News
Lates Post

Manajemen Data Terintegrasi, Kunci Kesuksesan Bisnis di Era Digital

in

Manajemen data adalah suatu proses pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, dan penggunaan data dengan tujuan membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan efektif.

Namun demikian, mengelola data bukanlah tugas mudah. Setiap hari, bisnis menghasilkan dan mengumpulkan data dalam jumlah yang semakin besar serta tersebar di berbagai sistem dan platform. Masalah ini tentunya menyulitkan perusahaan untuk mengelola data secara efisien dan efektif. Inilah mengapa penting bagi bisnis untuk memanfaatkan solusi manajemen data terintegrasi.

Lantas, bagaimana manajamen data terintegrasi dapat membantu perusahaan atasi tantangan pengelolaan data? Simak penjelasannya di artikel berikut dan temukan solusi manajemen data terintegrasi yang tepat untuk Anda.

 

Tantangan dalam Manajemen Data 

 

Manajemen data adalah salah satu hal penting di sebuah perusahaan. Akan tetapi, dalam prosesnya terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi.

 

1. Struktur Pendataan Belum Terstandardisasi

Format pendataan atau pencatatan data yang belum terstandardisasi dapat menyebabkan perbedaan antara satu data dengan data lainnya, bahkan bisa terjadi duplikasi data.

 

2. Sistem Masih Konvensional dan Risiko Entri Data

Perusahaan yang masih menggunakan pencatatan konvensional, rentan alami masalah pendataan. Terlebih jika belum melakukan otomatisasi input pendataan dan dilakukan secara manual menggunakan tenaga manusia yang rentan terjadi human error.

 

3.  Perbedaan Sistem Manajemen Data

Perbedaan sistem operasional yang digunakan setiap divisi menjadi hambatan yang cukup rumit, terutama jika tidak ada tools penerjemah antar sistem.

 

4. Kapasitas Penyimpanan Data Tidak Cukup

Seiring dengan pertumbuhan perusahaan, volume data yang dihasilkan juga meningkat. Jika perusahaan tidak dapat menyimpan data secara efisien, akan timbul masalah saat memproses dan mengakses data.

 

5. Overload Data

Bila data masuk sangat banyak dan terjadi di waktu yang sama, maka beban pendataan menjadi overload dan timbul risiko data lama tertimpa atau data baru tidak terekam dengan baik.

Melihat tantangan dan risiko yang berpotensi muncul akibat kesalahan pengelolaan data, sudah saatnya perusahaan mempertimbangkan untuk menggunakan konsep manajemen data terintegrasi.

 

Konsep Manajemen Data Terintegrasi Atasi Tantangan Pengelolaan Data

Manajemen data terintegrasi adalah pendekatan atau konsep yang digunakan untuk mengelola data secara terpadu dan terkoordinasi di seluruh organisasi atau sistem. Tujuannya adalah mengintegrasikan data dari berbagai sumber berbeda, seperti database, file teks, aplikasi, dan sistem lainnya, sehingga dapat diakses, digunakan, dan dikelola dengan lebih efektif.

Manajemen data terintegrasi melibatkan penggunaan teknologi, proses, dan kebijakan yang dirancang untuk memastikan konsistensi, akurasi, dan ketersediaan data. Konsep ini juga berfokus pada integrasi data lintas departemen atau sistem berbeda, memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan gambaran komprehensif dan terintegrasi dari data yang dimiliki.

 

Manfaat Manajemen Data Terintegrasi bagi Perusahaan

 

Dalam menghadirkan pengelolaan data yang efisien, penerapan manajemen data terintegrasi dapat bantu perusahaan untuk memastikan konsistensi dan akurasi data. Hal ini mengurangi kemungkinan terjadinya duplikasi, inkonsistensi, atau kesalahan data.

Melalui akses yang mudah ke data terintegrasi, perusahaan akan mendapatkan pemahaman yang menyeluruh tentang data yang tersedia, memungkinkan pengambilan keputusan lebih baik, cepat, dan berdasarkan informasi akurat.

Selain itu, data dapat diintegrasikan dengan proses bisnis.  Hal ini memungkinkan otomatisasi proses, pengurangan tugas manual, dan efisiensi operasional lebih tinggi. Data yang terintegrasi juga memfasilitasi alur kerja yang lancar antara departemen atau sistem berbeda, mengurangi hambatan komunikasi dan meningkatkan produktivitas

Manajemen data terintegrasi juga dapat membantu perusahaan mengurangi biaya operasional, memenuhi persyaratan kepatuhan data dan menjaga keamanan informasi, serta mendukung inisiatif transformasi digital.

Dengan mengelola data secara terintegrasi, organisasi dapat memaksimalkan nilai dari aset data mereka dan mendukung kesuksesan bisnis jangka panjang. Untuk permudah implementasi manajemen data terintegrasi, Anda bisa menggunakan solusi dari Cohesity-Lenovo.

 

Solusi Manajemen Data Terintegrasi dari Cohesity­-Lenovo

Cohesity-Lenovo adalah kerjasama strategis antara Cohesity, perusahaan teknologi penyimpanan data, dan Lenovo, produsen hardware komputer terkemuka yang menggabungkan keahlian dan teknologi dari kedua perusahaan untuk menyediakan solusi penyimpanan data inovatif dan efisien.

Integrasi antara hardware Lenovo yang andal dan platform software Cohesity yang canggih memungkinkan solusi ini menyediakan manajemen data terintegrasi, efisien, dan mudah digunakan. Pelanggan dapat mengelola, melindungi, dan menganalisis data mereka dengan lebih baik, sambil mengurangi kerumitan dan biaya terkait pengelolaan data yang terpisah.

Secara keseluruhan, kolaborasi Cohesity-Lenovo menghadirkan solusi penyimpanan data komprehensif, tangguh, efisien kepada pelanggan dan empat manfaat lainnya sebagai berikut:

  • Percepat waktu value dengan solusi bersertifikat
  • Sederhanakan dan konsolidasikan berbagai layanan data melalui satu platform
  • Perkuat ketahanan siber dengan keamanan data terintegrasi
  • Buka wawasan berharga dari data

Selain itu, berikut lima keunggulan utama dari solusi penyimpanan data Cohesity-Lenovo dibanding solusi lainnya, antara lain.

 

1. Integrasi End-to-End

Memungkinkan pelanggan memiliki solusi penyimpanan data terpadu dari satu vendor, yang dapat kurangi kompleksitas dan permudah implementasi serta manajemen.

 

2. Skalabilitas

Perluas kapasitas penyimpanan seiring pertumbuhan data dan sesuai kebutuhan, baik dalam skala kecil atau besar.

 

3. Manajemen Data Terpadu

Kelola data secara efisien dengan fitur backup, recovery, replikasi, deduplikasi, kompresi, dan arsip data yang terintegrasi dalam satu platform, sehingga pengelolaan dan perlindungan data menjadi lebih efisien.

 

4. Efisiensi dan Hemat Biaya

Dengan deduplikasi, kompresi, dan penghapusan data cerdas, pelanggan dapat kurangi kebutuhan akan kapasitas physical storage yang besar. Selain itu, solusi ini juga dapat bantu tingkatkan ketersediaan data dan menurunkan biaya infrastruktur untuk lingkungan multicloud.

 

5. Perlindungan Data Kuat

Dilengkapi fitur canggih dari Cohesity DataProtect yang mendukung Virtual Machine, physical server, aplikasi container, database modern dan cloud-native (SAP HANA, MongoDB), serta SaaS (M365) hadirkan perlindungan data kuat dan efisien untuk lindungi data dari human errror, disaster, dan ransomware.

 

Baca Juga: Pentingnya Tingkatkan Keamanan Infrastruktur untuk Mencegah Cyber Crime

 

Implementasikan Solusi Manajemen Data Terintegrasi Cohesity-Lenovo di BPT

Saatnya optimalkan pengelolaan dan perlindungan data Anda dengan solusi manajemen data terintegrasi dari Cohesity-Lenovo. Blue Power Technology (BPT) sebagai authorized partner Lenovo akan membantu Anda menghindari trial and error mulai dari tahap konsultasi, deployment, maintenance, hingga dukungan after sales.

Didukung tim profesional IT berpengalaman dan tersertifikasi, BPT akan membantu Anda melewati semua proses implementasi solusi Cohesity-Lenovo untuk tingkatkan efisiensi dan keandalan penyimpanan data Anda. Tertarik dengan solusi Cohesity-Lenovo? Segera hubungi kami dengan klik di sini.

 

Penulis: Wilsa Azmalia Putri

Content Writer CTI Group

//