//
News
Lates Post

Mengenal Virtual Machine Linux dan Perannya untuk Small Medium Business

in

Virtual Machine Linux telah menjadi salah satu tools yang sangat populer bagi para developer dalam merancang dan menyempurnakan aplikasi mereka. Mengapa begitu? Virtual Machine Linux dapat membantu developer dalam menginstal, mengonfigurasi, dan menjalankan aplikasi atau layanan sesuai kebutuhan.

Selain itu, Virtual Machine Linux memberikan fleksibilitas dalam menguji aplikasi tanpa takut memengaruhi aplikasi lain dengan lebih efisien dan aman. Dalam artikel ini, BPT akan memperkenalkan apa itu Virtual Machine (VM) dan bagaimana Virtual Machine Linux bekerja serta manfaatnya bagi para developer.

 

Apa itu Virtual Machine? 

Virtual Machine (VM) adalah versi digital dari server fisik dengan banyak manfaat untuk pengembangan aplikasi dan sistem operasi. Dengan menggunakan software VM, developer bisa menjalankan program dan sistem operasi dalam lingkungan virtual. Ini memungkinkan developer untuk menyimpan data, terhubung ke jaringan, dan melakukan berbagai tugas komputasi dengan efisien.

Perbedaan utama antara Virtual Machine (VM) dan server tradisional terletak pada cara penggunaan dan akses sumber daya. Pada server tradisional, beberapa aplikasi dan sistem operasi harus berbagi sumber daya fisik yang sama, seperti CPU, RAM, dan penyimpanan. Akibatnya, jika satu aplikasi membutuhkan banyak sumber daya, kinerja aplikasi lain bisa terpengaruh.

Sedangkan dengan VM, host berfungsi sebagai platform untuk menjalankan hypervisor, yang mengelola dan mengalokasikan sumber daya secara virtual kepada setiap VM yang berjalan di atasnya. Setiap VM beroperasi dalam lingkungan terisolasi dan independen, memungkinkan developer untuk menjalankan beberapa sistem operasi secara bersamaan tanpa mengganggu sistem induk. Ini memberikan kemampuan luar biasa dalam mengisolasi aplikasi atau layanan yang sedang diuji, menjalankan lingkungan terpisah, dan menerapkan konfigurasi yang berbeda sesuai kebutuhan proyek.

Ketika memilih jenis VM, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan preferensi. VM menawarkan kemudahan penggunaan, fleksibilitas, kontrol penuh, dan kestabilan. Nah, jika Anda ingin merasakan keempat keunggulan ini dalam satu dashboard yang mudah digunakan, DigitalOcean Droplets adalah pilihan terbaik untuk mengoptimalkan lingkungan pengembangan dan pengelolaan aplikasi secara efisien agar develop aplikasi lebih cepat dan andal.

 

DigitalOcean Droplets, Virtual Machine Berbasis Linux 

DigitalOcean Droplets adalah Virtual Machine (VM) berbasis Linux yang ditawarkan oleh DigitalOcean, sebuah platform cloud computing. Solusi dirancang untuk mudahkan developer menjalankan aplikasi di lingkungan Linux yang terisolasi. Artinya, developer dapat memiliki lingkungan virtual yang aman dan terpisah dari VM lainnya.

Developer dapat memilih dari berbagai pilihan sistem operasi Linux, seperti Ubuntu, CentOS, Debian, Fedora, dan lainnya. Ini memberi fleksibilitas untuk menggunakan sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan proyek.

Tak hanya itu, developer dapat menyesuaikan konfigurasi Droplets sesuai keinginan, seperti jumlah CPU, memori, dan kapasitas penyimpanan. Dengan begitu, pengguna hanya membayar untuk sumber daya yang dibutuhkan.

Solusi ini juga menawarkan kemudahan bagi developer dalam membuat, mengelola, dan menghapus Droplets sesuai kebutuhan. Jika aplikasi berkembang dan membutuhkan lebih banyak sumber daya, pengguna juga bisa dengan cepat memperluas kapasitas Droplets.

 

Fitur DigitalOcean Droplets

DigitalOcean Droplets juga memiliki sejumlah fitur ini untuk memudahkan developer dalam pengembangan aplikasi di anataranya sebagai berikut.

 

Reserved IPs

Bisa mengakses Droplet dengan IP cadangan tanpa mengubah alamat IP asli. Ini memberikan kemudahan dan stabilitas dalam mengelola koneksi.

 

Volumes Block Storage

Mudah tingkatkan ukuran volume tanpa mematikan Droplet. Solusi ideal ketika developer membutuhkan ruang penyimpanan lebih tanpa harus meningkatkan ukuran Droplet.

 

Firewall

Fitur firewall stateful berbasis jaringan yang memastikan semua trafik tidak diizinkan oleh aturan firewall. Pengguna bisa mengatur firewall untuk masing-masing Droplet atau dengan menggunakan tag.

 

Load Balancer

Distribusikan trafik secara seimbang, memastikan kesehatan keseluruhan layanan backend dan memastikan layanan tetap online dengan tingkat ketersediaan yang tinggi.

Selain itu, beberapa app developer juga telah berhasil memanfaatkan berbagai fitur DigitalOcean Droplets, berikut penjelasan detailnya.

  • Bright Data

Pengguna Bright Data yang telah menggunakan Droplet mengatakan bahwa software ini sangat andal, skalabel, dengan bandwidth yang murah, serta API yang mudah untuk skalabilitas dan mendukung pertumbuhan yang cepat.

  • RouteTrust

Lakukan migrasi live production traffic ke cloud, pengguna RouteTrust berkata performa dari Digital Ocean Droplet superior dibandingkan custom-build network mereka.

 

4 Keunggulan DigitalOcean Droplets

DigitalOcean Droplets memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan populer sebagai Virtual Machine (VM) berbasis Linux. Berikut adalah beberapa keunggulan DigitalOcean Droplets.

 

1. Bandwidth Gratis dengan Monitoring dan Keamanan

Bandwidth sudah bundling dengan limit tertentu sehingga baru akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan penggunaan trafik data. Selain itu, DigitalOcean juga menyediakan tools monitoring dan fitur keamanan untuk menjaga kinerja dan keamanan aplikasi. Jika dibandingkan dengan provider lain, DigitalOcean telah dilengkapi dengan free bandwidth mulai dari 1000 GB per bulan.

 

2. SLA Uptime 99,99%

Menawarkan SLA (Service Level Agreement) dengan uptime 99,99% yang berarti Droplets akan selalu tersedia dan minim risiko downtime. Dengan keandalan ini, aplikasi akan tetap online dan siap digunakan oleh pengguna.

 

3. Hemat Infrastruktur dan Waktu

Hemat biaya maintenance hingga 50 persen dibandingkan dengan solusi hosting tradisional. Selain itu, fitur interface komprehensif DigitalOcean dapat membantu developer menghemat waktu dalam mengatur dan mengelola infrastruktur.

 

4. Hemat Biaya Hosting

Biaya infrastruktur lebih terjangkau dibandingkan provider lain, sehingga Anda dapat mengalokasikan anggaran IT untuk pengembangan bisnis lainnya atau meningkatkan kapabilitas aplikasi Anda.

Dengan keunggulan ini, DigitalOcean Droplets menjadi pilihan yang menarik bagi start-up maupun bisnis kecil dan menengah.

 

Peran DigitalOcean dalam Mendukung Small Medium Business di Indonesia

DigitalOcean memainkan peran penting dalam mendukung Small Medium Business (SMB) di Indonesia. Sebagai penyedia layanan cloud computing, DigitalOcean menawarkan solusi yang terjangkau, mudah digunakan, dan scalable untuk memenuhi kebutuhan bisnis skala kecil dan menengah. Berikut beberapa keunggulan DigitalOcean untuk SMB.

 

Infrastruktur Cloud Andal

SMB dapat mengakses sumber daya komputasi yang fleksibel, seperti Virtual Machine Droplets, penyimpanan data, jaringan, dan layanan lainnya. Hal ini memungkinkan bisnis untuk meningkatkan skalabilitas aplikasi, meningkatkan kinerja, dan mengelola beban kerja dengan lebih efisien.

 

Tools Dirancang Khusus untuk Developer

Sediakan lingkungan yang developer friendly, dengan dukungan untuk berbagai bahasa pemrograman dan kerangka kerja populer. Selain itu, DigitalOcean memiliki perpustakaan panduan dan komunitas yang aktif untuk membantu developer mengembangkan dan mengoptimalkan aplikasi dengan mudah.

 

Dashboard Sederhana

Fokus pada pengguna yang baik dengan dashboard simple untuk permudah SMB saat mengelola infrastruktur cloud tanpa memerlukan keahlian teknis yang mendalam.

 

Mudah Mengontrol Anggaran

Informasi harga yang transparan dan fleksibel dengan berbagai pilihan harga yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Biaya yang terjangkau dan model pembayaran yang jelas memungkinkan SMB untuk mengontrol anggaran dan mengoptimalkan pengeluaran IT.

 

Baca Juga: Ini 3 Manfaat Cloud Computing untuk Perusahaan Anda

 

Dapatkan Virtual Machine Berbasis Linux dari DigitalOcean di BPT

Dapatkan kemudahan untuk mengembangkan, deploy, dan menjalankan aplikasi bisnis dengan solusi Virtual Machine berbasis Linux dari DigitalOcean di Blue Power Technology (BPT). BPT sebagai authorized advanced partner DigitalOcean akan membantu bisnis Anda dalam memaksimalkan investasi sekaligus mempermudah kerja developer saat mengembangkan aplikasi bisnis.

Tim IT BPT yang berpengalaman dan bersertifikat akan membantu Anda melalui setiap tahapan, mulai dari konsultasi hingga after sales support. Tertarik dengan solusi DigitalOcean Droplets? Hubungi tim BPT dengan meng-klik link ini.

 

Penulis: Ary Adianto

Content Writer CTI Group

//