//
News
Lates Post

Saatnya Lindungi Bisnis dari Serangan DDoS dengan Data Scrubbing Center

in

Serangan siber yang menyasar bisnis hingga saat ini motifnya kian beragam. Data yang dihimpun Alibaba Cloud mencatat ada 495 juta serangan siber di Indonesia sepanjang 2020. Jumlah tersebut meningkat tiga kali lipat dibandingkan serangan serupa pada 2019. Salah satu serangan siber yang paling umum dilancarkan oleh peretas yakni DDoS (Distributed Denial of Service).

DDoS akan melancarkan serangan sehingga Anda tidak bisa membuka situs web tertentu dengan menutup aksesnya untuk jangka waktu lama. Selain dengan cara itu, DDoS juga menurunkan kecepatan memuat (loading) laman situs web menjadi sangat lambat. Untuk memerangi serangan DDoS, saatnya terapkan scrubbing pada data krusial bisnis Anda.

Bagaimana Cara Kerja Data Scrubbing Center?

Ketika terjadi serangan DDoS, scrubbing center akan membantu membersihkan trafik berbahaya dari server. Kemudian scrubbing center akan mentransfer kembali trafik yang sudah bersih dari serangan DDoS ke server.

Saat trafik situs web berasal dari seluruh dunia, maka scrubbing dari sejumlah lokasi berbeda akan bekerja sama untuk membersihkan dan memerangi serangan tersebut. Ketika terjadi serangan, scrubbing center akan menurunkan latensi sehingga bisa memuat situs web lebih cepat.

Scrubbing center sendiri mengacu pada pusat pembersihan data terpusat untuk keperluan analisa trafik dan menghapus trafik yang berbahaya (termasuk DDoS hingga yang berpotensi memiliki kerentanan dan eksploitasi).

Mengapa Scrubbing Center Penting?

Scrubbing center penting untuk dilakukan oleh pelaku bisnis, terutama yang bergerak di sektor keuangan, ritel, transportasi, asuransi, komunikasi, hingga game. Selain untuk melindungi dari serangan siber, scrubbing center juga berguna untuk menyediakan integrasi yang mulus antara cloud dan solusi in-premise dari serangan DDoS dan kejahatan online lainnya.

Tak hanya itu, scrubbing center juga penting untuk mendeteksi dan menghapus semua trafik sehingga bisa secara akurat menemukan adanya serangan. Scrubbing center juga akan memberikan waktu respons yang cepat dan akurat terhadap trafik laman web.

Scrubbing Center Alibaba Cloud

Untuk membantu mendeteksi, menganalisa, dan menghapus volume trafik yang besar dan berbahaya, Alibaba Cloud sejak Maret 2021 meluncurkan data scrubbing center di Indonesia. Saat terjadi serangan siber seperti DDoS, maka layanan anti-DDoS Alibaba Cloud secara otomatis mengurangi serangan dan memperkuat keamanan aplikasi customer.

Tak hanya itu, data scrubbing center Alibaba Cloud juga secara signifikan akan mengurangi ancaman serangan berbahaya. Disamping itu, scrubbing center juga secara signifikan akan mengurangi ancaman serangan berbahaya. Mengingat saat ini semakin banyak bisnis yang mengalihkan infrastruktur IT ke cloud.

Scrubbing center Alibaba Cloud dibekali algoritme cerdas yang mampu membedakan trafik berbahaya dan ‘bersahabat’ jika terjadi serangan ke sistem bisnis Anda. Bukan hanya melindungi sistem yang berjalan di cloud, scrubbing center juga akan memberikan perlindungan bagi aset yang disimpan selain di cloud.

Hingga saat ini Alibaba Cloud memiliki 15 scrubbing center di seluruh dunia. Scrubbing center yang berada di Indonesia akan membantu customer menurunkan latensi sehingga memastikan layanan cloud Anda tetap aman. Scrubbing center akan membantu laman web terbebas dari downtime karena serangan DDoS.

3 Tipe Serangan yang Dihalau Scrubbing Center Alibaba Cloud

1. Volumetric Attack

Serangan siber yang mengirimkan trafik dalam jumlah besar untuk menghabiskan bandwith Anda. Serangan ini bisa menjadi aplifikasi NTP atau UDP dalam jumlah masif.

2. Protocol Attack

Serangan jenis ini menarget server termasuk SYN, Ping of Death, dan serangan lainnya, tetapi firewall dan load balancers akan menjadi garda utama untuk menghalau.

3. Application Layer Attacks

Pelaku akan menyerang kelemahan dalam aplikasi web dengan cara membangun koneksi dan memonopoli proses loading lebih jauh.

Dapatkan Alibaba Cloud dari BPT

Sebagai mitra resmi Alibaba Cloud, Blue Power Technology (BPT) siap membantu Anda memanfaatkan solusi cloud ini secara maksimal dengan memberikan layanan end-to-end, mulai dari konsultasi, migrasi, implementasi, hingga maintenance.

Anda juga tak perlu khawatir apabila mengalami kendala saat menjalankan solusi ini, karena BPT memiliki tim IT yang siap membantu mengatasi isu teknis dalam waktu 24 jam setiap harinya. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi marketing@bluepowertechnology.com.

//