News
Lates Post

Ketahui Apa Itu e-KYC dan Manfaatnya dengan Dukungan Teknologi AI

in

Dalam dunia perbankan dan financial technology (fintech), verifikasi pengguna atau nasabah menjadi salah satu proses paling vital. Selain dapat menjamin keamanan transaksi secara menyeluruh, proses yang juga disebut dengan Know Your Customer (KYC) ini menjadi salah satu kunci untuk memastikan bahwa data yang diberikan valid untuk disimpan dalam akun bank atau layanan finansial yang digunakan.

Di era digital, sudah ada mandat untuk melakukan peraturan KYC di perbankan dan layanan fintech secara elektronik. Proses yang biasanya memanfaatkan otentikasi biometrik ini, disebut dengan Electronic Know Your Customer atau e-KYC. Pada artikel kali ini, kita akan mengupas serba-serbi tentang e-KYC, manfaatnya terhadap bisnis, pentingnya e-KYC dalam mengenali nasabah, serta mempelajari solusi e-KYC yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI). Selengkapnya, Anda bisa baca di bagian bawah ini.

 

Perbedaan E-KYC dan KYC Konvensional

 

e-KYC adalah proses verifikasi nasabah layanan perbankan atau fintech secara elektronik, yang biasanya dilakukan lewat otentikasi biometrik seperti pemindaian wajah atau sidik jari, verifikasi dokumen, serta beberapa metode elektronik lainnya.

Jika dibandingkan e-KYC, proses KYC yang tradisional biasanya meminta nasabah untuk menyediakan dokumen fisik seperti paspor, KTP, SIM, tagihan air atau listrik, serta beberapa informasi tambahan lain seperti proof of address (bukti tempat tinggal) dan NPWP. Dokumen ini akan diverifikasi oleh penyedia layanan pihak ketiga atau representatif dari bank secara langsung.

Sementara proses e-KYC dilakukan secara online sepenuhnya dengan memanfaatkan tool digital dan kecerdasan buatan (AI). Kemudahan ini dapat menyederhanakan proses onboarding pelanggan dan membuatnya lebih efisien, karena mengurangi kebutuhan dokumen seperti kertas dan pertemuan tatap muka. Selain itu, e-KYC juga lebih aman karena mampu mencegah aksi kecurangan dan kejahatan finansial lain.

 

Apa Saja Manfaat e-KYC Terhadap Bisnis?

 

e-KYC tentunya menghadirkan beberapa benefit terhadap bisnis di sektor perbankan dan fintech. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

1. Onboarding yang Lebih Cepat

e-KYC memungkinkan bank dan layanan finansial melakukan onboarding nasabah baru lebih cepat ketimbang proses KYC tradisional, karena seluruh proses identifikasi dan verifikasi bisa diselesaikan secara online dan tidak memerlukan dokumen secara fisik.

2. Hemat Biaya

e-KYC menjadi metode yang sangat cost-effective ketimbang proses KYC tradisional, karena mengeliminasi kebutuhan dokumentasi secara fisik, mengurangi biaya tenaga kerja, dan tentunya mempercepat proses onboarding.

3. Meningkatkan Kepatuhan

e-KYC juga membantu bisnis mematuhi persyaratan peraturan dan kepatuhan lebih efisien dengan memastikan seluruh informasi nasabah akurat dan up-to-date.

4. Keamanan Lebih Maksimal

e-KYC mengurangi risiko kecurangan identitas dan aktivitas kriminal lainnya dengan memanfaatkan fitur keamanan yang lebih canggih seperti otentikasi biometrik dan algoritma machine learning untuk memverifikasi identitas nasabah.

5. Pengalaman Nasabah Lebih Seamless

e-KYC menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih nyaman dan seamless dalam onboarding, sehingga membantu untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

 

Pentingnya e-KYC dalam Mengenali Nasabah

Pentingnya proses e-KYC dalam mengidentifikasi nasabah terletak pada kemampuannya untuk membantu bisnis memverifikasi identitas nasabah mereka secara akurat dan efisien. Dengan mengimplementasikan e-KYC, bisnis dapat memastikan bahwa nasabah yang mereka tangani benar-benar nasabah asli sesuai informasi yang diberikan, sehingga dapat mencegah aksi kecurangan.

Tiga sektor finansial berikut memiliki masing-masing kebutuhan dan tujuan dalam menerapkan e-KYC.

1. e-KYC untuk Bank

Calon nasabah bank akan melakukan e-KYC ketika mereka hendak membuka rekening baru di mana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke bank dengan banyak dokumen. Dengan e-KYC, data yang diberikan akan diproses lebih lanjut di mana nantinya bisa digunakan nasabah untuk melihat transaksi keuangan secara real-time via mobile banking dan internet banking.

2. e-KYC untuk Asuransi

Kebutuhan e-KYC untuk asuransi sama halnya dengan bank, tetapi data-data yang diverifikasi ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah proses administrasi serta mengotentikasi identitas nasabah asuransi secara digital.

3. e-KYC untuk Layanan Fintech

Layanan fintech seperti dompet digital atau peer-to-peer lending juga menggunakan verifikasi e-KYC yang sama tujuannya seperti perbankan dan asuransi, yakni untuk memverifikasi data nasabah mereka. Dengan e-KYC, perusahaan fintech dapat meminimalisir aksi kriminal seperti pencucian uang atau pendanaan ilegal.

 

Solusi e-KYC dari Advance AI

Jika bisnis Anda ingin mengimplementasikan proses verifikasi e-KYC yang lebih aman dan seamless, Anda dapat memanfaatkan solusi dari ADVANCE.AI, perusahaan big data dan AI terkemuka di Asia.

ADVANCE.AI memiliki solusi e-KYC hingga Credit Scoring dengan tingkat keakuratan hingga 99 persen, lewat pilihan sertifikasi layanan solusi untuk Digital Identity Verification, Fraud and Risk Management, serta Data Intelligence. 

Adapun solusi ini ideal untuk diterapkan di berbagai sektor industri, tak cuma finansial dan perbankan, tetapi juga e-commerce, media sosial, travel dan hospitalitytrading platform, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa benefit yang ditawarkan rangkaian solusi dari ADVANCE.AI.

1. Kenyamanan: e-KYC yang ditawarkan ADVANCE.AI mampu memungkinkan verifikasi identitas dengan cepat dan mudah tanpa perlu dokumentasi fisik, serta menghemat waktu dan tenaga.

2. Keamanan: e-KYC ADVANCE.AI lebih aman ketimbang metode traditional paper, karena menggunakan teknik biometrik dan kriptografi untuk memastikan keaslian data.

3. Hemat Biaya: e-KYC ADVANCE.AI juga menghilangkan kebutuhan dokumentasi fisik dan verifikasi langsung, serta mengurangi biaya verifikasi identitas bagi bisnis.

4. Kepatuhan: e-KYC ADVANCE.AI mengikuti persyaratan dan kepatuhan di industri seperti perbankan dan telekomunikasi, sehingga dapat memastikan kepatuhan terhadap undang-undang dan peraturan anti-pencucian uang (Anti Money Laundry) dan pembiayaan kontra-terorisme (Counter-Terrorist Financing).

 

Baca Juga: Mengapa Flash Storage Jadi Solusi Penyimpanan Masan Depan? Cek di Sini

 

Dapatkan Solusi e-KYC dari ADVANCE.AI di BPT

Saatnya hadirkan layanan finansial yang andal dengan verifikasi e-KYC secara aman dan nyaman lewat rangkaian solusi ADVANCE.AI. Dapatkan solusi ADVANCE.AI dari Blue Power Technology (BPT) sebagaiauthorized advanced partner ADVANCE.AI di Indonesia.

BPT memiliki tim profesional dan bersertifikat yang siap membantu Anda melewati setiap proses, mulai dari tahap konsultasi hingga dukungan after sales untuk memastikan ketersediaan penyimpanan data bisnis Anda. Hubungi kami lebih lanjut di link berikut untuk info detail mengenai ADVANCE.AI. 

Penulis: Jeko Iqbal Reza

Content Writer CTI Group

//