News
Lates Post

Serba-serbi Robotic Process Automation untuk Otomatisasi Workflow

in

Robotic Process Automation (RPA) adalah software untuk memudahkan proses build, deploy, dan manage software robotik yang dapat meniru tindakan manusia dalam melakukan pekerjaan repetitif. Software RPA dapat melakukan tugas ringan yang kerap dilakukan manusia dengan kecepatan dan tingkat akurasi hingga 100 persen sehingga pekerjaan menjadi lebih cepat konsisten, dan minim kesalahan

RPA dapat diterapkan di semua industri, meningkatkan ROI, hingga mengotomatiskan tugas. Salah satunya kemampuan menavigasi sistem, mengidentifikasi data, hingga melakukan pekerjaan lain yang kerap dilakukan secara berulang. Dalam artikel ini, BPT akan memberikan pemahaman mendalam mengenai pengertian, manfaat, keuntungan, hingga contoh penggunaannya dalam mengotomatisasi workflow.

 

Pengertian Robotic Process Automation (RPA)

Robotic Process Automation (RPA) memiliki karakteristik dapat meniru mimik manusia Salah satunya kemampuan menavigasi sistem, mengidentifikasi data, hingga melakukan pekerjaan lain yang kerap dilakukan secara berulang. Istilah RPA sudah bergaung di awal 2000-an, tetapi baru berkembang dalam beberapa tahun terakhir. RPA sejatinya adalah evolusi dari teknologi screen scraping, workflow automation, dan Artificial Intelligence.

Screen scraping adalah proses mengoleksi data screen display dari aplikasi legacy agar data dapat ditampilkan oleh UI yang lebih modern. Sementara software workflow automation akan menghilangkan proses data entry manual untuk meningkatkan kecepatan, efisiensi, dan akurasi. Terakhir, AI memungkinkan RPA dapat menjalankan tugas yang umumnya membutuhkan campur tangan manusia.

 

Manfaat Robotic Process Automation

Sesuai namanya, RPA dapat melakukan tugas secara otomatis dengan akurasi mencapai 100 persen dalam meniru pekerjaan manusia. Lantas, apakah RPA cocok untuk diterapkan pada bisnis Anda? Cek apa saja manfaat menggunakan RPA berikut ini.

Percepat Transformasi Digital

Penerapan RPA memungkinkan bisnis mempercepat transformasi digital karena beberapa proses dapat diotomatisasi. Dengan begitu, bisnis Anda bisa lebih cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Hemat Biaya Operasional

Kemampuan otomatisasi membuat proses kerja menjadi lebih cepat dan tepat sehingga perusahaan dapat menghemat biaya operasional. Agar operasional dapat berjalan optimal, dalam jangka panjang perusahaan hanya perlu mengeluarkan biaya pemeliharaan software robotic.

Tingkatkan Produktivitas

Virtual robot software (robot) yang ditanam dalam RPA dapat mengotomatiskan proses kerja, termasuk proses legacy tanpa harus mengganti sistem sehingga meningkatkan produktivitas. Dengan begitu, hasil suatu pekerjaan menjadi lebih cepat dan efisien dengan hasil yang lebih banyak.

Tingkatkan Akurasi Hasil

Kemampuan RPA mengotomatiskan pekerjaan menjadi nilai plus yang menjadikan akurasi jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tenaga manusia. RPA yang sudah dirancang dengan algortima dapat meminimalkan kesalahan saat bekerja.

Permudah Tugas dan Pekerjaan Karyawan

Otomatisasi sistem kerja tentu dapat mempermudah tugas dan pekerjaan karyawan. Dengan begitu, karyawan dapat melaukan pekerjaan yang lebih strategis dan penting lainnya.

Tingkatkan Revenue dan Percepat Proses Kerja

Mengotomatisasi tugas yang dilakukan secara berulang tentu dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, mempermudah operasional AI, memastikan compliance, dan percepat proses pengambilan keputusan.

 

Keuntungan Menggunakan Robotic Process Automation

Jika diimplementasikan dengan tepat, RPA memiliki serangkaian keuntungan sebagai berikut:

  • Minim coding untuk kebutuhan konfigurasi, cukup dengan menggunakan fitur drag-and-drop di UI sehingga mudah digunakan oleh staf non-teknis.
  • Mengurangi workload tim, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dengan mengalokasi pekerjaan ke prioritas lain yang lebih penting dan membutuhkan input manusia.
  • Tingkat kepuasan pelanggan dapat meningkat karena waktu tunggu dapat berkurang secara signifikan.
  • SDM dapat fokus pada pengambilan keputusan strategis, sehingga dapat memberikan efek positif pada kebahagiaan dan moral karyawan.
  • Human error dapat berkurang signifikan, sementara akurasi dan standar kepatuhan meningkat.

 

Contoh Penggunaan RPA di Industri

Implementasi RPA dapat ditemukan dalam kegiatan sehari-hari di berbagai industri. Salah satunya pada layanan kesehatan yang digunakan untuk menangani riwayat medis pasien, catatan, penagihan, dan laporan. Secara detail, berikut beberapa contoh penggunaan RPA di berbagai industri.

Finansial

Saat ini banyak perbankan dan perusahaan besar yang menggunakan solusi otomatisasi RPA untuk mengerjakan tugas yang bersifat repetitif. Tugas seperti melakukan riset pelanggan, pembukaan rekening, menjawab pertanyaan konsumen, membuat perencanaan keuangan, memproses rekening koran, hingga anti money laundry. Ribuan bot disebar untuk mengotomatisasi entri data bervolume tinggi yang selama ini dilakukan secara manual.

Asuransi

Otomatisasi RPA memudahkan tugas agen asuransi saat memproses klaim customer, memenuhi aturan, dan melakukan manajemen kebijakan.

Ritel

Industri ritel modern dapat meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pengguna ketika berbelanja. Kemunculan e-commerce mendorong peningkatkan manajemen hubungan pelanggan, manajemen gudang dan pemesanan, merespons feedback customer, hingga mendeteksi dugaan penipuan.

Kesehatan

Beberapa rumah sakit dan layanan kesehatan menggunakan RPA untuk optimalisasi manajemen informasi, mempercepat proses resep obat, proses klaim asuransi, hingga siklus pembayaran secara akurat untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien.

Operasional Bisnis

RPA dapat memudahkan bisnis saat memerlukan proses pembaruan dan validasi data customer secara otomatis, sehingga dapat terhindar dari fraud. Teknologi robotik RPA yang telah dilengkapi Machine Learning yang dapat mengekstraksi data hingga men-scan dokumen penting.

Sales dan Marketing

Pemanfaatan platform digital yang dilengkapi RPA untuk kebutuhan campaign dapat memudahkan mendapatkan leads. Selain itu, pembuatan dan pengiriman faktur hingga update CRM dan data pelanggan dapat dilakukan secara otomatis untuk meningkatkan efisiensi kerja tim sales dan marketing.

Customer Service

Chat enable dapat diprogram dan diotomatisasi untuk mengarahkan pelanggan melakukan perbaikan ringan secara mandiri, seperti troubleshooting. Software RPA dapat mengotomatisasi tugas administrasi sistem yang kompleks, termasuk melakukan diagnosa kebutuhan customer di tahap awal. Pelanggan dapat mengajukan berbagai pertanyaan dan komplain secara mudah melalui chatbot atau sistem ticketing untuk respons cepat. Berbagai masalah umum dapat teratasi dengan cepat dan pertanyaan yang lebih kompleks dapat ditangani oleh manusia.

Untuk melakukan otomatisasi pekerjaan yang bersifat repetitif dan memastikan implementasi RPA berjalan tanpa kendala, Blue Power Technology (BPT) menghadirkan solusi services delivery untuk perusahaan Anda. Rangkaian solusi services delivery BPT dapat mengoptimalkan produktivitas karyawan, meningkatkan efisiensi dan akurasi bisnis.

 

BPT Services Delivery Dapat Membantu Bisnis Anda Mengotomatisasi Workflow

Pastikan bisnis Anda telah menerapkan otomatisasi workflow untuk menyelesaikan pekerjaan atau proyek dengan solusi services delivery dari BPT. Sebagai value-added distributor, BPT didukung tim IT expert yang terampil dan kompeten dengan kemampuan andal.

Di samping itu, tim BPT terdiri dari profesional yang memiliki keahlian dan berpengalaman untuk membantu perusahaan terhindar dari proses trial and error. Khawatir saat perusahaan Anda kesulitan mengimpelementasikan RPA saat mengotomatisasi workflow? Jaminan ketersediaan dan dukungan selama 24/7 memastikan perusahaan tetap dapat beroperasi tanpa khawatir dengan berbagai kendala teknis.

Dapatkan kemudahan proses otomatisasi workflow dengan visibilitas instan yang dapat menghemat waktu. Tak hanya itu, BPT juga memberikan transparansi untuk seluruh proses konsultasi, implementasi, hingga evaluasi untuk meningkatkan kepuasan bisnis terhadap seluruh layanan.

 

Dapatkan Layanan Automated Workflow di BPT

Dapatkan kemudahan untuk mengotomatisiworkflow dengan mengimplementasikan solusi Robotic Process Automation bersama Blue Power Technology (BPT). Berbekal pengalaman melayani perusahaan di berbagai industri, BPT akan meningkatkan kinerja bisnis Anda to the next level. Segera konsultasikan kebutuhan otomatisasi workflow Anda dengan menghubungi tim kami di link berikut.

Penulis: Ervina Anggraini - Content Writer CTI Group

//