//
News
Lates Post

Serba-Serbi SD-WAN, Teknologi yang Menjadi Kunci Penting di Era Jaringan Modern

in

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana orang-orang di zaman Romawi kuno membuat jembatan? Di masa tersebut, bangsa Romawi menciptakan arsitektur jembatan sebagai standar baru bagi peradaban modern. Jembatan yang dibangun menjadi konstruksi saluran air yang menghubungkan transportasi masyarakatnya. Di balik rahasia arsitektur kuno ini, struktur melengkung yang ada di bawah jembatan itu menjadi kunci mengapa jembatan romawi memiliki inti bangunan yang kokoh.

Analogi jembatan romawi ini serupa dengan SD-WAN atau Software Defined Wide Area Network yang menjadi kunci utama untuk struktur jaringan modern. SD-WAN adalah standar baru untuk memastikan kualitas layanan yang konsisten, serta kontrol dan manajemen jaringan berbasis cloud terpusat. SD-WAN juga memperkuat koneksi pengguna ke aplikasi yang aman, baik jaringan MPLS (Multi Protocol Label Switching), internet broadband, atau LTE/5G.

Ibarat jembatan romawi yang dijelaskan di atas, SD-WAN kini dianggap sebagai pilar untuk memastikan kemudahan, kinerja yang lebih baik, serta keberlangsungan bisnis dan keamanan yang lebih besar, membuka jalur untuk bisnis dalam meraih keberhasilan tanpa batas. Ingin tahu lebih lengkap tentang penjelasan terkait mengapa SD-WAN berperan penting untuk menciptakan jaringan modern? Simak penjelasannya di artikel berikut.

SD-WAN Menggantikan WAN Tradisional

Seperti diketahui, SD-WAN dirancang untuk membantu perusahaan menghubungkan penggunanya ke aplikasi secara aman, terlepas apapun jenis jaringan asalnya.

Gartner bahkan mendefinisikan SD-WAN sebagai pengganti router WAN tradisional dan tak lagi mendukung teknologi transportasi WAN. “SD-WAN menyediakan pemilihan jalur yang dinamis, berbasis kebijakan di beberapa koneksi WAN, serta mendukung rantai layanan untuk layanan tambahan seperti pengoptimalan WAN dan firewall,” tulis Gartner dalam laporannya.

Apa Saja Keunggulan SD-WAN Dibanding WAN?

Dibandingkan dengan WAN tradisional, SD-WAN menghadirkan sejumlah keunggulan yang memudahkan bisnis untuk bisa beradaptasi di era jaringan modern. Berikut beberapa di antaranya.

Manajemen Lebih Mudah

SD-WAN menghadirkan blueprint koneksi jaringan Anda secara terpusat—dari edge ke core—sehingga memungkinkan kemudahan untuk konfigurasi, manajemen dan pelaporan.

User Experience Lebih Baik

Dengan traffic routing yang dinamis, Anda akan mendapatkan performa lebih mumpuni, yang mana menyediakan ketersediaan tinggi dan latensi rendah untuk meningkatkan user experience.

Keamanan Maksimal

Keamanan yang ditawarkan SD-WAN lebih besar, sehingga membuat Anda lebih mudah dalam melakukan segmentasi end-to-end dan melakukan kontrol akses secara real-time, yang mana dapat mengamankan trafik di seluruh jaringan dan mendistribusikan kebijakan keamanan di seluruh endpoint.

Keberlangsungan Bisnis

SD-WAN menyediakan satu tampilan pengelolaan ekosistem jaringan Anda, yang mana mampu mempersenjatai IT dengan sarana yang mudah digunakan untuk mengelola operasional lewat cloud.

Baca Juga: Kembali Menjadi Favorit di Gartner, Extreme Perkuat Komitmen Optimalkan Solusi Digital-First

Apa Saja Perbedaan SD-WAN On-Premise dan SD-WAN Berbasis Cloud?

Ketika Anda mempertimbangkan bagaimana ingin menerapkan SD-WAN di lingkungan bisnis, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum Anda memilih layanan yang paling sesuai. Salah satunya adalah membandingkan SD-WAN yang ada secara on-premise dan berbasis cloud.

SD-WAN On-Premise

Ditujukan untuk perusahaan yang tak terkoneksi ke cloud sama sekali. Infrastruktur SD-WAN ini hanya terhubung ke sumber daya pribadi dan internal yang ada di perusahaan.

SD-WAN Berbasis Cloud

Berfungsi sebagai onramp ke cloud, dengan mendukung aplikasi berbasis cloud yang dikirimkan via internet (seperti Zoom atau Dropbox), menjanjikan manajemen jaringan yang sederhana, dynamic routing, perlindungan ancaman, serta pengurangan Total Cost Ownership (TCO).

Apa Saja Perbedaan Pilihan Antara SD-WAN Application Based LIcensing dan SD-WAN as a Service?

Selain perbedaan penerapan SD-WAN di lingkungan infrastruktur IT, ada juga perbandingan antara penggunaan SD-WAN baik dari Application Based Licensing dan SD-WAN as a Service.

Application Based Licensing

Opsi SD-WAN on-premise ini meminta Anda untuk membeli hardware dan lisensi hardware terkait. Adapun deployment memerlukan CAPEX di muka, waktu untuk pengiriman dan pemasangan, lalu konfigurasi yang harus dilakukan di tempat.

SD-WAN as a Service

Alternatif berbasis cloud ini dapat mempercepat deployment, menyediakan investasi minimal di muka dan biaya bulanan yang dapat diprediksi (mengubah biaya modal menjadi biaya operasional).

Baca Juga: 6 Fitur Unggulan ExtremeCloud IQ CoPilot untuk Jaringan Enterprise

Dapatkan Solusi SD-WAN Extreme Networks dari BPT

Perlu diingat bahwa tim Anda yang bekerja sekarang mungkin tersebar di sejumlah lokasi. Jenis koneksi yang harus Anda kelola pun bisa beragam, sehingga membebani mereka. Bahkan, koneksi jaringan yang harus diamankan pun terus meningkat, bersamaan dengan jumlah aplikasi yang terus bertambah dan begitu pun dengan berbagai perangkat yang mengakses jaringan Anda.

Saatnya lakukan perubahan untuk meningkatkan keamanan dan performa dengan solusi SD-WAN dari Extreme Networks, yang dapat memberikan Anda kemampuan untuk menghadirkan kemudahan ke lingkungan kompleks yang sedang dikelola.

Dapatkan solusi SD-WAN Extreme Networks dari Blue Power Technology (BPT). Sebagai mitra resmi Extreme Networks, BPT siap membantu Anda memanfaatkan solusi jaringan untuk bisnis dan organisasi Anda. Tim BPT juga akan membantu menyediakan solusi Extreme Networks, mulai dari konsultasi, implementasi, hingga maintenance

Anda tak perlu khawatir apabila mengalami kendala saat menjalankan solusi Extreme Networks, karena BPT memiliki tim IT yang juga siap membantu mengatasi isu teknis dalam waktu 24 jam setiap harinya.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi marketing@bluepowertechnology.com.

Penulis: Jeko Iqbal Reza - Content Writer CTI Group

//