News
Lates Post

Saatnya Permudah Uji Mobile App dengan Mobile Application Testing

in

Keberadaan mobile application testing kini semakin penting bagi mobile app developer, karena solusi ini dapat mempercepat waktu pengujian, meningkatkan efektivitas, efisiensi dan coverage pada saat pengembangan software atau mobile app.

Selain itu, metode ini mampu mengurangi human error pada aplikasi sebelum dirilis dengan mengotomatiskan proses pengujian secara repetitif atau smoke testing, sehingga dapat memeriksa tidak ada kesalahan sistem pada mobile app.

Lantas, apa itu mobile application testing? Mengapa mobile application testing penting dalam mengembangkan mobile app? Selengkapnya, simak dalam penjelasan berikut.

Apa Itu Mobile Application Testing dan Mengapa Penting Bagi Pengembangan Mobile App?

tantangan mobile developer

Mobile application testing adalah software automation yang dikembangkan untuk deteksi perbedaan antara kondisi mobile app yang ada dengan kondisi yang tidak diinginkan (defects, errors, bugs) serta mengevaluasi fitur-fitur yang ada dalam mobile app.

Dengan mobile application testing, para mobile app developer dapat mengotomatisasi aktivitas manual testing yang rentan terhadap human error serta mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan test. Dengan demikian, mobile app dapat lebih cepat dirilis.  

Maka dari itu, untuk menghindari mobile app dari potensi defects, bug atau error yang tidak terduga, wajib bagi mobile app developer menggunakan mobile application testing terpercaya dan berpengalaman untuk menjalankan seluruh proses pengujian yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Alibaba Cloud Hadirkan Solusi Mobile Application Testing Service Terbaik

Dengan memahami bahwa mobile app developer memiliki tantangan dalam melakukan testing mobile app, Alibaba Cloud menawarkan solusi baru yang dikenal sebagai EMAS (Enterprise Mobile Application Studio), sebuah platform riset dan pengembangan mobile application testing berbasis cloud yang didesain untuk mengatasi semua masalah yang terjadi selama masa pengembangan mobile app.

Selain itu, pengujian otomatis yang disediakan oleh EMAS memungkinkan mobile app developer untuk menjalankan uji perangkat komputer melalui kabel USB juga WiFi.

Tidak hanya itu, EMAS juga memiliki fitur untuk merekam proses pengujian dan menawarkan layanan 24/7 untuk membantu mobile app developer menemukan semua jenis risiko tersembunyi dalam mobile app, seperti kerusakan aplikasi, masalah kompatibilitas, masalah fungsionalitas, dan masalah kinerja.

Tentunya semua hal Ini akan membantu mobile app developer dalam meningkatkan kecepatan perilisan mobile app, mengurangi churn rate, meningkatkan kualitas aplikasi dan peningkatan pengalaman pengguna.

4 Keuntungan Menggunakan EMAS Mobile Application Testing Service

keuntungan alibaba Cloud EMAS Mobile Testing

Sumber: Alibaba Cloud

Solusi dari EMAS Mobile Application Testing menawarkan fitur yang dapat mendeteksi defects, errors dan bugs pada mobile app. Fitur ini juga memiliki beberapa keuntungan yang dapat memaksimalkan proses pengujian software atau mobile app, seperti:

1. Kecepatan Testing

Proses ini akan mempercepat pekerjaan Anda dalam proses pengujian mobile app dalam hitungan menit bahkan detik.

2. Pengujian Berbasis Cloud

Dengan platform pengujian berbasis cloud, Anda dapat melakukan pengujian berulang tanpa perlu repot membeli lisensi VM.

3. Tanpa Downtime

Anda dapat mendeteksi kerusakan pada toolchain build secara real-time dan tanpa mengalami downtime.

4. Hemat Biaya

Mobile application testing Tool EMAS dapat menghemat waktu dan biaya dengan mengotomatisasi manual testing.

Pastikan Standar Kualitas dan Kinerja Mobile Application Testing Terbaik dengan EMAS

Solusi dari EMAS dari Alibaba Cloud dapat membantu Anda memastikan memiliki 100 persen cakupan pengujian mobile app yang meliputi pengujian keamanan, kegunaan, kinerja, fungsi dan kompatibilitas.

Selain itu, solusi ini mungkinkan mobile app developer untuk menjalankan pengujian pada perangkat yang terhubung dengan komputer melalui kabel USB dan WiFi, merekam proses pengujian, menambahkan logika untuk menguji script tanpa perlu menuliskan satu baris coding, serta fitur emulator yang memungkinkan pengecekan dilakukan secara cepat dan efisien. 

Baca Juga: Tinggalkan IT Jadul, Saatnya Beralih ke Cloud Data Center!

Dapatkan Solusi EMAS Mobile Application Testing Service dari Alibaba Cloud di BPT

Saatnya uji software atau mobile app lebih optimal dengan solusi mobile application testing EMAS (Enterprise Mobile Application Studio) Alibaba Cloud dari Blue Power Technology (BPT). BPT sebagai authorized partner di Indonesia telah bekerja sama dengan Alibaba Cloud untuk menghadirkan solusi mobile application testing yang optimal dalam mendukung para mobile app developer di Indonesia.

BPT memiliki tim profesional dan bersertifikasi yang siap membantu Anda melewati setiap proses, mulai dari konsultasi hingga dukungan after sales untuk menjamin keamanan aplikasi dari trial and error. Dapatkan solusi EMAS (Enterprise Mobile Application Studio) dari BPT sekarang dengan menghubungi kami di marketing@bluepowertechnology.com.

Penulis: Ary Adianto - Content Writer CTI Group