News
Lates Post

Kenali Apa itu Customer Intelligence dan Benefitnya untuk Bisnis

in

Customer Intelligence (CI) merupakan salah satu aspek sangat penting dalam bisnis di setiap industri. Customer Intelligence memberikan insight terkait harapan, perilaku, komplain, dan aspek lain berdasarkan penilaian customer saat melakukan transaksi pembelian.

Bukan tanpa alasan, CI dapat memberikan perbedaan signifikan antara bisnis yang berkembang dan gagal. Terlebih saat ini di tengah banyaknya informasi dan penawaran yang diberikan oleh brand sehingga sulit mendapatkan perhatian customer.

Lantas, apa sebenarnya customer intelligence dan sejauh mana pengaruhnya untuk bisnis? Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa itu Customer Intelligence?

 

Customer Intelligence adalah proses pengumpulan dan analisis data customer secara terperinci dari sumber internal dan eksternal untuk mendapatkan berbagai insight terkait kebutuhan, motivasi, dan perilaku customerInsight  ini dapat membantu meningkatkan pengalaman dan pelayanan pelanggan, penjualan, mendukung pengembangan dan inovasi produk, hingga membuat keputusan strategis bisnis lainnya.

Penerapan CI memungkinkan bisnis untuk memahami customer secara lebih mendalam. Ketika mengetahui apa yang diinginkan customer, maka Anda dapat meningkatkan interaksi dan memberikan pengalaman pelanggan secara lebih personal berdasarkan demografi, perilaku, dan minat.

Selain itu, CI juga menyediakan informasi penting yang dibutuhkan oleh bisnis untuk meningkatkan komunikasi pelanggan melalui strategi segmentasi dan perencanaan pemasaran yang optimal. Dengan begitu, bisnis dapat mencatatkan pertumbuhan penjualan dengan meningkatkan pengalaman yang lebih personal berdasarkan kebutuhan pelanggan.

 

Tantangan yang Dihadapi Seorang Marketer

Untuk mengumpulkan dan menganalisa data yang sesuai dengan preferensi customer bukanlah hal mudah. Di sisi lain, marketer dituntut untuk dapat menarik perhatian customer dengan membuat strategi paling efektif dan relevan. Lebih lanjut, berikut beberapa tantangan yang kerap dihadapi oleh seorang marketer.

Kurang Pemahaman Interaksi  Online dengan Customer

Tren belanja online mengharuskan marketer untuk memiliki pemahaman tentang interaksi dan produk yang ditawarkan perusahaan kepada customer.

Kurang Kemampuan Individual

Solusi tradisional tidak dapat menangani customer lintas channel, termasuk melalui website dan e-commerce, yang berpotensi komunikasi customer yang tidak dapat ditangani sehingga diakuisisi oleh kompetitor.

Akses Terbatas untuk Insight dan Masukan Customer

Pola pelaporan tradisional  dengan analitik web cenderung kompleks dan kerap ditargetkan hanya untuk pengguna IT dan analis web sehingga sulit bagi tim lain, terutama marketer untuk mendapatkan akses mengenai insight customer.

Tidak Ada Pandangan Terpadu Tentang Customer

Sulitnya mengakses dan mengombinasikan informasi customer dari berbagai channel dan unit bisnis membuat insight yang dimiliki marketer menjadi kurang terpadu sehingga sulit memahami dan memprediksi perilaku customer.

Kampanye Pemasaran Tidak Sesuai dengan Customer

Tiap perusahaan tentu memiliki cara dan strategi pemasaran kompetitif yang unik untuk menggaet customer. Pastikan setiap kampanye pemasaran dibuat memiliki keunikan dengan mempertimbangkan preferensi customer.

 

Bagaimana Customer Intelligence Membantu Marketer?

 

Customer Intelligence dari SAS menjadi solusi untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh seorang marketer dalam mengumpulkan dan menganalisis data. Berikut kemampuan CI untuk membantu marketer.

Analitik Terpadu

Gunakan analitik SAS dan manajemen data untuk memprediksi pemasaran, sekaligus melakukan analisis bisnis tentang customer sehingga marketing campaign bisa lebih cerdas dan efisien di semua channel pemasaran.

Activity Maps

Gabungkan data digital dan tradisional yang diperoleh dari berbagai channel dan device untuk memberikan layanan komprehensif di lingkungan yang kompleks dan terfragmentasi.

Model Open Data

Tampung semua data dalam model open data yang berpusat pada customer untuk mendorong eksplorasi dan analisis data lebih lanjut. Model open data dapat mengakses data di mana pun berada, berbeda dengan marketing cloud lain yang memerlukan duplikasi data karena data harus dipindahkan terlebih dahulu ke platform cloud.

Kontekstualisasi Post-Data Collection

Konversi data yang terkumpul menjadi informasi untuk keperluan pelaporan dan analisis customer agar admin web tidak perlu lagi menerapkan tag baru tiap kali desain halaman berubah. Selain itu, model prebuilt data memungkinkan analisis dan pelaporan data secara langsung sehingga mengurangi kompleksitas data loading dan infrastruktur pelaporan.

Model Prediktif, Forecasting, dan Goal-Seeking

Marketer dapat menggunakan analitik prediktif untuk memproyeksikan target bisnis berdasarkan kinerja dan metrik perusahaan. Anda juga dapat mengidentifikasi metrik bisnis dan memudahkan laporan bisnis.

Anonymous Behaviour Capture

Identifikasi hingga catat informasi pribadi dana aktivitas setiap pengunjung web secara aman dari waktu ke waktu secara otomatis untuk menghasilkan profil yang jauh lebih komprehensif.

Marketing Plan yang Disederhanakan

Optimalkan strategi pemasaran secara end-to-end dengan melakukan perencanaan dan manajemen keuangan, manajemen produksi, pelaporan dan analitik, kalender terintegrasi, dan manajemen aset digital.

Iklan Digital Berbasis Analitik

Tampilkan iklan secara dinamis dan real-time dengan membuat segmen iklan dan komunikasi sesuai dengan preferensi customer dan persyaratan privasi serta buat template iklan yang fleksibel.

Platform Customer Data

Kumpulkan, tingkatkan, ekspansi, dan aktifkan data customer secara real-time untuk memantau data customer di pasar. Dapatkan rangkaian produk terintegrasi untuk mengumpulkan data, manajemen dan resolusi identitas deterministik, serta segmentasikan audiens dengan membuat dan mengaktifkan customer journey.

Terapkan pendekatan yang menggabungkan data online dan offline dengan memaparkan gambaran lengkap tentang aktivitas customer tanpa perlu memindahkan semua data ke marketing cloud untuk memangkas biaya duplikasi, sinkronisasi, kontrol privasi, dan tingkatkan kualitas data.

 

SAS Customer Intelligence 360

SAS menghadirkan solusi Customer Intelligence 360 untuk memudahkan bisnis mengumpulkan dan menganalisis data. Berikut lima keuntungan SAS Customer Intelligence 360 untuk bisnis Anda.

Marketing Hub Multichannel

Gabungkan marketing campaign digital dan offline untuk mendapatkan data perilaku dan pemahaman customer secara terperinci sehingga Anda dapat memberikan penawaran menarik.

Marketing Disederhanakan

Integrasikan dan kelola semua proses marketing di seluruh lini bisnis secara konsisten, efisien, dan efektif untuk pengembangan, perencanaan hingga strategi pemasaran. Termasuk pembuatan konten, eksekusi marketing campaign, dan analisis post-campaign.

Marketing Real-time

SAS dapat menggabungkan insight customer dari data yang diperoleh secara real-time dengan analitik canggih untuk memastikan bisnis memberikan penawaran terbaik kepada customer.

Insight Bermakna dari Customer

Pengguna SAS dapat menyertakan semua aktivitas online di website ke entitas customer dan menggabungkannya dengan data offline untuk memberikan insight menyeluruh.

Mendukung Pertumbuhan Bisnis

Anda dapat memulai pertumbuhan bisnis dari data dalam jumlah kecil dan terus menambahkannya seiring dengan perkembangan bisnis.

 

Baca Juga: Bagaimana Perusahaan Asuransi Mampu Memenuhi Standar Pelaporan keuangan Internasional IFRS17 atau PSAK74?

 

 

Bagaimana SAS Membantu Marketer dari Berbagai Industri?

SAS Customer Intelligence 360 telah berhasil membantu marketer di berbagai industri dalam meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan sejumlah perusahaan. Dengan marketing hub multichannel, SAS Customer Intelligence 360 membantu bisnis dalam menyederhanakan insight pelanggan untuk memudahkan operasional tim pemasaran.

Data berupa kebutuhan, perilaku belanja, kebutuhan, hingga kepuasan pelanggan dapat memberikan insight berharga yang dapat diakses secara real-time oleh marketer. Solusi ini juga dapat membantu marketer dalam melakukan marketing predictive dengan mengintegrasikan data online dan offline di seluruh channel marketing. Berikut fitur unggulan SAS Customer Intelligence 360 untuk membantu marketer.

 

SAS 360 Discover

Dapatkan tampilan lebih lengkap tentang karakteristik customer untuk meningkatkan interaksi secara dinamis, mengubah perilaku menjadi interaksi lalu mengitegrasikannya menjadi insight dari channel pemasaran lainnya.

SAS 360 Engage

Berikan promo secara efektif kepada customer yang telah berinteraksi dengan bisnis Anda melalui berbagai channel, termasuk email, mobile app, atau web. Dapatkan insight lengkap dari SAS 360 Discover, termasuk informasi analitk dan interaksi dengan customer dari berbagai channel. Anda juga dapat menjalankan marketing campaign secara langsung dan melalui channel digital (e-commerce, medsos, email, dan aplikasi mobile). Optimalkan strategi marketing dengan data analitik untuk mendapatkan insight antara volume dan margin sekaligus menemukan strategi bisnis terbaik hingga meningkatkan  loyalitas dan customer retention.

SAS 360 Plan

Tim marketing dapat bekerja dengan lebih efisien dan akuntabel dengan menerapkan strategi secara end-to-end, termasuk perencanaan strategis dan budgeting, sumber daya dan manajemen konten marketing, eksekusi dan analisis strategi marketing.

SAS 360 Match

Kelola strategi monetisasi iklan secara fleksibel dan transparan untuk memudahkan bisnis beradaptasi dengan perubahan pasar dan kebutuhan pelanggan. Pastikan bisnis Anda membuat materi iklan yang akurat dan sesuai dengan target market.

 

Dapatkan SAS Customer Intelligence 360 di BPT 

Blue Power Technology (BPT) siap membantu Anda memanfaatkan SAS Customer Intelligence untuk mengumpulkan dan menganlisis data bisnis Anda. Didukung tim profesional yang berpengalaman dan bersertifikat, BPT akan membantu mempersiapkan implementasi hingga maintenance solusi SAS.

Anda tak perlu khawatir apabila mengalami kendala saat menjalankan solusi SAS, karena BPT memiliki tim IT yang berpengalaman untuk membantu mengatasi kendala teknis selama 24/7. Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama BPT dengan menghubungi link ini.

 

Ervina Anggraini - Content Writer CTI Group

//