News
Lates Post

Perhatikan 5 Hal Berikut saat Adopsi Cloud Computing

in

Dalam beberapa tahun terakhir, cloud computing memegang peranan penting dalam menentukan arah IT perusahaan. Sebagian besar kini menggunakan solusi berbasis cloud hingga Software as a Service (SaaS) karena dianggap lebih efisien dan efektif. Cloud menawarkan pemeliharaan server dan hardware secara langsung serta menghilangkan beban churn hardware dan modal perusahaan.

Dalam laporannya Gartner memproyeksi pengeluaran IT perusahaan pada 2021 tumbuh 18,4 persen dengan total US$304,9 miliar yang dari sebelumnya hanya sebesar US$257,5 miliar pada 2020. SaaS diproyeksikan tetap menjadi segmen pasar terbesar yang tumbuh menjadi US$117,7 miliar pada 2021. Diikuti Platform as a Service (PaaS) sebesar 26,6 persen didorong oleh kebutuhan pekerja ke infrastruktur yang sebagian besar berupa aplikasi cloud native.

Apa Saja 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Adopsi Cloud?

Namun, tak dipungkiri jika menyimpan data ke layanan cloud computing juga berpotensi menyimpan risiko. Untuk menghindari hal tersebut, berikut lima hal yang harus diperhatikan ketika perusahaan Anda hendak mengadopsi cloud:

1. Kenali Hosting

Saat ini ada banyak penyedia cloud computing, baik fisik maupun dengan model solusi SaaS. Apabila perusahaan Anda hendak menggunakan solusi yang beragam, ada baiknya menggunakan solusi yang ditawarkan oleh lebih dari satu hosting atau di lebih dari satu daerah. Diversifikasi penyedia solusi ini membantu Anda melakukan backup jika salah satu hosting mengalami kendala.

2. Latensi Layanan Cloud

Solusi SaaS yang ideal umumnya memiliki latensi lebih rendah, layanan lebih baik, dan jaminan pengelolaan data sesuai dengan hukum setempat. Sebagian besar perusahaan memiliki lebih dari satu layanan cloud di lebih dari satu lokasi, maka hosting yang telah dikenal secara global menjadi pilhian lebih baik. Pilih hosting berdasarkan lokasi perusahaan dan berapa banyak solusi yang hendak Anda miliki.

3. Pilih Layanan Cloud yang Tepat

Solusi SaaS sejatinya bisa berupa aplikasi berbasis layanan mikro yang bisa diperbarui, diterapkan, diskalakan, dan dipulihkan dengan cepat ketika terjadi error. Pastikan Anda mencari solusi yang dikembangkan secara terintegrasi sehinga minim error, kecepatan fitur lebih cepat, dan resolusi lebih cepat terkait masalah keamanan. Penting bagi penyedia layanan untuk membuat detail perjanjian tingkat layanan, kapan versi pembaruan dirilis, dan seperti apa arsitektur uatannya. Hindari memilih layanan yang sekadar aplikasi monolitik.

4. Ketahui Aspek Privasi Data, Durasi, Daya Tahan, dan Kepemilikan

Anda perlu mengetahui di mana data tersimpan dan siapa saja yang bisa mengaksesnya untuk memastikan semua kriteria sesuai dengan kebutuhan. Dari GDPR hingga CCPA, pastikan Anda memilih solusi dan tidak menyerahkan hak apa pun atas data yang tersimpan serta pahami bagaimana data tersebut bisa digunakan, terutama penggunaan machine learning dan artificial intelligence.

Pastikan untuk mengetahui ketahanan data yang tersimpan di cloud terjamin hingga suatu hari Anda menghapusnya. Solusi yang baik harus dibuat dengan arsitektur yang memenuhi syarat 'sebelas 9' dengan menawarkan ketahanan 99,999999999 persen. Dalam arti solusi yang tepat bukan hanya mengandalkan teknologi, tetapi juga melalui proses backup dan data solid ketika dipulihkan saat terjadi bencana tak terduga.

5. Aspek Keamanan Data

Untuk menilai keamanan solusi SaaS yang tepat, pastikan Anda telah mengetahui info mengenai log audit, enkripsi, otentikasi, sertifikasi ISO 27001, 27017, dan 27701 hingga audit SOC yang dilakukan. Selain standar sertifikasi, pastikan hosting melakukan audit SOC yang sesuai dengan standar ISO untuk memberi jaminan bahwa data Anda aman.

ExtremeCloud IQ dan Fitur Unggulannya

Untuk menjawab kelima tantangan di atas, Extreme Networks memperkenalkan layanan cloud end-to-end mulai dari penerapan hingga pemeliharaan. ExtremeCloud IQ Essentials menyediakan empat aplikasi utama yakni WIPS, location services, IoT, dan guest management yang membantu perusahaan memanfaatkan platform all-in-one untuk manajemen perangkat berbasis kabel dan wireless, onboarding IoT melalui satu user interface. ExtremeCloud IQ dibangun dengan mempertimbangkan elemen manusia sehingga membantu TI dan perusahaan fokus pada apa yang penting bagi jalannya bisnis.

Dibandingkan layanan cloud lain, ExtremeCloud IQ memiliki fleksibilitas solusi lengkap dengan kelebihan utama antara lain:

- Client, Device, & Network 360

- Unified Policy Management

- Network Health KPI

4 Portfolio Solusi ExtremeCloud

Extreme Networks menawarkan tingkatan aplikasi paling fleksibel, fitur beragam yang disesuaikan dengan bisnis, anggaran, dan kebutuhan IT didukung jaminan manajemen dan solusi yang tepat. Ketahui empat portfolio solusi ExtremeCloud sebagai berikut:

  • ExtremeCloud IQ Connect

Public cloud yang menawarkan manajemen gratis untuk akses poin, switch, dan router.

  • ExtremeCloud IQ Navigator

Tersedia untuk public dengan fitur yang serba terhubung ditambah fungsi manajemen third party dan non-native cloud device.

  • ExtremeCloud IQ Pilot

Menyediakan solusi untuk kebutuhan publik, privat, dan lokal dengan fitur yang bisa dinavigasi, termasuk manajemen infrastruktur lebih canggih, pelaporan, dan tool remediation.

  • ExtremeCloud IQ AutoPilot

Sepintas fitur utama ExtremeCloud IQ AutoPilot serupa dengan ExtremeCloud IQ Pilot, namun dengan tambahan machine learning yang bisa mendeteksi ketika ditemukan anomali.

Dapatkan ExtremeCloud IQ dari BPT

ExtremeCloud IQ tersedia dalam tiga opsi implementasi untuk diterapkan di data center utama seperti Amazon AWS, Microsoft Azure, GCP, atau pilih local cloud terdekat dengan lokasi Anda. Dapatkan ExtremeCloud IQ dan Extreme di Blue Power Technology (BPT). Sebagai mitra resmi Extreme Networks, tim BPT siap membantu Anda memanfaatkan solusi cloud ini secara maksimal dengan memberikan layanan end-to-end, mulai dari konsultasi, migrasi, implementasi, hingga maintenance.

Anda juga tak perlu khawatir apabila mengalami kendala saat menjalankan solusi ini, karena BPT memiliki tim IT yang juga siap membantu mengatasi isu teknis dalam waktu 24 jam setiap harinya. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi marketing@bluepowertechnology.com.

//