News
Lates Post

Mengapa Bisnis Anda Harus Menggunakan Content Delivery Network

in

Banyak bisnis kini menggunakan situs web dan aplikasi dalam menjalankan operasionalnya, khususnya bagi mereka yang mengandalkan konten sebagai salah satu media terbaik untuk bisa diakses pelanggannya. Dalam hal ini, sejumlah model bisnis yang disebutkan banyak ditemukan di industri, seperti toko aplikasi mobile, platform game, portal video dan music streaming, portal berita, e-Commerce, media sosial, situs web enterprise, dan masih banyak lagi.

Selain harus memiliki konten relevan, akses cepat, antarmuka interaktif, serta bisa diakses dengan mudah oleh pengunjungnya dari mana saja. Tak cuma itu, situs web dan aplikasi ini perlu berjalan di jaringan yang kompleks agar dapat memastikan pengalaman akses terbaik bagi pengunjungnya.

Sejumlah studi yang dilakukan Google dan beberapa situs populer lainnya memperlihatkan bahwa delay yang berlangsung pada kecepatan akses, sekalipun sekecil satu detik saja, akan mengalami kerugian seperti kehilangan jumlah pengunjung yang sangat besar. Kasus seperti ini akan membawa kerugian yang luar biasa bagi bisnis Anda.

Apa Itu CDN?

Salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan bisnis dalam mengatasi kendala tersebut adalah dengan menggunakan Content Delivery Network (CDN). CDN adalah jaringan terdistribusi dari beberapa server di wilayah berbeda. Fungsi utamanya untuk mendistribusikan konten dari server asal ke node terdekat, lalu mengirimkannya ke pengunjung yang mengakses situs web atau aplikasi sehingga mereka mendapatkan konten yang dibutuhkan dengan cepat.

CDN diklaim sebagai solusi yang cocok untuk mengakselerasi konten dan API yang ada di situs web dan aplikasi, dengan layanan seperti media, video dan music streaming, live streaming, download, situs web enterprise, keamanan dan distribusi, serta masih banyak lagi.

Dalam hal ini, Alibaba Cloud, menghadirkan CDN untuk membantu bisnis mengakselerasi akses konten mereka lebih cepat tanpa adanya gangguan dan meningkatkan pengalaman pengunjung situs web dan aplikasi lebih baik lagi. Lebih lengkap, simak keuntungan yang bisa didapatkan bisnis ketika memanfaatkan Alibaba Cloud CDN dalam menunjang kebutuhan akses konten mereka.

Akselerasi Konten Lebih Gesit dengan Alibaba Cloud CDN

Stabilitas

Alibaba Cloud CDN berkinerja tinggi dan stabil. Ia mampu menyediakan lebih dari 2.800 nodes di enam benua dengan bandwidth hingga 120 Tbps dan mendukung Internet Service Provider (ISP) besar di seluruh dunia.

Hemat Biaya

Anda hanya perlu menggunakan resource secara fleksibel dan mengikuti kebutuhan. Dengan demikian, Anda hanya akan perlu membayar biaya sesuai pemakaian, baik secara traffic atau bandwidth. Anda juga dapat memilih metode penagihan berdasarkan kebutuhan bisnis.

Mudah Digunakan

CDN menghadirkan konsol yang sangat mudah digunakan dan disesuaikan. Anda juga dapat memanfaatkan fitur lain yang ada, seperti beberapa jenis API dan pengaturan arsitektur yang sederhana.

Efisiensi Tinggi dan Cerdas

Konsol CDN secara otomatis akan mampu merespon permintaan konfigurasi yang Anda submit secara otomatis dan cepat, sehingga dapat mengoptimalkan user experience bagi pelanggan.

Fitur Alibaba Cloud CDN

Akselerasi HTTPS yang Aman

Alibaba Cloud CDN menggunakan HTTPS untuk mengamankan client access, interkonektivitas node, dan origin fetch requests. Untuk bisa meraih akselerasi yang aman, Anda hanya perlu mengaktifkan akselerasi yang diamankan dan meng-upload domain certificate atau private key. Anda juga bisa melihat, mengaktifkan, menonaktifkan, dan mengedit domain certificate.

Model Caching Efisien dan Berkinerja Tinggi

Mendukung kalkulasi popularitas dan caching secara hirarki yang intelijen atas resource yang sering di-request secara berkala. Fitur ini memungkinkan Anda mengakselerasi resource yang diminta pelanggan secara tepat.

Kontrol Akses

Mendukung fitur mulitple anti-leech berdasarkan HTTP referer, user agent (UA) headers, alamat IP, dan verifikasi otentikasi URL.

Optimisasi Kinerja

Mendukung optimisasi laman situs web dan menghadirkan fitur smart compression untuk mengurangi overhead content delivery dan mengakselerasi pengiriman konten.

Statistik dan Analisis

Mendukung statistik data komprehensif, analisis multi-dimensional, dan user profiling untuk menunjang pengembangan bisnis.

Log Management

Menyediakan layanan log yang bisa diatur dan storage persistence service untuk kemudahan log downloading dan analisis.

Image Moderation

Mendukung smart recognition atas konten yang dilarang berdasarkan metode deep learning untuk mengurangi risiko pelanggaran pengguna.

Dapatkan Alibaba Cloud CDN dari BPT

Sebagai salah satu IT expert di Indonesia, Blue Power Technology (BPT) telah bekerja sama dengan Alibaba Cloud dalam membantu bisnis di Indonesia mengelola kualitas jaringan dan distribusi konten yang lebih cepat dan terakselerasi lewat CDN.

BPT memiliki tim profesional dan bersertifikasi yang siap membantu Anda melewati setiap proses, mulai dari konsultasi hingga dukungan after sales untuk menjamin keamanan aplikasi dan bisnis Anda. Dapatkan Alibaba Cloud CDN dari BPT sekarang, dengan lebih lanjut menghubungi kami di marketing@bluepowertechnology.com

//