News
Lates Post

Seluk Beluk 400G Ethernet Serta Manfaatnya untuk Open Network dan Hyperscale Data Center

in

400G Ethernet mulai diadopsi  banyak perusahaan, untuk mendukung penerapan metode data driven company. Maklum saja, karena untuk memanfaatkan data dalam setiap pengambilan keputusan memiliki tantangan yang cukup besar. Salah satunya, banyaknya data yang harus dianalisis. Apalagi, dengan semakin banyaknya aplikasi dan layanan perusahaan yang tersimpan di cloud memungkinkan perusahaan dan pelanggannya mengaksesnya kapan saja.

Belum lagi jika meghitung penerapan sejumlah teknologi baru seperti 5G, Internet of Things (IoT), edge computing, AI, machine learning, yang banyak dilakukan perusahaan yang tergolong operator hyperscale data center. Semua teknologi itu bersifat data intensive dan menyebabkan trafik jaringan yang berat dan jelas membutuhkan solusi lantaran keterbatasan kinerja teknologi yang ada.

Hasil riset yang diungkap Edgecore  menunjukkan bahwa hyperscale data center pada umumnya telah mengalami peningkatan storage lebih dari 50 persen setiap tahun, dengan banyaknya trafik data yang dipindahkan dari data center. Karenanya, mereka mulai mencari dan beralih ke infrastruktur jaringan 400G untuk bisa meg-handle workload  itu. Dengan density server dan daya pemrosesan yang lebih besar, operator membutuhkan bandwidth 400G untuk menggantikan koneksi 100G/200G. Tak cuma itu, peralatan jaringan 400G juga menawarkan efisiensi yang lebih baik, biaya dan daya lebih rendah, serta berkurangnya kemungkinan gagal di dalam jaringan.

Dalam mengakomodasi kebutuhan ini, Edgecore menghadirkan switch 400G Ethernet sebagai ekspansi dari portfolio produk 400G miliknya. Namun sebelum lebih lanjut mengulik keunggulan dari produk ini, ada baiknya Anda baca dulu lebih lengkap tentang apa itu 400G.

Apa Itu 400G Ethernet?

400G Ethernet adalah teknologi kunci dalam membangun infrastruktur jaringan untuk mendukung penyebaran aplikasi berbasis cloud dan mobile.

Karena semakin banyak operator data center kesulitan memenuhi kebutuhan jaringan, mengurangi biaya dan menjadi lebih sustainable, Edgecore menghadirkan solusi 400G untuk hyperscale data center, aplikasi dengan bandwidth tinggi, dan aplikasi enterprise edge.

Mengapa 400G Ethernet Sangat Diperlukan Bisnis?

Selama bertahun-tahun, operator hyperscale data center telah merasakan manfaat dari open network seperti provisioning otomatis dan cepat dalam layanan dan kapasitas jaringan, kontrol lebih baik pada pengembangan layanan jaringan, kebebasan bekerja dengan supplier terbaik, serta berkurangnya ongkos peralatan jaringan dan biaya operasional.

Manfaat dari open network semacam ini sebetulnya sudah tersedia pada banyak situasi jaringan perusahaan. Data center public dan private cloud dari berbagai ukuran juga telah di-deploy dengan network fabric yang dibangun dari open TOR dan spine switch. Selain itu, open network juga mampu memenuhi persyaratan penyedia layanan telekomunikasi seperti arsitektur kantor baru, managed service delivery, monitoring and analytics network serta pertukaran internet.

Kini, dengan semakin besarnya pertumbuhan IoT, AI, cloud dan machine learning yang membutuhkan kecepatan pemrosesan yang lebih stabil, latensi lebih rendah dan kapabilitas storage yang tinggi, semua kebutuhan di atas memerlukan bandwidth jaringan ke 400G atau malah bisa di atasnya.

Apa Saja Keunggulan Edgecore 400G Ethernet?

Edgecore menawarkan sejumlah keunggulan dalam produk switch 400G Ethernet miliknya, berikut beberapa di antaranya yang bisa disimak.

-Pengalaman lebih dari satu dekade dalam merancang dan memanufaktur jaringan IP.

-Ragam pilihan optic transceiver untuk mendukung deployment 100G/400G.

-Kapabilitas rancangan terbaik untuk signal integrity, power integrity, dan analisis thermal serta manajemen.

-Tim pengembangan software in-house berpengalaman untuk mengaktifkan sistem lebih cepat.

-Data center yang berfokus pada pengembangan dan dukungan Enterprise SONiC.

Baca Juga: Sederhanakan Pengelolaan Jaringan dengan Solusi ecCLOUD

Topologi Leaf and Spine 400G untuk Data Center

Edgecore memiliki topologi yang disebut dengan istilah “Leaf and Spine” pada 400G, di mana 400G akan menjadi “spine” di antara spine switch dan leaf switch (100G). Lengkapnya, Anda bisa simak topologi tersebut pada gambar di bawah ini.

 

Topologi 400G Ethernet untuk Data Center

Sumber: edge-core.com

 

Edgecore juga menjadi member aktif dari OCP, ONF, TIP dan SONiC, yakni komunitas open software, di mana mereka menghadirkan pilihan software open-source yang menyediakan operator jaringan dengan open platform serta memungkinkan pengembangan aplikasi value-added.

 keanggotaan EdgeCore dalam komunitas open software

Sumber: edge-core.com

 

Dapatkan Solusi 400G Ethernet dari Edgecore di BPT

Blue Power Technology (BPT) sebagai salah satu penyedia solusi IT terpercaya di Indonesia telah bekerja sama dengan Edgecore untuk menghadirkan solusi jaringan yang ideal bagi bisnis di berbagai ukuran dan industri. Anda bisa mendapatkan solusi Edgecore, termasuk switch 400G Ethernet dari BPT.

BPT memiliki tim profesional dan tersertifikasi internasional akan membantu Anda melewati setiap proses, mulai dari konsultasi hingga dukungan after-sales demi menjamin keamanan aplikasi dan bisnis Anda. Dapatkan solusi Imperva dari BPT dengan menghubungi kami lebih lanjut di marketing@bluepowertechnology.com.

 Jeko Iqbal Reza - Content Writer CTI Group
//