News
Lates Post

Pentingnya Tingkatkan Keamanan Remote Access saat Bekerja dari Jarak Jauh

in

 

Remote access menjadi solusi bagi karyawan yang saat ini masih melanjutkan kerja dari kampung halaman usai libur Lebaran. Remote acces merupakan istilah yang memungkinkan karyawan mengakses file yang tersimpan di komputer lain dari jarak jauh.

Kendati semakin banyak perusahaan yang mengadopsi model kerja remote. Solusi remote access memicu kekhawatiran dari sisi ancaman risiko keamanan. Perusahaan pun dituntut untuk dapat meningkatkan keamanan remote access demi mencegah adanya serangan penjahat yang dapat mengakses data kritikal perusahaan secara ilegal.

Nah, seperti apa sebenarnya peran remote access dalam sebuah perusahaan hingga dapat mengoptimalkan produktivitas karyawan? Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu remote access hingga solusi tepatnya untuk bisnis Anda.

 

Apa itu Remote Access?

Dilansir dari Technopedia, remote access merupakan kemampuan untuk mengakses komputer karena telah terhubung ke dalam satu jaringan secara remote. Remote access dapat dilakukan dengan menggunakan jaringan seperti Local Area Network (LAN), WAN, hingga VPN yang memberikan kecepatan lebih cepat hingga memungkinkan karyawan bekerja dari jarak jauh, termasuk dari kampung halaman.

Sistem ini memungkinkan karyawan untuk mengakses file atau sistem dari kantor tanpa perlu datang ke kantor. Cukup dengan membuka komputer dari jarak jauh dan menggunakan remote access untuk mengakses file dan komputer yang berada di kantor pusat.

Remote access dapat meningkatkan produktivitas karyawan sehingga memudahkan kolaborasi antar karyawan dari jarak jauh.

 

Metode Remote Access

Sebagai sistem yang dapat menghubungkan komputer dari jarak jauh, remote access memiliki metode tersendiri. Berikut beberapa metode remote access.

Koneksi Langsung Komputer ke LAN

Koneksi langsung yang menghubungkan komputer ke saluran LAN rumah dan LAN perusahaan dapat memberikan kecepatan lebih tinggi. Namun, ada biaya yang banyak karena mahal, termasuk untuk membeli kabel dan hardware yang dibutuhkan untuk menyediakan sambungan.
Di sisi lain, koneksi langsung memiliki kekurangan karena biaya untuk kabel dan hardware yang relatif mahal. Di sisi lain, faktor batasan routing dari satu titik ke titik lain, ancaman keamanan, hingga potensi kerusakan pada kabel atau hardware akibat kondisi perubahan cuaca, pekerjaan konstruksi, dan human error juga menjadi kekurangan lain penggunaan LAN.

Koneksi VPN 

VPN menggunakan koneksi internet untuk menghubungkan dengan pengguna, tanpa menggunakan kabel seperti LAN. VPN dianggap sebagai metode yang ideal untuk perusahaan skala kecil karena telah didukung dengan teknik enkripsi untuk mengakses jaringan perusahaan. Namun begitu, kekurangan dari koneksi VPN adalah instalasi software baru untuk membuat sambungan, kebutuhan OS tertentu bergantung pada software client, hingga konfigurasi VPN yang rumit.

Metode Lain

Selain LAN dan VPN, ada sejumlah metode remote access lainnya menggunakan Integrated Service Digital Network (ISDN), Wide Area Network (WAN), modem kabel, dan Digital Subscriber Line (DSL). ISDN menjadi metode yang mulai jarang digunakan karena koneksinya sangat lambat. Sementara WAN memerlukan software tambahan seperti firewall atau client software.

 

Serangan yang Sering Dihadapi Perusahaan yang Mengadopsi Remote Access 

Ancaman serangan tak jarang dihadapi oleh perusahaan yang mengadopsi sistem remote access. Kendati memudahkan karyawan untuk bekerja dari mana saja, berikut beberapa serangan yang sering dihadapi saat mengadopsi remote access.

Kredensial Login Pengguna Lemah 

Penggunaan password untuk mengakses desktop tentu dapat memberikan keamanan, tetapi bisa saja password yang sama digunakan untuk login ke akun lain ketika menggunakan remote access. Di sisi lain, perusahaan tidak dapat mengelola penggunaan password untuk memastikan kekuatannya dan sering kali membiarkan koneksi remote access terbuka terhadap serangan brute force atau credential stuffing.

Akses Port Tidak Dibatasi 

Penyerang dapat berasumsi bahwa koneksi remote access adalah port yang digunakan dan menggunakannya untuk melancarkan serangan. Penting bagi perusahaan untuk menetapkan proses yang berbeda ke port berbeda agar membantu melacak proses tersebut.

BlueKeep 

BlueKeep memungkinkan penyerang mengeksekusi kode apa pun yang diinginkan di komputer jika mengirimkan permintaan khusus ke port yang tepat. BlueKeep bersifat wormable yang dapat menyebar ke semua komputer dalam jaringan, tanpa tindakan apa pun dari pengguna. Untuk menghindari serangan BlueKeep, pastikan untuk menonaktifkan remote access, gunakan firewall, dan patch terbaru untuk memperbaiki serangan ini.

 

Baca Juga: Ini 5 Kelebihan Remote Desktop untuk Tingkatkan Produktivitas Kerja

 

Protokol Keamanan yang Tepat Agar Remote Access Aman

Demi memastikan remote access aman saat diakses dari jarak jauh, pengguna perlu menerapkan protokol keamanan yang tepat. Berikut beberapa protokol keamanan yang dapat diterapkan.

Gunakan Kombinasi Password yang Kuat

Kombinasi password yang kuat pada akun apa paun menjadi langkah wajib untuk memastikan remote access aman saat diakses dari mana pun. Pastikan untuk menggunakan kombinasi password yang berbeda dengan akun lain.

Gunakan Multi-Factor Authentication

Pertimbangkan penggunaan MFA sebagai mekanisme sederhana untuk mengontrol otentikasi akses terhadap file dan informasi sensitif perusahaan.

Update Software

Pastikan untuk mengaktifkan software update secara otomatis untuk mendapatkan perbaikan patch keamanan dan software versi terbaru yang telah mendukung enkripsi tinggi, sekaligus mengurangi titik kelemahan keamanan.

Batasi Akses Menggunakan Firewall 

Gunakan firewall pada software dan hardware untuk membatasi akses ke desktop dan server.

Aktifkan Network Level Authentication 

NLA memberikan otentikasi tambahan sebelum koneksi remote access dibuat.

Batasi Pengguna yang Menggunakan Remote Access 

Jika memiliki beberapa akun admin dikomputer, pastikan untuk membatasi remote access hanya kepada akun-akun yang memerlukan. Pastikan untuk menghapus remote access yang sudah tidak digunakan untuk administrasi sistem dan hanya izinkan akun pengguna yang memerlukan layanan remote access.

Terapkan Kebijakan untuk Mengunci Akun

Atur komputer Anda untuk mengunci akun jika terjadi beberapa kesalahan saat menginput password. Hal ini dapat mencegah peretas menggunakan kombinasi password otomatis untuk mendapatkan akses ke sistem Anda.

Kini, Anda tentu sudah paham sejauh mana fungsi dan apa saja ancaman yang dapat mengintai saat menggunakan remote access. Untuk memastikan remote access aman dari berbagai ancaman siber, DeskIn hadir sebagai solusi yang dapat meningkatkan fleksibilitas bisnis dan efisiensi kerja karyawan yang aman saat bekerja dari mana pun dan menggunakan perangkat apa pun.

 

Bagaimana DeskIn Membantu Remote Access Lebih Aman?

DeskIn adalah solusi plug and play remote access yang aman dan efisien untuk  akses file jarak jauh. Dengan begitu, karyawan dapat tetap memastikan produktivitas dan keamanan saat bekerja dari mana pun selama terkoneksi dengan internet. Blue Power Technology (BPT) menjalin kerja sama ekslusif sebagai value added distributor DeskIn di Indonesia.

DeskIn dapat menjadi solusi untuk mengurangi kebutuhan instalasi hardware yang mahal dan kompleks, sekaligus meningkatkan fleksibilitas dan produktivtias karyawan. DeskIn juga memastikan koneksi remote access berdefinisi tinggi dengan teknologi remote control untuk memastikan kelancaran dan stabilitas akses data.

Berikut lima fitur unggulan DeskIn untuk mengoptimalkan remote access bagi karyawan:

  1. Screen recording
  2. Watermark
  3. Log
  4. Role & permission
  5. Device permission

Sebagai solusi yang menawarkan Real-time Transport Protocol (RTP), DeskIn mampu memberikan kecepatan dan keandalan tinggi yang telah mendukung semua platform dengan latensi dan koneksi rendah. Remote access DeskIn merupakan solusi yang lebih aman dan efisien dibandingkan solusi Remote Desktop Protocol (RDP) karena telah didukung dengan teknologi Software Define Wide Area Network (SD-WAN) global yang memberikan akselerasi tingkat mili-second.

 

Kelebihan DeskIn Remote Access

Sebagai solusi yang memberikan transmisi stabil, DeskIn remote access menawarkan serangkaian kelebihan. Mulai dari algoritma video encoding dan decoding yang dioptimalkan untuk skenario desktop cloud, hingga memaksimalkan fungsi CORE security yang mencakup screen recording, watermark, life-time log, role & permission, dan device authentication.

Berikut lima kelebihan solusi DeskIn remote access:

1. Harga kompetitif sehingga cocok untuk bisnis dalam skala apa pun.

2. Mendukung koneksi lintas platform dan perangkat tanpa ada batasan.

3. Kinerja tinggi berkualitas HD tanpa batas kecepatan dan transmisi stabil dengan algoritma yang dikembangkan secara internal. Latensi di bawah 40 mili-second.

4. Enkripsi end-to-end yang kuat sebagai bentuk jaminan keamanan terhadap data perusahaan.

5. Dukungan tim ahli selama 24/7 untuk memastikan Anda dapat mengatasi berbagai kendala.

 

Dapatkan Solusi Remote Access yang Aman dari DeskIn di BPT 

Saatnya berikan solusi remote access yang aman untuk meningkatkan kolaborasi tim kerja Anda tanpa terkendala waktu dan tempat dengan solusi DeskIn di Blue Power Technology (BPT). BPT dengan bangga mengumumkan kerja sama eksklusif terbaru sebagai value added distributor DeskIn di Indonesia.

Dukungan tim IT BPT yang profesional, berpengalaman, dan bersertifikat akan membantu Anda terhindar dari trial and error, mulai dari tahap konsultasi, deployment, hingga after sales support. Dapatkan solusi remote access DeskIn dari BPT dengan menghubungi tim kami di link berikut.

 

Penulis: Ervina Anggraini - Content Writer CTI Group

//