News
Lates Post

Solusi Disaster Recovery Veeam Bantu Sektor Finansial dalam Mengamankan Data

in

Transformasi digital kini tengah berlangsung di berbagai industri, tak terkecuali finansial. Integrasi beberapa jenis teknologi yang ada di ranah finansial memudahkan operasional pelaku bisnis di sektor ini. Dampaknya, mereka bisa menjalankan proses kerja yang lebih baik, sehingga mampu mengambil keputusan yang lebih tepat dan meraih value bisnis yang maksimal.

Adapun salah satu jenis teknologi yang dimanfaatkan bisnis di sektor finansial adalah pemanfaatan dan pengolahan data, mengingat data finansial menjadi aset yang paling berharga. Banyak perusahaan finansial memanfaatkan teknik visualisasi data untuk mengungkap anomali yang berlangsung. Teknik ini membantu mereka untuk menggali pola data yang lebih mendalam sehingga dapat melakukan pengambilan keputusan yang akurat untuk keunggulan kompetitif.

63 Moons Limited menjadi salah satu perusahaan teknologi finansial yang menjalani hal tersebut, di mana mereka bertumpu dengan pengelolaan data di setiap harinya.

Sekadar informasi, 63 Moons yang dulunya dikenal sebagai Financial Technologies India Limited, adalah perusahaan yang menyediakan platform dan solusi teknologi next-generation untuk menciptakan pasar digital dengan price discovery dan efisiensi transaksi di seluruh industri. Platform trading ODIN milik 63 Moons, diklaim mencakup 80 persen pangsa pasar di India.

Meski demikian, transformasi digital yang dijalankan 63 Moons nyatanya tidak mudah. Pasalnya, semakin berkembangnya transformasi digital di industri finansial membuka peluang yang kian besar bagi ancaman siber untuk mengintai korban. Hal ini menjadikan industri finansial sebagai salah satu sektor yang paling rentan terkena ancaman siber seperti ransomware.

Tantangan Sektor Finansial dalam Mengamankan Data

Neehar Pathare selaku Vice President ICT and Chief Information Security Officer 63 Moons mengakui jika “lonjakan” data menjadi salah satu faktor yang mengakselerasikan digitalisasi di sektor finansial. Namun, dirinya tak menepis jika peluang besar ini justru juga menjadi tantangan dalam mengelola data.

“Dalam situasi seperti ini, melindungi aset penting seperti data perusahaan menjadi tantangan besar. Hal tersebut diakibatkan beberapa faktor, seperti bagaimana kita harus menjaga dan melakukan back up data,” ujar Pathare.

Tak cuma itu, Pathare juga mengungkap salah satu ancaman terbesar keamanan data justru tak datang dari eksternal, melainkan dari internal. “Kebanyakan error terjadi diakibatkan human error yang berasal dari karyawan internal perusahaan. Namun, sekarang kami telah memenuhi ISO 27000 dan ISO 20000, sehingga kami bisa memastikan bahwa karyawan internal sepenuhnya error free, dan kami bisa bergerak ke tingkat keamanan application-level dan perimeter-level,” tambahnya.

Terlepas dari isu keamanan data, ancaman serangan siber juga bisa mengakibatkan downtime pada sistem. Jika hal itu terjadi, sektor finansial tidak dapat beroperasi dengan optimal, mengingat data harus selalu tersedia di sektor ini. Berangkat dari tantangan tersebut, 63 Moons berupaya untuk memastikan perlindungan data pelanggan mereka berlangsung efektif.

Keamanan Data Harus Memenuhi Compliance

Data di bisnis finansial harus dilindungi dan dibagikan dengan cara paling aman dan perlu memenuhi compliance. Peraturan ini semakin ketat karena beriringan dengan semakin meningkatnya serangan siber di sektor finansial selama beberapa tahun terakhir.

Dengan pentingnya menjaga dan mengelola data di sektor tersebut, memastikan compliance 100 persen dengan institusi pengatur menjadi suatu keharusan. Ketika peraturan baru ini meningkatkan biaya compliance, peningkatan kebutuhan modal dan likuiditas telah mengurangi pengembalian. Adanya suku bunga rendah dan peluang pendapatan terbatas semakin mengurangi pengembalian ekuitas dan mendorong institusi mencari pengurangan biaya operasional, termasuk biaya dalam manajemen risiko.

“Sejak krisis finansial ini, banyak institusi menghadapi lonjakan persyaratan peraturan baru. Dengan data yang kini menjadi aset penting bagi banyak bisnis, ketersediaan data menjadi mutlak. Kini, tantangan terbesar yang dihadapi 63 Moon adalah untuk memastikan data kami selalu tersedia secara aman ke seluruh pelanggan kami,” tandas Pathare.

Tantangan Mengamankan Data di Cloud

Salah satu “jalan pintas” yang dilakukan 63 Moons untuk mengatasi tantangan mengamankan data mereka adalah dengan memanfaatkan cloud, di mana hal tersebut dapat meningkatkan produktivitas dan mengoptimalkan biaya perusahaan. Bahkan, lingkungan hybrid dan multi-cloud digadang-gadang menjadi masa depan infrastruktur IT perusahaan di seluruh industri.

Adapun cara yang dijalankan 63 Moons untuk menjembatani tantangan mereka ke solusi yang dibutuhkan adalah memiliki sejumlah aplikasi seperti CRM (Customer Relationship Management) dan ERP (Enterprise Resource Planning) di cloud.

“Dengan memanfaatkan cloud, biaya lisensi langsung turun. Apalagi, cloud memungkinkan penggunanya untuk membayar seiring layanan mereka berkembang. Maka dari itu, kami telah memindahkan beberapa workload seperti aplikasi CRM, accounting, business continuity, collab, dan bahkan akses equity ke cloud. Seluruh Microsoft Office suite kami pun telah berada di cloud. Kami juga memiliki setup multi-cloud dengan Azure, AWS, dan Nutanix,” ungkap Pathare.

Sayangnya, langkah tersebut belum dirasa menjadi solusi yang tepat bagi 63 Moons. Pasalnya, data residence atau di mana data tersebut disimpan masih menjadi isu bagi perusahaan.

Cloud sangat membantu kami, tetapi cara ini masih menjadi sesuatu yang bersifat kompleks, karena kita tidak tahu di mana cloud yang digunakan berada dan di mana data milik kita disimpan. Idealnya, seseorang sebaiknya harus memiliki lebih banyak kontrol dan akses langsung ke data yang dibutuhkan,” tutur Pathare.

Solusi Disaster Recovery Veeam untuk Mengamankan Data

Dari masalah tersebut, Veeam hadir membantu 63 Moons dengan solusi komprehensif disaster recovery miliknya, yang dapat memitigasi ancaman siber secara efektif.

Tak cuma itu, Veeam juga membantu 63 Moons mengidentifikasi malware ketika mereka melakukan backup. Hal tersebut jelas menambah tingkatan baru perlindungan data yang ekstra. Setup hybrid cloud memiliki sejumlah kendala pengelolaan, tetapi isu ini diatasi dengan Veeam yang mana menghadirkan fitur kontrol dan ketersediaan data yang lebih baik di setup hybrid cloud.

Health check-up data dilakukan secara periodik, memastikan data milik 63 Moons tetap utuh. Solusi ini juga menjamin jadwal backup berlangsung aman dengan melakukan backup reguler harian, mingguan, dan bulanan.

Fitur replikasi dari solusi Veeam juga memungiknkan sinkronisasi yang lebih baik antara produksi dan situs disaster recovery sehingga versi terbaru akan selalu tersedia. Data availability yang fool-proof juga memastikan tidak adanya kegagalan dalam backup. Selain itu, jika terjadi insiden ransomware atau serangan siber lainnya, solusi Veeam mampu melakukan pmeulihan dengan cepat pada jangka waktu empat jam yang mana sangat vital untuk keberlangsungan bisnis. Jika dibandingkan solusi tradisional, hal ini bisa memakan waktu hingga 24 jam.

“Solusi dari Veeam sangat seamless dalam membantu 63 Moons, salah satu fitur terbaik yang kami rasakan adalah audit log untuk pemulihan, yang mana memungkinkan kami untuk mengecek kapan pemulihan dilakukan,” imbuh Pathare.

Manfaat Solusi Disaster Recovery yang Didapatkan

-Peningkatan produktivitas bagi tim IT

-Integrasi lebih baik dengan VMware

-Duplikasi dan kompresi yang menyimpan lebih banyak ruang storage

-Meraih kompresi lebih dari 90 persen

-Pengurangan jangka waktu backup dari 18 jam ke 6 jam

-Waktu pemulihan lebih cepat

“Veeam seperti tongkat sihir dalam melakukan backup. Pengalaman kami dengan mereka sangat luar biasa. Dengan lebih banyak fitur yang kami dapatkan, kami semakin yakin bahwa keputusan bermitra dengan Veeam sangatlah tepat. Veeam adalah salah satu solusi perlindungan data terbaik yang kami miliki, karena kuat, mudah digunakan, dan tentunya terjangkau,” pungkas Pathare.

Dapatkan Solusi Veeam dari BPT

Bisnis Anda bergerak di industri layanan finansial? Inilah waktu yang tepat untuk mengakselerasi proses backup, replikasi, dan recovery dengan solusi dari Veeam untuk meningkatkan operasional harian dan kepuasan pelanggan. Semua keunggulan Veeam bisa Anda dapatkan dari Blue Power Technology (BPT) selaku mitra resmi Veeam.

Tim IT kami yang sudah berpengalaman, akan senantiasa membantu Anda memberikan layanan lengkap, mulai dari konsultasi hingga after sales support. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi marketing@bluepowertechnology.com. [JIR]