruh jaringan. Jika ada paket mencurigakan atau berbahaya yang terdeteksi, IPS akan melakukan beberapa langkah berikut.

  • Terminasi sesi TCP yang telah dieksploitasi dan memblokir alamat source IP bermasalah atau akun pengguna dari mengakses aplikasi apa pun, menargetkan host atau resource jaringan lain secara tidak etis.
  • Reprogram atau reconfigure firewall untuk mencegah serangan yang mirip di masa mendatang.
  • Menghilangkan atau me-replace konten yang masih ada di jaringan setelah serangan berlangsung. Cara ini dilakukan dengan repackaging payload, menghilangkan informasi header, dan mencabut seluruh attachment terinfeksi dari file atau email server.

Apa Saja Jenis-Jenis IPS?

Ada dua jenis IPS yang dapat digunakan oleh bisnis, yakni Host-Based IPS dan Network IPS. Dua pemaparan detailnya bisa dibaca di bawah ini.

1. Host-Based Intrusion Prevention System

IPS ini terdiri dari banyak layer dengan packet filtering, inspeksi status serta metode pencegahan real time untuk tetap menjaga host ada di bawah keadaan kinerja yang optimal. Cara kerjanya adalah dengan mencegah kode berbahaya yang berpotensi memasuki host agar tak dieksekusi tanpa harus melihat threat signature.

2. Network-Based Intrusion Prevention System

IPS ini dapat mengecek perilaku dan kode mencurigakan, serta menahan seluruh trafik jaringan. Network IPS menggunakan model in-line, yang menciptakan kinerja tinggi untuk mencegah sebuah bottleneck di jaringan.

Jenis IPS tersebut juga dirancang dengan tiga jenis komponen untuk mempercepat bandwidth, membuatnya dapat memantau dan melindungi dalam satu jaringan secara global. Selain itu, Network IPS juga mengkombinasikan fitur IPS dan firewall, yang juga disebut dengan istilah In-Line IDS atau Gateway Intrusion Detection System (GIDS).

Baca Juga: Hillstone Networks Dinobatkan sebagai Visionary oleh Gartner Magic Quadrant 2021

Solusi Network IPS dari Hillstone Networks

Saatnya tingkatkan sistem keamanan jaringan bisnis yang lebih andal dan maksimal, dengan memanfaatkan solusi Network IPS dari Hillstone Networks. Belum lama ini, Hillstone Networks mengumumkan perilisan solusi baru Network IPS versi 4.4. Rilis paling anyar ini menghadirkan dua model hardware baru: S1200 dan S2300, dengan kinerja yang lebih baik dan efisien.

Dari sisi software, kemampuan intrusion prevention-nya didukung oleh protokol scanning lebih lengkap dan mekanisme pertahanan brute force yang teraugmentasi. Menariknya lagi, solusi ini menawarkan perlindungan keamanan terbaik untuk berbagai jenis ukuran bisnis, mulai dari kecil hingga menengah. Lengkapnya, berikut fitur-fitur unggukan Hillstone Network NIPS versi 4.4.

Platform Hardware Berperforma Tinggi

Kedua model ini hadir dengan application layer throughput berperforma tinggi. S2300 menghadirkan antarmuka high-density 8 x SFP, 2 x SFP, serta 16 x GE (termasuk 2 bypass pair), yang menawarkan solusi perlindungan hemat biaya. Selain itu, model baru ini juga mendukung dual power supply yang memastikan ketersediaan tinggi untuk sistem

File Scanning Attack Detection yang Sensitif

Solusi ini kini mendukung file scanning attack detection yang sensitif, dengan melakukan parsing trafik HTTP/HTTPS, Network IPS dapat membantu untuk mendaftarkan serta memblokir trafik ancaman yang sesuai.

Full Attack Packet Capturing

Solusi ini juga mendukung full attack packet capturing. Dengan visibilitas ke resource jaringan, trafik jaringan mencurigakan dapat disimpan sebagai packet capture untuk analisis lebih lanjut.

Waktu Tambahan untuk IP dan Service Blocking

Dengan fitur ini, Network IPS dapat memperpanjang durasi pemblokiran IP dan Service, sehingga memungkinkan perlindungan lanjutan terhadap risiko aktivitas berbahaya.

Perlindungan dari Peningkatan Serangan Brute Force

Network IPS dapat meningkatkan kemampuan untuk melindungi jaringan dari serangan langsung seperti brute force, dengan mendukung lebih banyak protokol seperti VNS, RDP, SSH, SMB, LDAP, dan lain sebagainya.

Dapatkan Solusi Intrusion Prevention System Hillstone Networks dari BPT

Platform Hillstone Network IPS sempurna untuk memperkuat ketahanan infrastruktur keamanan bisnis Anda, karena menggabungkan performa, inspeksi cerdas, dan kecerdasan dari mitra global untuk menawarkan rate deteksi ancaman tertinggi serta hemat biaya.

Dapatkan solusi keamanan jaringan Network IPS Hillstone Networks dari Blue Power Technology (BPT). Sebagai mitra resmi Hillstone Networks, tim BPT siap membantu Anda memanfaatkan solusi keamanan jaringan enterprise secara optimal.

BPT akan membantu Anda menghindari trial and error mulai dari tahap konsultasi, deployment, maintenance, hingga dukungan after sales. Didukung tim profesional IT berpengalaman dan tersertifikasi, BPT akan membantu Anda melewati semua proses adopsi solusi keamanan jaringan Hillstone Networks.

Tertarik dengan solusi keamanan jaringan dari Hillstone Networks? Segera hubungi marketing@bluepowertechnology.com.

Penulis: Jeko Iqbal Reza - Content Writer CTI Group