News
Lates Post

Smart Office untuk Tingkatkan Produktivitas Karyawan

in

Business Insider Singapura menemukan bahwa rata-rata seseorang karyawan selama hidupnya dapat menghabiskan sebanyak 99.000 jam waktu mereka di kantor. Banyaknya waktu yang dihabiskan di kantor, ditambah dengan tekanan kerja yang terus meningkat, sering kali mengakibatkan produktivitas karyawan menurun. Untuk itu, perusahaan perlu mencari cara bagaimana produktivitas karyawan dapat terus meningkat dan terus melakukan penyesuaian lingkungan kerja mengikuti perkembangan zaman agar karyawan merasa nyaman saat bekerja.

Memasuki era digital workforce, salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas karyawan adalah dengan menerapkan solusi smart office, yaitu ruang kerja yang memanfaatkan kolaborasi dari beberapa teknologi dalam menjalankan berbagai mekanisme kerja secara lebih efektif dan efisien untuk menciptakan ruang kerja yang agile. Smart office dapat membantu karyawan dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menghambat kinerja mereka sehingga memungkinkan karyawan untuk fokus pada aktivitas-aktivitas yang penting.

Tren kantor pintar atau smart office sendiri kini terus berkembang dan telah diaplikasikan oleh berbagai perusahaan di seluruh dunia, bahkan pasar dari smart office di seluruh dunia diperkirakan akan meningkat hingga 49,7 miliar AS dolar pada tahun 2024. Peningkatan ini disebabkan oleh banyaknya perusahaan yang merasakan manfaat dari solusi smart office dalam meningkatkan produktivitas karyawan, ditambah dengan teknologi IoT yang semakin popular sebagai teknologi utama dalam menciptakan smart office menjadikan solusi ini semakin diminati. Namun, apa saja manfaat yang perusahaan bisa dapatkan dengan menerapkan smart office pada operasi bisnis mereka?

Salah satu keuntungan perusahaan dalam menerapkan smart office adalah meningkatnya produktivitas. Tugas-tugas sederhana yang terkadang memakan waktu seperti mencari ruang rapat atau berkolaborasi dan berbagi materi pekerjaan antar karyawan, dengan bantuan smart office dapat dilakukan dengan mudah tanpa batasan waktu dan tempat, sehingga dapat mendukung operasi bisnis yang lebih efektif dan efisien. Keuntungan lain dari ruang kerja yang dilengkapi dengan solusi smart office adalah penggunaan energi yang lebih efisien karena adanya fasilitas pengaturan pintar seperti pengaturan suhu ruangan, tingkat pencahayaan, dan visibilitas kaca yang sudah diotomatisasi.

It’s not about working harder, it’s about working smarter. Moto tersebut berlaku bagi perusahaan yang sudah menerapkan dan mendapatkan keuntungan smart office. Karyawan dapat menyelesaikan berbagai tugas dengan mudah tanpa stres dan akhirnya menghasilkan output  yang baik pula, seperti profit perusahaan yang meningkat.

Untuk membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia meningkatkan produktivitasnya dengan menerapkan smart office, Blue Power Technology (BPT) sebagai IT expert partner,  memperkenalkan One Future of Interconnected Workspace for Smart Workforce (OFIS). Solusi ini menawarkan beragam fasilitas pendukung yang terintegrasi, mencakup ruang kerja modern, tingkat keamanan dan kenyamanan yang terotomatisasi dengan menggunakan teknologi Internet of Things (IoT), serta ekosistem kerja yang hemat energi, memastikan perusahaan menciptakan ruangan kerja yang menyenangkan dan fleksibel.