News
Lates Post

Mengapa Perusahaan Anda Perlu Ciptakan Jaringan Enterprise yang Aman?

in

Ketergantungan perusahaan pada infrastruktur jaringan enterprise di era IoT kian meningkat. Hal ini, karena jaringan enterprise menjadi penghubung yang efektif untuk akses data, aplikasi, proses bisnis, dan konektivitas antar stakeholder di perusahaan.

Berdasarkan survei CDW Corporation, perusahaan di dunia terus berupaya menyegarkan perangkat jaringannya, di mana perangkat wireless, router, dan switch menjadi prioritas utama di tahun 2021.

Pertukaran data digital yang kian masif menuntut perusahaan untuk meningkatkan infrastruktur jaringan enterprise yang lebih cepat, andal, dan aman.

Tantangannya sekarang, bagaimana bisnis bisa menyediakan infrastruktur jaringan enterprise yang cepat, andal dan aman dari serangan siber agar produktivitas stakeholders dan relasi dengan pelanggan bisa terus terjaga? Lengkapnya, simak artikel berikut.

Perlunya Ciptakan Jaringan Enterprise yang Aman

 

jaringan enterprise

Sumber: freepik

Jaringan enterprise dan sistem keamanan perlu dibangun sebagai solusi tunggal. Sistem keamanan juga harus sederhana bagi pengguna dan administrator agar bisnis dapat berjalan dengan lancar tanpa menghabiskan waktu.

Kejadian yang sering terjadi ketika keamanan jaringan enterprise menjadi penghambat, karena dibangun atas solusi yang berbeda-beda dan tidak terintegrasi. Seperti penggunaan VPN walaupun tujuannya meningkatkan keamanan jaringan, di sisi lain justru membuat layanan lambat, memakan waktu dalam mengidentifikasi serangan atau bahkan menjadi celah keamanan.

Lantas, bagaimana Anda mengatasi masalah ini? Diperlukan satu solusi berupa integrasi antara jaringan dan keamanan.

Kunci Jaringan Enterprise yang Aman

Sebaliknya, bisnis perlu menempatkan keamanan di bawah customer-centricity. Keamanan harus dibangun sebagai bagian dari jaringan sedemikian dekat sehingga setiap perusahaan melihat manfaat dari pendekatan tersebut. Untuk itu, keamanan dan jaringan harus diintegrasikan dengan mulus ke skala, sehingga keamanan tidak hanya dianggap sebagai elemen atau komponen terpisah.

Integrasi keamanan dan jaringan tak lain untuk mencapai kemenangan di kedua sisi. Integrasi dapat memudahkan pengalaman pengguna akan mengarah pada peningkatan adopsi penggunaan sistem. Keamanan terintegrasi ke dalam sistem dapat mengurangi kerumitan, sehingga administrator dan pengguna lebih mudah mengoperasikan akses data, aplikasi, ataupun proses bisnis.

3 Pendekatan yang Bisa Dilakukan untuk Amankan Jaringan Enterprise Anda

 

pendekatan jaringan enterprise

Sumber: freepik

Untuk jaringan enterprise yang aman, perusahaan memerlukan platform keamanan adaptif  dan terintegrasi di seluruh jaringan end point, dan cloud.

Dengan platform keamanan terintegrasi, perusahaan dapat menyesuaikan keamanan untuk mencegah dan mendeteksi serangan canggih sebelum mereka sempat memasuki jaringan enterprise, berikut tiga pendekatan untuk amankan jaringan enterprise Anda, dikutip dari Extreme Network.

1. Ambil Pendekatan Fabric

Pendekatan fabric menyediakan distribusi beban, mencegah redundansi, mengoptimalkan informasi router,dapat diskalakan, dan lebih efisien. Itulah mengapa fabric menjadi blok inti dari infinite enterprise.

2. Adopsi dan Integrasi Zero Trust

Zero Trust Security adalah metode keamanan IT yang menggunakan verifikasi identitas secara ketat untuk setiap orang dan perangkat yang mencoba mengakses resource di jaringan, terlepas posisi mereka di dalam atau luar perimeter jaringan.

Zero Trust tak menerapkan konsep kepercayaan pada orang atau perangkat yang mengakses jaringan. Dengan demikian, hal tersebut tak akan membuat sebuah sistem  gampang percaya pada upaya akses apapun.

3. Keamanan Terintegrasi

Bangun pengalaman yang mulus dan aman di jaringan Anda untuk memastikan skalabilitas cepat, aman, dan efektif yang terintegrasi ke dalam jaringan sejak awal.

Baca Juga: Waspada Ancaman Botnet, Cek Cara Ini untuk Proteksi Bisnis Anda

Saatnya Ciptakan Jaringan Enterprise yang Aman dengan Solusi Extreme Network

Extreme Networks semakin fokus pada upaya membantu pelanggan  untuk mengelola jaringan enterprise yang semakin terdistribusi, melalui  Infinite Enterprise. Adapun solusi-solusi Extreme untuk memperkuat Infinite Enterprise dengan memanfaatkan infrastruktur cloud yang bisa diskalakan untuk memperluas konektivitas yang dibutuhkan, agar bisa mendukung pengalaman consumer-centric dalam skala besar.

Anda akan mendapatkan memanfaatkan integrasi sistem keamanan dengan jaringan enterprise dari solusi Extreme sebagai berikut.

Management Efisien dan Lingkungan Jaringan Terdistribusi

Extreme Cloud IQ merupakan platform manajemen cloud yang membantu network administrator mengurangi risiko masalah jaringan dengan menyederhanakan onboarding, konfigurasi, monitoring, managing, troubleshooting, alerting, dan reporting untuk perangkat infrastruktur di jaringan enterprise.

Pengurangan Risiko Proaktif dan Pengalaman Pengguna Lebih Baik

Extreme Co-Pilot memanfaatkan AI dan Machine Learning untuk mengurangi jumlah kekeliruan yang menyita waktu administrator IT dan secara proaktif  mengidentifikasi risiko pengelolaan jaringan yang terdistribusi secara signifikan. Extreme Co-Pilot menyediakan rekomendasi yang dapat membantu tim mengoptimalkan dan memecahkan masalah dengan cepat.

Mengurangi Kerumitan Operasional dan Memberikan Fleksibilitas Lebih Besar

Universal Platform pada portfolio switching dan wireless Extreme dapat menjalankan beberapa sistem operasi Extreme dan menyederhanakan proses pemesanan, lisensi, dan garansi.

Akses ke Wireless Tercepat

Platform wireless universal Extreme AP4000 menjadi access point Wi-Fi 6E kelas enterprise pertama yang dikirimkan ke pelanggan serta mampu beroperasi pada pita frekuensi 6GHz yang baru.

Baca Juga: Cek 5 Cara Amankan Data Privacy dari Potensi Pencurian Data

Dapatkan Solusi Extreme Networks dari Blue Power Technology (BPT)

Sebagai mitra resmi Extreme Networks, tim BPT siap membantu Anda memanfaatkan solusi keamanan jaringan enterprise dengan end-to-end automation, terintegrasi dan konfigurasi jaringan simpel yang meminimalisir intervensi eksternal maupun internal.

Extreme Networks, dilengkapi fitur smart management yang dilengkapi dengan AI (Artificial Intelligence) dan alarm anomali juga hadir untuk mempermudah pengguna dalam memantau jaringan sehingga dapat dilakukan pencegahan sebelum permasalahan terjadi. Tidak hanya solusi berbasis cloud, Extreme Network juga menyediakan solusi on premise.

BPT akan membantu Anda menghindari trial and error mulai dari tahap konsultasi, deployment, maintenance, hingga dukungan after sales. Didukung tim profesional IT berpengalaman dan tersertifikasi, BPT akan membantu Anda melewati semua proses adopsi solusi keamanan jaringan eterprise Exreme Networks.

Tertarik dengan solusi keamanan jaringan enterprise dari Exreme Network? Segera hubungi marketing@bluepowertechnology.com.

 Penulis: Ary Adianto - Content Writer CTI Group
//